31 Tanda-tanda Akhir Zaman Atau Kiamat Menurut Al-Quran Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

31 Tanda-tanda Akhir Zaman Atau Kiamat Menurut Al-Quran Lengkap

Tanda-Tanda Kiamat – Manusia telah hidup di dunia selama ribuan tahun lamanya, dan zaman telah mengalami perubahan yang sesuai dengan perkembangan hidup manusia. Islam sendiri meyakini bahwa saat ini manusia tengah hidup di akhir zaman, atau hari kiamat dan hari akhir. Yaitu hari dibangkitkannya manusia.

31 Tanda-tanda Akhir Zaman Atau Kiamat Menurut Al-Quran

Walaupun tidak ada yang mengetahui kapan tepatnya hari kiamat akan terjadi, kecuali Allah SWT. Setiap umat islam tentunya mengimani hari kiamat. Karena di hari itu manusia akan mati kemudian dibangkitkan kembali serta dihisab amal dan perbuatannya. Hari kiamat atau yang dikenal dengan hari akhir zaman, atau yaumul akhir merupakan hari di mana manusia dibangkitkan oleh Allah SWT dan ditimbang amal serta perbuatannya.

Tanda-tanda Akhir Zaman

Meskipun tidak ada yang tahu kapan hari kiamat akan datang, tapi ada beberapa hal yang menandai bahwa saat ini manusia sedang berada di akhir zaman. Atau yang disebut dengan Asyrath as saah. Berikut ini beberapa tanda akhir zaman :

1. Diutusnya Nabi Muhammad SAW

Rasulullah SAW adalah rasul penutup yang menandakan bahwa kaum manusia yang saat ini, adalah manusia akhir zaman. Rasul bersabda, ‘(Masa) diutusnya aku dan (hari terjadinya) Kiamat seperti dua (jari) ini’.”(Anas Radhiyallahu ‘Anhu) berkata, “Dan beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam merapatkan jari telunjuk dengan jari tengahnya.” (HR. Muslim).

2. Wafatnya Nabi Muhammad SAW

Dari sebuah hadist, Rasul juga bersabda : Hitunglah enam (tanda) menjelang datangnya hari Kiamat  dan beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebutkan diantaranya : ‘Kematianku’.” (HR. Al-Bukhari).

3. Penaklukan Baitul Maqdis

Penaklukan Baitul Maqdis atau yang dikenal dengan Masjid Aqsa di Palestina merupakan salah satu tanda akhir zaman, terutama di tahun ke 16 H yang sebagaimana disebut dalam hadist : ‘Hitunglah enam (tanda) menjelang datangnya hari Kiamat  dan beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebutkan diantaranya : ‘Penaklukan Baitul Maqdis’.” (HR. Al-Bukhari).

4. Mewabahnya Tha’un ‘Amwas

Rasul bersabda :

“Hitunglah enam (tanda) menjelang datangnya hari Kiamat dan beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebutkan diantaranya : ‘Kemudian banyaknya kematian yang menimpa kalian bagaikan penyakit (qu’ash1) kambing’.” (HR. Al-Bukhari).

Ibnu Hajar berpendapat bahwa wabah penyakit tha’un ‘amwas sudah terlihat sejak masa kekhalifahan Umar Bin Khatab atau pasca penaklukan Baitul Maqdis. Wabah itu terjadi di tahun 18 H serta menewaskan sekitar lebih dari 25 ribu jiwa.

5. Berlimpahnya Harta Hingga Tidak Ada Yang Menerima Sedekah

Disebutkan juga dalam hadist bahwa tanda akhir zaman yang lain adalah berlimpahnya harta dan sulitnya orang yang bisa diberi sedekah.

“Tidak akan terjadi hari Kiamat hingga harta benda banyak pada kalian, lalu melimpah ruah, sampai-sampai menyusahkan pemilik harta (mencari) orang yang menerima sedekah darinya, dan seorang dipanggil (untuk) menghadapnya, lalu dia berkata, ‘Aku tidak memiliki keperluan terhadapnya’.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

6. Munculnya Beragam Fitnah

Fitnah yang dimaksud adalah cobaan atau ujian. Sebagaimana yang disebutkan di dalam suatu hadist :

“Sesungguhnya menjelang datangnya hari Kiamat (terjadi) banyak fitnah,bagaikan bagian malam yang gelap gulita. Seseorang yang di pagi hari dalam keadaan beriman, dan di sore harinya menjadi kafir. (Ada) yang di sore harinya dalam keadaan beriman, dan di pagi harinya menjadi kafir. Orang yang duduk di saat itu lebih baik daripada orang yang berdiri, orang yang berdiri di saat itu lebih baik daripada orang yang berjalan, dan orang yang berjalan saat itu lebih baik daripada orang yang berlari. Maka patahkanlah busur-busur kalian, putuskanlah tali-tali busur kalian, dan pukulkanlah pedang-pedang kalian ke batu. Jika (rumah) salah seorang dari kalian dimasuki (fitnah), maka jadilah seperti yang terbaik dari kedua anak Adam (Habil).” (HR. Imam Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan al-Hakim).

