Cara Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Dan Kunci Dasar Gitar Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Cara Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Dan Kunci Dasar Gitar Lengkap

Kunci Gitar – Gitar selalu menjadi alat musik yang paling banyak disukai, terutama untuk kalangan para pemuda. Dengan alat musik itu maka seseorang dapat menghasilkan beragam jenis musik yang keren. Bisa dibilang bermain gitar adalah salah satu keterampilan yang cukup mengagumkan, yang dimana hampir semua orang menginginkan apa yang dapat mereka lakukan.

Cara Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Dan Kunci Dasar Gitar

Bila kebetulan anda sedang ingin belajar bermain gitar, mungkin artikel ini bisa membantu anda dalam belajar bermain gitar dengan tata caranya yang lengkap.

Pastikan juga bahwa anda bisa mempelajarinya dengan cara yang benar. Anda bisa belajar bermain gitar melalui berbagai macam cara, bisa dengan guru, buku, mengikuti kursus online, atau belajar bermain gitar sendiri melalui internet.

Belajar Kunci Dasar Gitar

Sebelum anda mulai belajar bermain gitar sebaiknya anda mengetahui kunci dasar gitar tersebut. gitar memiliki 6 senar, dimulai dari senar di bagian paling bawah sampai paling atas. Ada dua jenis gitar yang biasa digunakan oleh orang-orang saat bermain gitar, yaitu gitar elektrik dan gitar akustik. Walaupun kedua jenis gitar tersebut mempunyai nada yang hampir mirip, tetapi terdapat perbedaan dari kedua jenis gitar tersebut. salah satunya ada di bagian tuningnya.

Berikut ini senar gitar yang dapat menghasilkan nada yang sangat keren :

  • Senar 1 hasilkan nada E’
  • Senar 2 hasilkan nada B
  • Senar 3 hasilkan nada G
  • Senar 3 hasilkan nada G
  • Senar 4 hasilkan nada D
  • Senar 5 hasilkan nada A
  • Senar 6 hasilkan nada E

Kunci Gitar A

Cara Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Dan Kunci Dasar Gitar

Kunci Gitar B

Cara Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Dan Kunci Dasar Gitar

Kunci Gitar C

Cara Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Dan Kunci Dasar Gitar

Kunci Gitar D

Cara Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Dan Kunci Dasar Gitar

Kunci Gitar E

Cara Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Dan Kunci Dasar Gitar

Kunci Gitar F

Cara Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Dan Kunci Dasar Gitar

Kunci Gitar G

Cara Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Dan Kunci Dasar Gitar

Tips Dasar Dalam Bermain Gitar yang Harus Diketahui

Sebelum membahas tentang cara belajar bermain gitar, sebaiknya anda mengetahui dulu dasar bermain gitar. Yang nantinya akan memudahkan anda dalam bermain gitar yang baik dan benar. Bermain gitar tidak bisa secara instan, tapi memerlukan proses yang cukup panjang sekali. Karena anda harus mengenali dasar dalam bermain gitar, terutama bagi pemula.

1. Mengenali Bagian Dalam Gitar

Baca Juga :   Pengertian Industri Kreatif Dan Contohnya Lengkap

Jenis gitar elektrik atau akustik pada dasarnya semuanya dibuat dari bahan kayu atau logam. Dan senarnya diberi lapisan logam, yang nantinya akan menghasilkan getaran yang keren untuk menghasilkan nada yang diinginkan.

Di bagian tubuh kayunya akan menghasilkan resonansi suara, agar bisa menghasilkan suara dan nada khas gitar. Adapun bagian gitar yang harus anda tahu, diantaranya bagian leher gitar yang berupa kayu dan memanjang pada senar gitar.

Untuk jenis gitar akustik biasanya mempunyai lubang suara di bagian tubuhnya. Dan pada gitar listrik biasanya terdapat tiga elemen pick up magentis. Yang nantinya akan disampaikan suara pada amplifier.

