4 Kasta Dalam Agama Hindu dan Proses Lahirnya Agama Hindu

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

4 Kasta Dalam Agama Hindu dan Proses Lahirnya Agama Hindu Secara Singkat

Kasta Agama Hindu – Pada sekitar tahun 1500 Sebelum Masehi, bangsa Arya berhasil menaklukkan penduduk asli, yaitu bangsa Dravida di India. Kemudian lahir agama Hindu yang merupakan gabungan antara kepercayaan bangsa Arya dan kepercayaan bangsa Dravida.

Kasta Dalam Agama Hindu

Agama Hindu mempunyai banyak dewa, namun tiga dewa yang senantiasa dipuja, yang lebih dikenal dengan nama Tn Murti, yaitu Dewa Brahmana atau Dewa Pencipta, Dewa Wisnu atau Dewa Pelindung, dan Dewa Syiwa atau Dewa Perusak.

Menurut agama Hindu, manusia yang hidup sekarang ini merupakan reinkarnasi dan kehidupan sebelumnya. Manusia hidup di dunia adalah samsara atau sengsara. Seseorang akan dilahirkan kembali sehingga harus mengalami sengsara, apabila kehidupannya yang dahulu kurang sempurna atau banyak berbuat dosa.

Agama Hindu mengajarkan bahwa tujuan manusia adalah menyatu kembali kepada sumber dan segala suniber yang ada, yakni Brahman Karena hidup merupakan penderitaan, maka tujuan yang hendak dicapai adalah bagaimana agar seseorang terhindar dan dilahirkan kembali supaya tidak mengalami penderitaan.

Untuk itu, tujuan yang hendak diraih adalah Moksha, yaitu terbebas dan dilahirkan kembali.

Ada empat kasta dalam agama Hindu, yang membedakan antara golongan satu dengan lainnya. Pembentukan kasta mempunyai tujuan utama untuk menjaga kemurnian ras bangsa Arya yang dianggap ras paling baik, dibandingkan ras bangsa Dravida yang dianggap lebih rendah. Empat Kasta tersebut dijelaskan sebagai berikut.

Kasta Brahmana

Merupakan kasta tertinggi, bertugas menjalankan upacara-upacara keagamaan. Adapun yang termasuk dalam kasta ini adalah para Brahmana.

Baca Juga :   Kuartil Bawah, Tengah dan Atas : Pengertian, Rumus serta Contohnya Lengkap

Kasta Ksatria

Yang bertugas menjalaiikan pemerintahan. Adapun yang termasuk dalam kasta ini adalah para raja, bangsawan, dan prajurit.

Kasta Waisya

Merupakan kasta dan golongan rakyat jelata, seperti para petani dan pedagang.

Kasta Sudra

Merupakan kasta yang paling rendah, seperti para budak.

Baca Juga :