Buku Digital : Pengertian, Fungsi Dan Jenis Yang Paling Umum Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Buku Digital : Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Buku Digital Yang Paling Umum Lengkap

Buku Digital – Perkembangan teknologi digital kini sudah semakin berkembang pesat, dan memberi pengaruh yang besar dalam kehidupan manusia. Terbukti dengan adanya internet. Teknologi internet ini bisa mempercepat pertukaran informasi ke seluruh dunia, tanpa harus terhambat oleh jarak atau waktu. Bahkan teknologi internet telah menyebabkan pola hidup manusia menjadi berubah. Manusia tidak dapat lepas dari teknologi internet dan perangkat elektroniknya. Teknologi telah memiliki peran yang mampu mengubah peradaban manusia.

Media informasi menjadi wilayah yang paling pertama yang terkena arus digitalisasi. Dulu buku-buku hanya diterbitkan dengan bahan kertas saja. Tetapi kini ada banyak buku yang telah dikonversi ke dalam bentuk digital, dan menjadi buku digital. Atau istilahnya dikenal dengan nama ebook. Ada beberapa format di dalam buku digital tersebut, diantaranya JPEG, PDF, DOC, ePub dan lainnya. Teknologi telah mengubah pola pikir manusia menjadi lebih kreatif dan produktif, dalam memanfaatkan teknologi.

Buku digital juga telah menjadikan informasi dapat disebarluaskan menjadi lebih cepat dibanding dengan buku konvensional. Apalagi dengan adanya buku digital ini, penggunaan kertas bisa menjadi lebih berkurang.

Pengertian Buku Digital

Buku digital sangat diminati oleh banyak orang karena lebih praktis dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Buku digital juga lebih mudah diakses. Buku digital atau ebook adalah jenis informasi yang isinya berupa teks, gambar, audio, ataupun video yang dimuat dengan cara digital sehingga hanya dapat diakses dengan menggunakan perangkat elektronik saja, seperti misalnya dengan laptop, komputer, handphone, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   15 Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli Lengkap

Secara umum buku digital mempunyai kesamaan dengan buku konvensional yaitu memberi informasi yang berupa teks dan gambar. Yang membedakan diantara keduanya adalah terdapat fitur pencarian yang membantu anda dalam menemukan kata-kata yang dicari dengan cepat. Bahkan ada pula alat khusus untuk para pembaca ebook, yaitu ebook reader.

Fungsi Buku Digital

Ada beberapa versi dari buku digital ini namun secara umum fungsinya adalah sebagai media informasi secara digital. Sehingga anda bisa menemukan berbagai informasi di dalamnya. Berikut penjelasan dari fungsi buku digital :

1. Sebagai media informasi

Informasi akan lebih mudah disebarluaskan dan lebih cepat dengan buku digital, dibanding dengan buku konvensional. Buku konvensional bisa didapatkan di perpustakaan atau toko buku, sedangkan buku digital mudah didapatkan dari internet. Bahkan bagi penulis buku tak usah repot menerbitkan bukunya ke penerbit, karena mereka bisa menyebarluaskannya dengan mudah melalui internet tersebut.

2. Sebagai media pembelajaran

Bagi seorang pengajar yang membutuhkan bahan untuk mengajar, yang akan mendukung kegiatan belajar di dalam kelas bisa dengan menggunakan buku digital. Untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, guru akan memilih bahan ajar yang unik tapi mendidik bagi muridnya. Dengan menggunakan buku digital tersebut, maka guru akan mendapat bahan ajar yang disajikan dengan konten multimedia. Sehingga menjadi lebih menarik dan atraktif.

3. Sebagai media bisnis

Buku digital ini telah menjadi alternatif yang tepat bagi penulis buku yang kesulitan dalam hal menerbitkan buku. Pada dasarnya buku yang diterbitkan melalui penerbit, memerlukan biaya yang cukup besar. Sedangkan dengan adanya buku digital ini penulis bisa mempublikasikan karyanya dengan komersil melalui internet. Karyanya pun tetap akan dilindungi dengan hak cipta.

Baca Juga :   Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) : Pengertian, Dasar Hukum, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Prinsipnya Lengkap

Jenis Buku Digital Berdasarkan Formatnya

Ada beragam format buku digital yang sudah didukung oleh perusahaan seperti misalnya Adobe dan PDF. Ataupun format yang didukung oleh perangkat dan pembaca buku digital tertentu. Di akhir 1990 suatu konsorium mulai dibentuk untuk mengembangkan format di dalam buku digital. Yang dimana hal itu akan memungkinkan penulis dan penerbitnya menggunakan satu format dokumen, yang bisa dibaca oleh beragam perangkat dengan menggunakan platform ebook. Berikut ini format buku digital yang tersedia :

  1. AZW – Amazon World. Yaitu suatu format ebook miliki Amazon, yang menyerupai format MOBI dengan tingkat kompresi yang tinggi. Kadang format ini menambahkan DRM (Digital Right Management). DRM adalah kode unik yang khusus untuk kindle amazon.
  2. EPUB – Electronic Publication. Adalah jenis format yang didefinisikan oleh Forum Open Digital Book dari International Digital Publishing Forum (IDPF). Yang mengacu pada XHTML dan XML. Hal ini telah menjadi standar yang telah berkembang. Spesifikasi ePUB ini bisa anda temukan dalam IDPF , Adobe, Barnes & Noble, Apple yang masing-masing memiliki DRMnya sendiri. Untuk versi ePUB terbarunya adalah ePUB 3 tak digunakan secara luas.
  3. MOBI – MobiPocket. Adalah jenis format yang bisa digunakan oleh hampir semua PDA dan juga smartphone. Di dalam PC Windows, MobiPocket ini bisa melakukan konversi file chm, .doc, .html, .acf, .pdf, .rtf dan .txt kedalam format ini.
  4. PDB – Palm Database File. Adalah jenis format yang memuat beberapa format buku digital yang berbeda, yang ditujukan ke dalam perangkat yang berbasis Sistem Operasi Palm yang disebut dengan PalmDOC.
  5. PDF – Portable Document Format. Format ini diciptakan oleh Adobe dalam Product Acrobat yang digunakan di dalam pertukaran dokumen. Format ini didukung oleh seluruh platform komputer dan perangkat smartphone. Walaupun begitu ada beberapa perangkat yang bermasalah dengan menggunakan format ini, karena ukuran layarnya tidak sesuai dengan format PDF.
  6. KF8 – Kindle Fire Format. Adalah jenis format yang hampir sama dengan ePUB yang disusun ke dalam PDB dengan DRM Amazon.
  7. PRC – Palm Resource File. Adalah jenis format yang menyertakan beberapa format buku digital MobilPocket yang menggunakan e-reader atau AportisDOC.
  8. TPZ – Topaz File Extension. Merupakan format yang digunakan oleh Amazon Kindle. Format ini mengatur layout di halaman bersama dengan versi OCR yang tidak kedap suara. Format ini juga digunakan untuk membuat buku-buku yang sudah tua dengan cepat, karena proses konversinya otomatis.
  9. HTML – HyperText Markup Language. Format yang menjadi bagian dari WWW. Ada banyak jenis teks yang didistribusikan ke dalam format ini. CSS adalah gaya yang digunakan pada sebuah HTML.
  10. XHTML – eXtensible HyperText Markup Language. Sebuah format yang disusun dengan kontruksi dari HTML. Format data standar yang digunakan adalah ePUB.
  11. XML – eXtensible Markup Language. Adalah format yang digunakan untuk pertukaran data.
  12. CHM – Compressed HTML. Format yang digunakan untuk distribusi teks ke dalam website.
  13. JPEG – Joint Photographic Experts Group. Adalah jenis format yang memiliki ukuran yang lebih besar dibanding dengan informasi teks. Secara umum format ini didominasi oleh sebuah gambar.
Baca Juga :   Bunga Tunggal : Pengertian, Rumus, Macam dan Contohnya Lengkap

Begitulah pembahasan dan uraian lengkap dari buku digital. Semoga dapat dipahami dan memberi manfaat.

Baca Juga :