Baca Juga :   Sumber Ajaran Islam: Al-Quran, Hadits, Ijtihad Serta Macam Ijtihad "Lengkap"

7. Banyaknya Nabi Palsu

Bermunculan pula nabi palsu juga menjadi salah satu tanda kiamat. Di masa Rasulullah setelah Rasul wafat, ada beberapa orang yang mengaku sebagai nabi diantaranya yaitu Musailamah al kazzab, Thulaihah bin Khuwailid al-Asadi. Dan di masa itu juga munculah nabi palsu seperti Mirza ahmad al qadiyani yang berasal dari India.  Rasul pun bersabda :

“Tidak akan terjadi hari Kiamat hingga dibangkitkan ‘para dajjal (pendusta)’ yang (jumlahnya) mendekati tiga puluh, semuanya mengaku bahwa mereka adalah utusan Allah (Rasulullah).” (HR Bukhari).

8. Tersebarnya Stabilitas Keamanan

Tanda lainnya dari hari kiamat adalah rasa aman yang ada di diri manusia dan keamanan yang terjamin di setiap negara. Rasul bersabda :

‘Tidak akan terjadi Kiamat hingga seseorang pengendara (kendaraan)berjalan di antara Irak dan Mekkah tidak merasa takut kecuali (takut) tersesat di jalan’.” (HR Ahmad).

9. Fenomena Api Hijaz

Munculnya api hijaz di tahun ke 7 H yaitu pada tahun 654 H merupakan salah satu tanda akhir zaman, yang sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW :

“Tidak akan terjadi hari Kiamat sampai api keluar dari tanah Hijaz yang menerangi leher-leher unta di Bashra.”

10. Peperangan dengan Bangsa Turki

Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwa Rasululullah SAW bersabda:

“Tidak akan terjadi hari Kiamat hingga kaum muslimin memerangi bangsa Turki, yaitu kaum yang wajah-wajahnya seperti tameng yang dilapisi kulit, mereka memakai (pakaian) yang terbuat dari bulu, dan berjalan (dengan sandal) yang terbuat dari bulu.” (HR Muslim).

11. Peperangan dengan Bangsa ‘Ajam

Sesungguhnya rasul bersabda bahwa :

“Tidak akan terjadi hari Kiamat sampai kalian memerangi bangsa Khuz dan bangsa Karman dari kalangan ‘Ajam, bermuka merah, berhidung-hidung pesek, bermata sipit, wajah-wajah mereka bagaikan tameng yang dilapisi kulit, dan sandal-sandal mereka terbuat dari bulu.” (HR. Al-Bukhari).

12. Hilangnya Amanat

Tanda akhir zaman atau kiamat yang lainnya adalah hilangnya amanat pada suatu kaum. Sesuai dengan hadist rasulullah yaitu :

‘Jika amanat telah disia-siakan, maka tunggulah Kiamat.’ (Abu Hurairah ra) bertanya, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana amanat itu disia-siakan?’ Beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab, ‘Jika urusan diserahkan kepada selain ahlinya, maka tunggulah Kiamat!’.” (HR. Al-Bukhari).

13. Diangkatnya ilmu dan fenomena Kebodohan

Wafatnya para ulama serta mereka yang berilmu adalah salah satu tanda akhir zaman yang kian dekat. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadist berikut ini :

“Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu langsung dari para hamba, tetapi mencabut ilmu dengan mewafatkan para ulama, sehingga ketika tidak tersisa lagi seorang alim, maka manusia akan menjadi orang-orang bodoh sebagai pemimpin, lalu mereka ditanya, kemudian mereka akan memberikan fatwa tanpa ilmu, maka mereka seat lagi menyesatkan orang lain.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

14. Banyaknya Pasukan dan Pendukung Kezhaliman

Semakin banyaknya orang yang mendukung kezaliman adalah salah satu tanda kiamat. Seperti pada hadist berikut :

“Dua kelompok manusia penghuni neraka yang belum pernah aku lihat, (yaitu) golongan orang-orang yang membawa cemeti seperti buntut sapi, mereka memukuli manusia dengannya ”(HR Muslim).