2. Pastikan Anda Sudah Memegang Senar Gitar Dengan Benar

Walaupun butuh proses yang tidak singkat, tapi cara belajar bermain gitar ini sebenarnya sangat mudah. Sesudah anda mengetahui bagian gitar, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa anda sudah tahu bagaimana cara memegang gitar yang benar.

Bisa saja anda menggunakan tangan kiri untuk menekan senar gitar di bagian leher gitarnya, lalu menggunakan tangan kanan untuk menggosok atau memetik senar yang ada di bagian depan lubang suara.

Dalam bermain gitar pastikan dulu gitar yang dipegang dengan posisi horizontal. Pegang bagian belakang gitar supaya gitar dapat menyentuh perut dan dada anda. Pastikan juga posisi gitarnya bertumpu di kaki anda. Letakkan gitar di bagian paha lalu pastikan gitar di pangkuan anda.

Gunakan tangan kiri untuk menahan leher gitar dan menstabilkan suaranya. Untuk jari jempolnya digunakan untuk menahan gitar di bagian leher, dan keempat jari ada di bagian datar gitar.

2. Mencoba Stem Gitarnya

Untuk menghasilkan suara yang bagus dan tidak sumbang, anda harus mengatur senar gitar tersebut. sehingga bunyi yang dihasilkan bisa terdengar pas. Anda bisa mempelajari dan menghafalkan nama pada setiap senar yang ada. Mulai dari senar bagian paling bawah sampai atas, dengan urutan E’, B, G, D, A, dan E. menyetem gitar juga bisa dengan menggunakan alat khusus.

3. Belajar Menekan Fret Di Senar Gitar

Fret adalah garis yang dibatasi oleh logam, dan berada tegak lurus di bagian leher gitar untuk memisahkan nada. Anda bisa mencoba menekan senar dengan menggunakan ujung jari, lalu pastikan anda akan menekan senar sesuai dengan kunci yang tepat.

4. Gunakan Pick Untuk Membunyikan Gitar

Baca Juga :   4 Ciri Dan Tanda Diabetes Pada Wanita Beserta Cara Mengatasinya Lengkap

Pick atau plektrum adalah salah satu jenis benda yang ukurannya kecil dan dibuat dari bahan plastik. Biasanya pick digunakan untuk membunyikan gitar. Anda bisa mencoba menggunakan pick agar bunyinya bisa diperoleh dan terdengar lebih keren di tangan anda dan tidak akan terasa sakit.

Cara Menyetem Chord Gitar Dengan Mudah

Tujuan dalam menyetem gitar adalah supaya bunyi yang dihasilkan menjadi lebih baik lagi, dan pasti akan sangat cocok dengan nada gitar. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menyetem gitar, yaitu dengan menggunakan tuning standar, tuner, atau teknik harmonik. Anda bisa memilih mana cara yang anda sukai dalam menyetem gitar akustik atau elektrik.

Anda juga bisa menyetem gitar dengan cara manual. Cara ini dapat dilakukan oleh siapapun. Caranya yaitu :

  • Pertama pada fret ke-5, silakan tekan senar 6 tanpa menekan fret, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 5.
  • Kedua pada fret ke-5, silakan tekan senar 5 tanpa menekan fret, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 4.
  • Ketiga pada fret ke-5, silakan tekan senar 4 tanpa menekan fret, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 3.
  • Keempat pada fret ke-4, silakan tekan senar 3 tanpa menekan fret, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 2.
  • Kelima pada fret ke-5, silakan tekan senar 2 tanpa menekan fret, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 1.

