5 Peran Badan Usaha Dalam Perekonomian Nasional

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Peran Badan Usaha Dalam Perekonomian Nasional

Badan usaha dalam kehidupan perekonomian sangat  besar peranannya, bahkan merupakan penggerak perekonomian bangsa. Beberapa peran badan usaha dan perusahaan dalam menggerakkan dan menunjang perekonomian nasional, di antaranya sebagai berikut.

Peran Badan Usaha Dalam Perekonomian Nasional

Sebagai produsen barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat

Badan usaha dan perusahaan yang menghasilkan barang dan jasa, sangat berperan dalam memenuhi semua kebutuhan masyarakat.

Sebagai sumber penghasilan atau pendapatan masyarakat

Badan usaha dan perusahaan adalah wadah yang dijadikan sebagai mata pencaharian bagi masyarakat sehingga merupakan sumber penghasilan atau pendapatan bagi masyarakat.

Sebagai penyedia lapangan pekerjaan serta pendukung dan penunjang pendidikan

Badan usaha dan perusahaan selalu membutuhkan tenaga kerja sehingga akan mengurangi pengangguran. Selain itu dapat pula mendukung dan menunjang pendidikan dengan cara memberikan bantuan pendidikan berupa bea siswa kepada pelajar maupun mahasiswa.

Sebagai sumber pendapatan negara

Badan usaha dan perusahaan yang memperoleh laba akan menjadi salah satu sumber pendapatan negara. Melalui usaha-usaha yang dilakukannya, akan banyak sekali barang dan jasa yang dihasilkan sehingga menambah produksi nasional.

Produksi nasional yang meningkat akan membuka kesempatan kerja, yang berarti menyerap banyak tenaga kerja sehingga akhirnya mampu menambah pendapatan negara dan membantu pemerintah memperlancar perekonomian nasional.

Sebagai agen pembangunan perekonomian nasional

Badan usaha dan perusahaan yang menanamkan modalnya dan beberapa bidang usaha akan memberikan peluang untuk membangun perekonomian nasional.

Baca Juga :   Insentif : Pengertian, Bentuk, Dan Tujuannya Lengkap

Semakin banyak badan usaha dan perusahaan yang melakukan kegiatan usaha, semakin besar kemungkinan untuk membangun perekonomian negara.

Baca Juga :