7 Macam Bangun Ruang – Pengertian Beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian dan Macam Bangun Ruang Lengkap

Bangun Ruang – Bangun ruang adalah jenis bangun di dalam matematika yang memiliki volume atau isi, bangun ruang itu sendiri disebut sebagai bangun 3 dimensi. Karena memiliki 3 buah komponen utama dan memiliki sisi, titik sudut, dan rusuk. Sisi tersebut adalah sebuah bidang yang ada di dalam bangun ruang, yang menjadi batas diantara bangun ruang dengan ruangan yang ada di sekitarnya. Sedangkan rusuk adalah pertemuan antara dua sisi yang berupa ruas garis, yang ada di dalam sebuah bangun ruang. Kemudian titik sudut adalah sebuah titik hasil dari pertemuan rusuk yang mempunyai jumlah 3 atau lebih.

7 Macam Bangun Ruang

Di bawah ini ada beberapa jenis bangun ruang yang akan dijelaskan dengan lebih lanjut. Diantaranya sebagai berikut :

Balok

Adalah sebuah bangun ruang yang mempunyai 3 dimensi yang dibentuk oleh 6 buah persegi panjang, yang saling tegak lurus. Bila anda melihat sebuah lemari es di rumah anda, atau lemari pakaian maka hal itu merupakan salah satu jenis bangun ruang balok yang ada di kehidupan sehari-hari.

Kubus

Kubus adalah salah satu bangun ruang yang mempunyai panjang rusuk yang sama, atau bangun yang mempunyai enam buah sisi yang sama dan sebangun. Kubus juga termasuk ke dalam bangun ruang 3 dimensi.

Limas

Limas termasuk ke dalam 7 jenis bangun ruang, yang dimana limas itu sendiri mempunyai alas segi n dan sisi-sisi yang tegak yang bentuknya segitiga. Limas juga termasuk ke dalam bangun ruang tiga dimensi, limas juga mempunyai n + 1 sisi, 2 n rusuk dan juga n + 1 titik sudut.

Baca Juga :   Transformasi Geometri : Translasi, Refleksi, Rotasi, Dilatasi, Determinan Dan Luas, Dan Contohnya Lengkap

Prisma Segitiga

Prisma segitiga yang ikut ke dalam jenis bangun ruang 3 dimensi, mempunyai alas dan atap yang mempunyai bentuk segitiga dengan ukuran yang sama.

Kerucut

Adalah salah satu bangun ruang yang mempunyai alas yang bentuknya lingkaran, dengan selimut yang mempunyai irisan dari sebuah lingkaran.

Tabung

Tabung adalah 7 jenis bangun ruang, tabung ini dibatasi oleh sisi lengkung dengan dua buah lingkaran. Tabung juga merupakan bangun ruang tiga dimensi, yang memiliki tutup dan alas yang bentuknya lingkaran, dengan ukuran yang sama. Sedangkan di bagian selimutnya mempunyai bentuk persegi panjang.

Bola

Bola adalah salah satu bangun ruang 3 dimensi yang bagian permukaannya memiliki jarak yang sama, pada titik pusatnya. Bola juga adalah bangun ruang yang dibatasi oleh sisi yang lengkung.

Itulah pembahasan mengenai 7 macam bangun ruang yang lengkap. Supaya anda bisa membedakan masing-masing dari bentuk bangun ruang itu sendiri. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :