Pengertian Pancasila Sebagai Sumber Nilai dan Maknanya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Apa Yang Dimaksud Dengan Pancasila Sebagai Sumber Nilai?

Pancasila Sebagai Sumber Nilai – Seperti yang telah kita ketahui bahwa pancasila adalah dasar negara Indonesia, yang juga menjadi sebuah ideologi nasional yang kemudian dijadikan landasan pokok serta landasan fundamental bagi setiap penyelenggara di negara Indonesia. Pancasila yang juga sebagai sumber nilai  maksudnya adalah, setiap nilai yang terkandung di dalam pancasila telah dijadikan landasan pokok dalam mengatur segala tatanan kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia. Pada hakikatnya pancasila berisi lima sila, yang dimana merupakan lima dasar yang bersifat fundamental. Berdasarkan nilai yang terdapat di dalam pancasila yang terdiri dari lima sila tersebut, terdapat nilai dasar yang diantaranya yaitu :

  1. Nilai Ketuhanan
  2. Nilai Kemanusiaan
  3. Nilai Persatuan
  4. Nilai Kerakyatan
  5. Nilai Keadilan

Penjelasan Lengkap Nilai Pancasila

1. Nilai Ketuhanan

Nilai yang terkandung di dalam sila pertama pancasila ini adalah adanya pengakuan dan juga keyakinan, setiap bangsa dan negara mengenai adanya Tuhan Yang Maha Esa sebagai pencipta alam semesta dan segala isinya. Nilai ini menyatakan bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang relijius, bukan bangsa yang atheis. Nilai Ketuhanan bermakna mengenai adanya pengakuan kebebasan dalam memeluk agama apapun bagi setiap warga negara. Serta menghormati kemerdekaan dalam beragama dan tidak berlaku diskriminatif pada antar umat beragama yang satu dan yang lainnya.

2. Nilai Kemanusiaan

Nilai yang terkandung di dalam sila berikutnya adalah adanya kesadaran dalam bersikap dan berperilaku, yang harus sesuai dengan nilai dan norma di dalam hidup bersama dan berdampingan dengan warga lainnya. kita pun harus memperlakukan sesuatu hal sedemikian rupa. Sebagai warna negara Indonesia, maka kita pun harus menjadikan nilai kemanusiaan menjadi landasan pokok atau tonggok. Dalam hal bergotong royong, dan juga saling membantu antar sesama yang sedang membutuhkan pertolongan.

Baca Juga :   Pengertian Negara : Unsur, Fungsi, Tujuan, Dan Bentuk Negara Lengkap

3. Nilai Persatuan

Nilai yang terkandung di dalam pancasila sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia, adalah seluruh warga Indonesia harus menjaga tali persatuan dan kesatuan dengan utuh tanpa harus terpecah belah oleh apapun. Serta harus membina rasa nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan cara yang baik. Makna lainnya dari nilai persatuan ini adalah seluruh warga Indonesia harus mengakui dan menghargai sepenuhnya pada keanekaragaman yang dimiliki oleh seluruh warga Indonesia.

4. Nilai Kerakyatan

Untuk nilai yang terkandung di dalam nilai kerakyatan yang berasal dari sila ke-4 pancasila yaitu negara Indonesia memiliki asas dan prinsip pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat. Dengan menggunakan cara atau jalan mufakat dan musyawarah, yang melalui beberapa lembaga perwakilan. Nilai kerakyatan ini juga mengandung makna bahwa kekuasaan dan kedaulatan yang paling tinggi, dimiliki oleh rakyat dan bukan di tangan pemangku jabatan. Para pejabat tersebut harusnya mengutamakan aspirasi dan juga suara rakyat dalam mengemban tugasnya.

5. Nilai Keadilan

Nilai yang terkandung di dalam sila ke-5 pancasila adalah pancasila sebagai dasar dan tujuan demi tercapainya kehidupan masyarakat yang adil dan makmur. Dengan merata dan utuh. Makna lainnya dari sila ke-5 ini adalah perlakuan dari bangsa dan negara juga harus adil pada semua lapisan masyarakat di Indonesia tanpa terkecuali. Nilai keadilan ini terlihat dalam pemanfaatan sumber daya alam untuk kepentingan rakyat, bukan untuk kepentingan pribadi.

Pancasila sebagai sumber nilai bermakna bahwa segala pokok dalam hal penyelenggaraan kehidupan dalam berbangsa dan bernegara, yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia harus bersumber dari semua sila yang terdapat pada pancasila. Walaupun kelima nilai dasar tersebut masih abstrak dan normatif, artinya isinya belum dapat dioperasionalkan dengan cara yang tegas. Agar dapat dioperasionalkan dengan tegas, maka hal itu harus dijabarkan ke dalam nilai yang instrumental.

Baca Juga :   Pengertian Penyimpangan Sosial dan Dampaknya

Demikian penjelasan mengenai maksud dari pancasila sebagai sumber nilai, yang diuraikan dengan lebih lengkap. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :