10 Fungsi dan Pengertian Pancasila Bagi Indonesia Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian, Fungsi Pancasila Bagi Indonesia dan Penjelasannya Lengkap

Pancasila Bagi Bangsa Indonesia Merupakan – Pancasila adalah dasar negara Indonesia, yang selalu digunakan untuk berbagai hal di negara kita. Layaknya sebuah rumah jika dibangun dengan pondasi yang tidak kuat, maka rumah tersebut tidak akan bertahan lama.

Bila rumah tersebut diibaratkan bangsa, maka suatu bangsa tidak akan bisa berdiri dengan kuat atau kokoh jika tidak ada dasarnya. Sehingga hal itu menjadikan suatu negara tidak akan kuat dan tidak tahu arah dan tujuannya.

Dengan adanya pancasila dan ditetapkannya pancasila sebagai dasar negara Indonesia maka bangsa ini tidak akan mudah terombang ambing saat menghadapi setiap permasalahan yang ada. Baik dari luar maupun dari negeri kita sendiri.

Namun bagaimana sebenarnya fungsi dan peran pancasila bagi bangsa Indonesia? Berikut penjelasn lengkapnya.

10 Fungsi Pancasila Lengkap

1. Pancasila Sebagai Dasar Negara

Dasar negara Indonesia adalah alas yang menjadi sebuah pijakan yang akan memberi kekuatan pada negara Indonesia untuk berdiri. Pancasila juga dikenal sebagai pijakan negara Indonesia yang perannya sangat penting, untuk pembangunan bangsa Indonesia.

Baca Juga :   Ciri Kearifan Lokal : Pengertian Dan Contohnya

Fungsi pokok dari pancasila ini adalah sebagai dasar negara Indonesia, yang juga menjadi sumber dari segala sumber hukum yang telah mengatur Negara Kesatuan Republik Indonesia. Termasuk di dalamnya terdapat unsur yang ada di NKRI seperti misalnya pemerintah, wilayah dan rakyat.

Pancasila sebagai dasar negara memiliki keterlibatan khusus dalam pancasila, yang terikat oleh suatu kekuatan secara hukum. Terikat oleh struktur kekuasaan yang formal, dan mencakup suasana kebatinan atau cita-cita hukum yang telah menguasai dasar negara itu sendiri.

Jadi kedudukan pancasila itu sebagai dasar pijakan pada penyelenggaraan negara, yang menjadi aspek dari kehidupan bangsa Indonesia. Dengan menjadikan pancasila sebagai dasar negara Indonesia, maka pancasila telah menjadi sumber dari segala sumber hukum yang berlaku di Indonesia.

2. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Sebuah pandangan hidup atau cara pandang bangsa Indonesia itu tentu harus memiliki pedoman. Pedoman yang bagaimana? Tentu yan berasal dari pancasila yang menjadi petunjuk dalam kehidupan kita sehari-hari.

Nilai yang terkandung di dalam sila pancasila berasal dari budaya masyarakat kita sendiri. Sebagai inti dari nilai budaya Indonesia, maka pancasila bisa disebut sebagai cita-cita moral bangsa Indonesia.

Cita-cita moral tersebut akan memberi pedoman atau kekuatan rohaniah pada bangsa Indonesia, agar tercapai kesejahteraan lahir dan batin di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Indonesia.

3. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup

Setiap manusia pasti memiliki pandangan hidupnya masing-masing. Pandangan hidup merupakan suatu wawasan yang sifatnya menyeluruh, pada kehidupan yang terdiri dari kesatuan rangkaian nilai yang luhur.

Fungsi dari pandangan hidup adalah sebagai pedoman yang mengatur hubungan manusia dengan sesamanya, lingkungan, dan hubungan manusia dengan Tuhan.

Baca Juga :   Lambang Pancasila Dari Sila 1 - 5 Dan Artinya Lengkap

4. Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia

Setiap bangsa memiliki jiwanya masing-masing atau kata lainnya Volkgeish, yang artinya adalah jiwa bangsa atau jiwa rakyat. Pancasila itu memang sudah ada sejak bangsa Indonesia lahir, itulah pendapat dari Prof. Mr. A.G. Pringgodigdo.

Inti dari fungsi pancasila adalah sebagai jiwa bangsa Indonesia, agar Indonesia selalu hidup di dalam jiwa pancasila yang dimana di dalamnya terdapat 5 sila yang menjadi ciri khas dari bangsa Indonesia.

5. Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia

Artinya pancasila lahir dengan lahirnya bangsa Indonesia yang dimana pancasila memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Pancasila juga digunakan sebagai pedoman an juga pegangan dalam pembangunan bangsa dan negara, agar bisa tetap berdiri dengan kokoh.

Jadi pancasila adalah identitas diri bangsa Indonesia, yang terus melekat di dalam jiwa bangsa Indonesia sepanjang masa.

6. Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa Indonesia

Pertama-tama ketahui dahulu apa yang namanya ideologi, yang berasal dari kata idea, yang artinya adalah gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita dan logos yang artinya ilmu.

Ideologi berarti ilmu dari pengertian dasar. Sehingga pancasila hakekatnya adalah pemikiran bangsa Indonesia yang diambil dari nilai dan adat istiadat, yang ada di dalam pandangan hidup bangsa Indonesia.

7. Pancasila Sebagai Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia

Seperti yang kita ketahui bahwa bangsa Indonesia melakukan proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia, ketika belum memiliki UUD yang tertulis.

Untuk mengatasi hal itu maka PPKI yang merupakan badan atau tempat perwakilan rakyat Indonesia, di tanggal 18 Agustus 1945 mengesahkan pembukaan dan batang tubuh UUD 1945 yang dasarnya diambil dari pancasila.

Sehingga pancasila adalah hasil dari perjanjian dengan rakyat untuk selamanya yang juga menjadi kesepakatan nasional.

Baca Juga :   Etnosentrisme : Pengertian, Dampak, Faktor Penyebab Dan Contohnya Lengkap

8. Pancasila Sebagai Sumber Dari Segala Sumber Hukum

Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum yang ada di Indonesia, mengatur seluruh hukum yang berlaku di Indonesia.

Semua peraturan perundangan yang ada di Indonesia harus bersumber dan tidak boleh bertentangan dengan pancasila. Pancasila juga tercantum dalam ketentuan tertinggi yaitu pembukaan UUD 1945. Yang dijabarkan lagi dari UUD 1945 dan hukum-hukum positif lainnya.

Sehingga setiap sila yang ada di pancasila adalah nilai dasar, dan hukum sebagai instrumental atau penjabaran dari sila dalam pancasila.

9. Pancasila Sebagai Cita-Cita Dan Tujuan Bangsa Indonesia

Pancasila sudah dimuat di dalam pembukaan UUD 1945. Jadi cita-cita dan tujuan yang dicapai oleh bangsa Indonesia, adalah masyarakat yang adil dan makmur yang merata secara materiil dan secara spiritual berdasar pada pancasila.

10. Pancasila Sebagai Falsafah Hidup Bangsa

Pancasila menjadi sarana yang ampuh dalam mempersatukan bangsa Indonesia. Karena pancasila adalah falsafah hidup dan kepribadian bangsa Indonesia yang mengandung nilai dan norma yang diyakini, sebagai yang paling benar, adil, dan bijaksana serta tepat bagi bangsa Indonesia untuk menyatukan bangsa Indonesia.

Kesimpulan

Selain sebagai dasar negara pancasila juga menjadi dasar dari negara Indonesia yang memiliki fungsi dan peranan yang luas, di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Fungsi ini akan selalu berkembang karena pancasila adalah ideologi, yang terbuka dan bisa digunakan di setiap zaman. Asal tidak melenceng dari nilai yang terkandung di dalam pancasila.

Fungsi pokok pancasila yang terdapat pada pembukaan UUD 1945 pada hakikatnya adalah, pondasi atau dasar negara yang dijadikan sumber dari segala sumber hukum yang ada.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pancasila bagi bangsa Indonesia merupakan apa, yang dilihat dari fungsi dan peran pancasila itu sendiri. Semoga memberi manfaat dan menambah wawasan.

Baca Juga :