Cara Mengerjakan Rumus Limit Tak Hingga Lengkap

Posted on
4.2 (84%) 5 vote[s]

Cara Mengerjakan Rumus Limit Tak Hingga Lengkap

Rumus Limit Tak Hingga – Pada pembahasan limit, sering kali anda mencari nilai limit saat X menuju tak hingga atau X menuju. Bilangan tak hingga adalah jenis bilangan yang sangat besar, tanpa harus disebutkan lagi berapa jumlah bilangan tersebut. yang pasti bilangan itu adalah bilangan yang sangat besar. Sedangkan kebalikannya, bilangan negatif tak hingga adalah jumlah bilangan yang sanga kecil. Mari kita bahas mengenai limit tak hingga, yang diprediksi berapa nilai yang ada pada fungsi itu ketika X menuju tak hingga atau negatif menuju tak hingga. Saat nilai X menuju tak hingga maka fungsi limitnya pun akan menuju tak hingga.

Limit Tak Hingga Dengan Bentuk Polinominal

Bentuk polinominal dengan variabel X pangkat tertinggi satu, yang jika digambarkan dalam sebuah diagram kartesius maka akan berbentuk garis lurus. Nilai limit dari bentuk polinominal tersebut, tergantung dari pangkat yang paling tinggi polinominal tersebut. limit fungsi yang diberikan varibel X akan berpengaruh secara langsung pada fungsi (X).

Ketika nilai X menuju nilai yang sangat besar atau tak hingga, maka nilai 3 X juga akan menuju tak hingga. Bila X yang menuju negatif tak hingga maka nilai fungsi limitnya menuju nilai yang paling kecil, yaitu negatif tak hingga.

Limit Tak Hingga Yang Berbentuk Pecahan

Cara untuk mendapatkan nilai limit tak hingga dalam bentuk pecahan, dapat diperoleh dalam bentuk sederhana dalam bentuk pecahan tersebut. tetapi ada cara yang lebih singkat untuk mendapatkan nilai limit tak hingga, yang berbentuk pecahan. Seperti contoh di bawah ini.

Baca Juga :   Notasi Sigma : Pengertian, Materi, Sifat, Rumus Dan Contoh Soalnya Lengkap

cara mengerjakan limit tak hingga bentuk pecahan

Ada cara yang cepat dalam menentukan nilai limit tak hingga, yang berbentuk pecahan. Ada tiga cara cepat dalam menggunakan rumus tersebut. penggunaannya didasarkan pada pangkat yang paling tinggi variabel, diantara pembilang dan juga penyebut. Berikut rumus ringkasnya.

limit tak hingga bentuk pecahan

Limit Tak Hingga Yang Ada Di Dalam Trigonometri

Sama halnya dengan limit yang menuju ke satu titik yang berbentuk trigonometri, limit tak hingga yang berbentuk trigonometri yang memiliki persamaan dasar yang dapat digunakan. Supaya bisa menyelesaikan soal tersebut pada bentuk trigonometri, persamaan tersebut dapat dilihat pada rumus berikut :

limit tak hingga bentuk trigonometri

Dengan menggunakan persamaan tersebut, anda dapat menentukan nilai limit tak hingga dengan berbagai macam tipe soal dalam bentuk trigonometri.

Limit Tak Hingga Yang Berbentuk Eksponensial

Ada dua bentuk soal limit tak hingga, yang bentuknya eksponensial. Ide dalam memperoleh titik limit tak hingga dari yang berbentuk eksponensial yang sama dengan soal limit tak hingga di bentuk yang lainnya. Ketika 1 dibagi bilangan dengan jumlah yang sangat besar, maka hasil nilai limitnya bisa 0.

limit tak hingga bentuk eksponensial

Bilangan yang sudah dipangkatkan dengan bilangan yang sangat besar, maka akan mendapat hasil bilangan yang sangat besar atau tak hingga.

limit tak hingga bentuk eksponensial

Itulah pembahasan lengkap mengenai rumus limit tak hingga yang diselesaikan dalam berbagai rumus. Semoga dapat dipahami dan bermanfaat.

Baca Juga :