Cara Menghitung Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Cara Menghitung Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai Lengkap

Perbandingan Senilai – Pada umumnya pengertian dari perbandingan adalah perbedaan atau selisih dari dua hal atau lebih, yang mengikuti pola kesamaan tertentu. Sehingga definisi dari perbandingan yang intinya berbeda, namun memiliki kesamaan pada jenis atau polanya. Anda juga dapat membandingkan jumlah murid perempuan dan laki-laki, misalnya Anita dengan Jaka, Sinta dengan Budi, dan jenis perbandingan lainnya. Tetapi anda tak bisa membandingkan Anita dengan Anita pada orang yang sama, atau Jaka dengan dirinya sendiri. Perbandingan dapat dilakukan juga di jenis yang berbeda contohnya membandingkan mobil dengan pesawat terbang, asal yang dibandingkan adalah hal yang sama, misalnya dari sisi jumlah, harga, kecepatan, penumpang, konsumsi bahan bakar, roda, dan lain sebagainya.

Cara Menghitung Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai

Walaupun demikian untuk jenis kebutuhan yang presisi atau akurat maka biasanya mobil akan dibandingkan dengan jenis mobil yang lainnya. Perbandingan itu biasanya disebut dengan istilah apple to apple. Artinya membandingkan apel dengan apel, jangan membandingkan apel dengan jeruk. Kalau untuk bahasa awamnya, jangan membandingkan kecantikan wanita dengan pria.

Penulisan pada perbandingan yaitu dengan menggunakan operator titik dua, atau garis miring. Contohnya lihat pada ilustrasi berikut :

Untuk membuat peyek maka Udin memerlukan sekitar 5 Kg tepung beras dan 10 Kg kacang.

Untuk menuliskan perbandingan keduanya, anda bisa menuliskannya dengan 5 : 10 yang artinya yaitu 5 Kg tepung beras untuk 10 Kg kacang. Untuk perbandingan yang lebih sederhananya, ditulis dengan 1 : 2. Tetapi 1 : 2 adalah perbandingan komposisi dan bukan dari jumlahnya. Pada umumnya perbandingan juga bisa dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu perbandingan yang senilai dan perbandingan berbalik nilai.

Baca Juga :   Cara Cepat Dalam Menentukan Persamaan Garis Singgung Lingkaran Lengkap

Perbandingan Senilai

Adalah perbandingan yang berasal dari dua nilai atau lebih, dari sebuah besaran yang sejenis yang mempunyai nilai atau harga yang sama. Jika nilai pada suatu komponen naik maka komponen yang lain akan ikut naik juga. Untuk perhitungan dalam perbandingan nilai yaitu menggunakan rumus sebagai berikut :

Contoh soal :

Bila udin (yang ada pada ilustrasi sebelumnya) memiliki 15 kg tepung maka berapa banyak kacang tanah yang dibutuhkan udin ?

Jawaban :

Diketahui :

a1 = 5

b1 = 10

a2 = 15

b2 = …?

Jadi kacang tanah yang dibutuhkan Udin sebanyak 30 kg.

Perhatikan lagi logika yang ada di dalam perbandingan senilai. Perbandingan senilai ini memiliki sifat yang berbanding lurus. Artinya semakin banyak item yang ada, maka harganya semakin besar. Sebaliknya bila semakin sedikit item maka harganya juga semakin kecil.

Perbandingan Berbalik Nilai

Adalah perbandingan yang berasal dari dua nilai dari suatu besaran yang sejenis, yang dimana semakin banyak juga nilai pada suatu komponen yang naik maka komponen yang lainnya akan semakin turun. Untuk perhitungan dalam perbandingan berbalik nilai menggunakan rumus perbandingan seperti berikut :

Contoh soal :

4 buah mesin dapat menyelesaikan order pekerjaan bordir kain selama 30 jam. Berapakah waktu yang dibutuhkan untuk penyelesaian pekerjaan jika 6 mesin yang digunakan ?

Jawaban :

Logikanya.. jika 4 mesin dapat menyelesaikan pekerjaan dalam 30 jam maka dengan 6 mesin waktu yang dibutuhkan akan lebih singkat lagi (kurang dari 30 jam).

Diketahui :

a1 = 4

b1 = 30

a2 = 6

b2 = ….?

Jadi waktu yang dibutuhkan untuk penyelesaian pekerjaan dengan 6 buah mesin adalah 20 jam.

Perhatikan juga logika yang ada di dalam perbandingan berbalik nilai. Perbandingan berbalik nilai ini memiliki sifat yang berbanding terbalik. Semakin banyak item yang ada maka harganya semakin kecil, dan semakin sedikit item yang ada harganya semakin besar.

Baca Juga :   Elips : Pengertian, Rumus, Macam, Unsur dan Contoh Soalnya Lengkap

Tips Menghitung Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai

  1. Penggunaan perbandingan senilai dan berbalik nilai ini akan menghasilkan nilai yang berbeda. Sehingga teliti dan pahamilah suatu persoalan sebelum anda menggunakan salah satu dari keduanya.
  2. Untuk bisa mengerjakan sebuah soal perbandingan yang senilai, maupun yang berbalik nilai maka seringlah mengerjakan soal perbandingan nilai.

Itulah pembahasan dan penjelasan mengenai perbandingan senilai yang lengkap. Semoga dapat dipahami dan menambah wawasan anda.

Baca Juga :