Baca Juga :   Adzan Dan Iqamah : Pengertian, Lafadz, Tulisan Arab dan Arti Serta Ketentuannya Lengkap

15. Merebaknya Perzinaan

Saat ini zinah sudah bukan menjadi rahasia lagi, atau hal yang tabu khususnya di daerah barat. Hal ini menjadi suatu pertanda bahwa akhir zaman sudah tiba, dan sebagaimana yang disebutkan dalam hadist rasulullah SAW yaitu :

‘Sesungguhnya diantara tanda-tanda Kiamat adalah ………’ dan beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebutkan diantaranya : ‘Merebaknya perzinaan’.”

16. Merajalelanya praktek riba

Riba merupakan suatu perbuatan yang mengambil keuntungan dari harta yang dipinjamkan dan hal ini dilarang di dalam islam. Merajalelanya praktek ini biasanya dilakukan oleh Bank modern dan menjadi salah satu tanda kiamat, yang sebagaimana disebutnya dalam hadist berikut :

“Sungguh akan datang suatu zaman pada manusia, seseorang tidak peduli (lagi) dengan (status) kehalalan atau keharaman harta yang ia peroleh” (HR Bukhari).

17. Fenomena anggapan alat musik adalah halal

Tanda lainnya yaitu musik yang kian merebak dan orang-orang yang menganggapnya halal. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadist berikut ini :

“Kelak terjadi dari umatku beberapa kaum yang menghalalkan zina, sutra, khamer dan alat-alat musik. Dan sungguh ada beberapa kaum yang akan singgah di suatu pegunungan yang tinggi, pada sore harinya (seorang pengembala) menjambangi mereka dengan membawa hewan ternaknya,  mereka didatangi –oleh pengembala fakir itu- untuk suatu kebutuhan, lalu mereka berkata: ‘Kembalilah kepada kami besok.’ Maka di malam harinya Allah (membinasakan) mereka dan hancurlah gunung tersebut, dan merubah sebagian mereka menjadi kera dan babi sampai hari kiamat.”

18. Maraknya peredaran Minuman Keras atau khamer

Minuman keras atau minuman yang mengandung alkohol haram hukumnya dan hal itu menjadi salah satu tanda akhir zaman. Yaitu merebaknya khamer atau minuman keras itu. Sebagaimana dalam hadist berikut :

‘Diantara tanda-tanda Kiamat adalah ………..dan beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebutkan diantaranya : ‘(Maraknya) minuman khamer ’.” (HR Muslim).

19. Berlomba-lomba Menghiasi Masjid

Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA bahwa Rasul bersabda :

“Sungguh kamu akan menghiasinya (masjid-masjidmu) sebagaimana bangsa Yahudi dan Nashrani menghias (tempat-tempat ibadah mereka).” (HR. Al-Bukhari).

20. Berlomba-lomba Meninggikan Bangunan

Sekarang setiap negara dan wilaya berlomba untuk mendirikan gedung yang tinggi, dan hal ini juga menjadi salah satu tanda hari kiamat tiba. Sebagaimana yang disebut dalam hadist berikut :

“Dan bahwa engkau (akan) menyaksikan orang yang bertelanjang kaki dan badan, lagi miskin yang mengembala domba, berlomba-lomba meninggikan bangunan.” (HR Muslim).

21. Budak Wanita Melahirkan Tuannya

Tanda berikutnya yaitu adanya wanita yang melahirkan tuannya, maksudnya sang ibu yang nantinya akan melayani anak yang ia lahirkan seperti tuannya. Seperti yang disebutkan di dalam hadist berikut ini :

“Aku kabarkan kepadamu tentang tanda-tandanya, (yaitu) jika seorang budak wanita melahirkan tuannya.” (Muttafaqun ‘Alaihi).

22. Maraknya Pembunuhan

Banyaknya kasus pembunuhan yang keji yang terjadi saat ini, juga menjadi pertanda akhir zaman yang disebut di dalam hadist berikut ini :

“Tidak akan datang hari Kiamat hingga banyak al-harj.” Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah al-harj itu?” Beliau menjawab, “Pembunuhan, pembunuhan.” (HR. Muslim).