Tuning standar di atas adalah standar yang umum digunakan untuk lagu di pasaran. Anda juga bisa menyetem gitar dengan tuning standar manual. Caranya yaitu :

  • Cobalah dengarkan intro lagu yang diawali dengan chord E, karena dengan intro maka anda dapat mengerti nada E meskipun tidak sedang dipetik. Beberapa jenis lagu yang memiliki intro adalah jenis lagu yang berjudul Tak Bisakah, Bintang di Surga, dan Mimpi Yang Sempurna dari Peterpan.
  • Langkah kedua yaitu dengarkan beberapa lagu itu lalu sesuaikan dengan 6 nada senar yang ada pada gitar anda.

Bukan hanya dengan cara manual saja, karena anda bisa menyetem gitar dengan menggunakan instrumen lain. Yang dimana hal itu bisa anda cocokkan nada gitar dengan nada piano. Bukan hanya gitar tapi anda juga menggunakan cara ini untuk stem bass, anda hanya perlu menyesuaikan nada gitar atau bass dengan nada piano. Pastikan juga nada yang dihasilkan mirip dengan nada pianonya.

Cara Belajar Bermain Gitar untuk Pemula

1. Menggunakan dan memanfaatkan referensi untuk belajar bermain gitar

Baca Juga :   11 Cara Rahasia Menjadi orang Sukses Menurut Ahli

Cara belajar bermain gitar yang bisa anda lakukan adalah dengan mencoba menggunakan dan memanfaatkan referensi yang ada, baik lewat internet atau lewat panduan belajar gitar. Anda bisa melihat nada kunci gitarnya dari internet. Bahkan anda bisa mendapat lagu plus chordnya untuk belajar. Atau anda bisa belajar melalui buku panduan bermain gitar yang banyak dijual di toko buku.

2. Melatih memori otot tangan

Otot tangan dan jari pasti akan terasa kaku atau kurang nyaman dengan kunci gitar, di awal mula anda bermain gitar. Apalagi untuk kunci yang terbilang cukup susah. Maka anda harus membiasakan jari dengan posisi kunci tersebut. anda juga harus berlatih agar jari anda terbiasa sehingga akan memudahkan anda dalam memainkan gitar tersebut.

3. Membangun kekuatan fret jari – jari tangan

Anda harus membangun kekuatan jari dengan rutin, dengan melakukan berbagai cara. Misalnya meremas-remas bola kecil kurang lebih selama 5 menit. Tujuannya supaya jari tangan tidak kaku pada saat bermain gitar. Tidak hanya menggunakan bola saja, anda juga bisa menggunakan spons atau squishy. Lakukan rutin setiap harinya selama 5 menit.

4. Mulailah dengan belajar satu lagu yang mudah

Belajarlah satu jenis lagu yang cukup mudah. Pilih jenis lagu dengan chord yang simpel lalu belajar memainkannya sampai anda bisa memainkan lagu tersebut dengan baik. Jangan dulu berpindah ke lagu yang lain sampai anda mahir memainkan lagu tersebut. misalnya lagu Demi Waktu “Ungu”, Anugerah Terindah “Sheila On 7”, dan beberapa lagu Peterpan.

5. Belajar bermain gitar secara rutin

Walaupun pada awalnya terasa sulit tetapi anda akan mahir bermain gitar bila anda bermain dengan rutin. Jangan sampai malas bermain gitar, agar tangan menjadi tidak kaku, lebih terbiasa dan nyaman saat memegang gitar. Setidaknya luangkan waktu 1 jam setiap harinya untuk belajar bermain gitar.

6. Mencari musisi atau gitaris idola

Dengan mencari musisi atau gitaris idola anda maka anda akan termotivasi untuk terus belajar. Pemain gitar terkenal atau handal, biasanya akan mendorong minat seseorang yang ingin bermain gitar. Anda bisa mencari artis idola pemain gitar yang terbaik.

Itulah beberapa cara bermain gitar dengan baik dan benar disertai dengan kunci gitar yang lengkap. Semoga artikel ini dapat memotivasi anda dalam belajar bermain gitar, dan memudahkan anda bermain gitar.

Baca Juga :