10 Ciri-Ciri Guru Profesional Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

10 Ciri-Ciri Guru Profesional Lengkap

Ciri-Ciri Guru Profesional – Guru disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, yang sudah berjuang dalam mendidik dan menjadikan para anak didik sebagai generasi penerus bangsa. Yang memiliki akhlak yang mulia, serta berbudi pekerti luhur. Guru juga merupakan komponen yang sangat penting, di dalam dunia pendidikan dan di dalam proses belajar mengajar. Tugas guru tentu sangat berat, jadi sudah selayaknya seorang guru dihormati dan dikenang jasanya sampai kapanpun.

10 Ciri-Ciri Guru Profesional Lengkap

Kita akan membahas tentang ciri-ciri guru profesional di artikel kali ini. Dalam menjadi seorang guru yang profesional tentu tidak mudah. Karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh guru tersebut. yang akan menjadikan ia sebagai seorang guru yang profesional. Guru yang profesional adalah semua orang yang memiliki kewajiban dan juga tanggung jawab, pada pendidikan setiap siswa, baik secara individual ataupun secara klasikal. Artinya guru harus memiliki dasar kompetensi yang akan membentuk wewenang dan juga kemampuan, dalam menjalankan setiap tugasnya. Kompetensi guru adalah keahlian yang wajib dan harus dimiliki oleh seorang guru. Baik dalam segi kemampuan pengetahuannya, maupun kemampuan keterampilan serta tanggung jawabnya pada setiap murid yang ia didik. Sehingga saat menjalankan tugas sebagai seorang pendidik, dapat dilakukan dengan baik.

Berikut ini 10 ciri-ciri guru profesional :

1. Selalu memiliki energi yang penuh untuk setiap siswanya

Ciri yang pertama dari guru yang profesional adalah selalu memiliki energi lebih untuk setiap siswanya. Ia harus menaruh perhatian pada setiap siswa di setiap percakapan, atau saat sedang berdiskusi dengan para siswa. Guru yang baik dan profesional memiliki kemampuan dalam mendengarkan dengan seksama, mendengar apa saja yang dikeluhkan oleh para murid, dan dapat menjadi motivator bagi seluruh anak didiknya. Serta selalu memiliki energi yang positif, untuk setiap siswanya.

Baca Juga :   Kurikulum : Pengertian, Komponen, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya Lengkap

2. Memiliki tujuan yang jelas dalam mengajar

Seorang guru yang profesional juga selalu menetapkan tujuan yang jelas pada setiap pelajaran dan selalu bekerja keras untuk memenuhi tujuannya di setiap pelajaran. Memiliki tujuan adalah hal yangf penting dalam proses belajar dan mengajar.

3. Memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik

Seorang guru yang profesional juga harus mempunyai keterampilan manajemen kelas yang baik, dan pengaturan kelas pun akan diperhatikan oleh seorang guru yang profesional.

4. Dapat berkomunikasi dengan baik dengan orang tua murid

Seorang guru profesional tentu akan selalu menjaga komunikasi dengan baik dan terbuka, dengan para orang tua murid. Mereka juga akan selalu update informasi mengenai apa yang sedang terjadi di dalam kelas dalam hal kurikulum, disiplin dan masalah yang lainnya. Mereka juga akan membuat diri mereka selalu bersedia dalam memenuhi panggilan telepon, rapat, email, dan lain sebagainya.

5. Memiliki harapan yang tinggi pada setiap siswanya

Guru profesional juga memiliki harapan yang tinggi dari setiap siswanya, serta mendorong semua siswa di kelas untuk selalu bekerja dan mengerahkan potensi terbaik yang dimiliki oleh mereka.

6. Memahami kurikulum

Guru profesional harus tahu dan memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai kurikulum sekolah dan standar yang lainnya. Mereka akan memastikan bahwa pengajaran mereka telah memenuhi standar terbaik tersebut.

7. Mengetahui subjek apa saja yang diajarkan

Seorang guru profesional juga harus mempunyai pengetahuan yang luar biasa, serta antusiasme pada subjek yang mereka ajarkan pada murid. Mereka akan siap untuk menjawab pertanyaan serta menyimpan bahan yang menarik untuk para siswa. Mereka juga bekerja sama dengan bidang studi yang lainnya demi sebuah pembelajaran yang kolaboratif.

Baca Juga :   Kuantitas dan Kualitas Penduduk Terhadap Pembangunan : Pengertian dan Dampaknya

8. Memberi yang terbaik untuk anak didiknya dalam proses pengajaran

Guru profesional akan sangat bergairah dalam mengajar dan bekerja dengan setiap anak didik. Mereka merasa gembira bila dapat memengaruhi siswa di dalam kehidupan mereka, dan memahami dampak atau pengaruh yang mereka miliki dalam kehidupan siswanya. Baik sekarang atau nanti ketika muridnya sudah dewasa.

9. Memiliki hubungan yang berkualitas dengan setiap murid

Guru yang profesional tentu akan mengembangkan hubungan yang kuat dan saling hormat menghormati dengan siswa, serta dapat membangun hubungan yang bisa dipercaya.

Itulah pembahasan mengenai ciri-ciri guru profesional yang lengkap. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda, dan dapat menambah pengetahuan anda dalam menjadi guru yang profesional.

Baca Juga :