23. Zaman Semakin Singkat

Semakin cepatnya waktu yang berlalu juga merupakan salah satu tanda kiamat semakin dekat. Dari Abu Hurairah RA, “Rasulullah SAW bersabda :

“Tidak akan terjadi hari Kimat hingga zaman semakin singkat, maka jadilah setahun bagaikan sebulan, sebulan bagaikan sepekan, sepekan bagaikan hari jum’at seperti sehari, sehari bagaikan sejam, dan sejam bagaikan seperti terbakarnya pelepah pohon kurma (cepat sekali, pent.).” (HR Ahmad, at-Tirmidzi, dan Al-Albani meshahihkannya).

Baca Juga :   Shalat Jum’at : Pengertian, Hukum Khutbah, Syarat dan Rukunnya Lengkap

24. Pasar Semakin berdekatan

Semakin merebaknya pasar atau tempat jual beli adalah salah satu tanda akhir zaman. Rasulullah SAW bersabda :

“Tidak akan terjadi hari Kiamat hingga muncul berbagai fitnah, banyaknya kebohongan dan berdekatannya pasar.” (HR. Ahmad).

25. Fenomena Kemusyrikan

Rasul bersabda dan menyebutkan bahwa salah satu tanda akhir zaman adanya banyaknya fenomena kemusyrikan atau orang yang menyekutukan Allah SWT, sebagaimana yang disebut dalam hadist :

“Jika pada umatku pedang telah diletakkan, maka ia tidak akan pernah diangkat darinya sampai hari Kiamat, dan tidak akan terjadi hari Kiamat hingga beberapa kabilah dari umatku mengikuti kaum musyrikin, dan beberapa kabilah dari umatku menyembah berhala.”

26. Menjamurnya Perbuatan dan Ucapan Keji atau Fasha, Putusnya Silaturahmi, dan Buruknya Hubungan antar tetangga

Tanda akhir zaman lainnya yaitu orang yang semakin mudah berkata kasar dan berbuat keji, semakin mudahnya memutus tali silaturahmi, dan hubungan antar tetangga yang buruk. Yang sebagaimana disebutkan dalam hadist berikut :

“Tidak akan terjadi hari Kiamat hingga muncul (banyak) perbuatan dan perkataan keji, pemutusan silaturahmi, dan jeleknya hubungan bertetangga.”

27. Orangtua Bergaya Anak Muda

Tanda yang satu ini banyak kita temui saat ini, para orang tua yang berpakaian dan bertingkah laku seperti anak muda. Hal ini juga disebutkan dalam hadist berikut :

‘Akan ada di akhir zaman satu kaum yang menyemir rambut mereka dengan warna hitam bagaikan dada burung merpati, mereka tidak akan pernah mencium harumnya surga’.” (HR. Ahmad).

28. Maraknya kekikiran

Semakin banyaknya orang yang kikir dan semakin merebaknya kebakhilan merupakan salah satu tanda hari akhir, yang disebutkan dalam hadist :

“Zaman semakin berdekatan, amal berkurang dan kekikiran dilemparkan (ke dalam hati).” (HR. Al-Bukhari).

29. Maraknya Perdagangan

Banyaknya perdagangan yang juga terjadi sekarang, bisa menjadi salah satu tanda akhir zaman. Yang disebutkan oleh Rasulullah SAW :

“Menjelang datangnya hari Kiamat, salam hanya diucapkan kepada orang-orang tertentu, dan merebaknya perdagangan hingga seorang wanita turut serta (bersama) suaminya dalam berdagang.”

30. Banyaknya Peristiwa Gempa Bumi

Bumi yang didiami oleh manusia semakin tua, pergeseran lempeng benua yang menua membuat gempa semakin sering terjadi. Seperti sabda rasulullah :

“Tidak akan terjadi hari Kiamat hingga terjadi banyak peristiwa gempa bumi.” (HR. Al-Bukhari).

31. Banyaknya Orang-Orang yang Ditenggelamkan ke Dalam Bumi, Diubah Raut Wajahnya dan Dilempar Batu

Tanda terakhir dari tanda akhir zaman, disebutkan di dalam hadist berikut ini :

“Akan ada pada akhir umatku (orang-orang) yang ditenggelamkan ke dalam bumi, dirubah rawut wajahnya, dan dilempari (batu).” Aisyah Radhiyallahu ‘Anha berkata: ‘Aku bertanya, (Wahai Rasulullah, apakah kami akan dibinasakan sementara masih ada orang-orang soleh ditengah-tengah kami?. Beliau menjawab, “Benar, ketika kemaksiatan telah merajalela.”

Sekian penjelasan tentang tanda-tanda kiamat yang sesuai dengan sabda dan hadist Rasulullah SAW. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua, agar kita sebagai umat muslim semakin meningkatkan iman dan ibadah kita kepada Allah SWT.

Baca Juga :