Ciri-Ciri Down Syndrome : Pengertian, Gejala, Penyebab Dan Pengobatannya Lengkap

Posted on
1.5 (30%) 8 vote[s]

Ciri-Ciri Down Syndrome : Gejala, Penyebab Dan Pengobatannya Lengkap 

Ciri-Ciri Down Syndrome – Sindrom Down atau Down Syndrome adalah kelainan pada genetik yang menyebabkan penderitanya memiliki tingkat kecerdasan yang rendah, serta kelainan pada fisik yang khas. Bahkan sebagian penderitanya bisa mengalami kelainan yang terbilang ringan, dan sebagian yang lainnya bisa mengalami gangguan yang berat dan bisa menimbulkan penyakit jantung.

Ciri-Ciri Down Syndrome

Down syndrome ini merupakan kelainan genetik yang cukup sering terjadi. Menurut data dari WHO ada sekitar 3000-5000 bayi yang terlahir dengan kondisi tersebut setiap tahunnya. Dengan penanganan yang tepat maka penderita bisa hidup dengan sehat dan mampu menjalani aktivitas dengan mandiri. Meskipun kelainan itu belum dapat disembuhkan.

Gejala Atau Ciri Down Syndrome

Penderita down syndrome biasanya mempunyai ciri fisik yang khas, yang bahkan bisa terdeteksi dari sebelum lahir. Berikut gejalanya :

  1. Ukuran kepala yang lebih besar.
  2. Bagian belakang kepala yang berbentuk datar.
  3. Sudut mata luar yang naik ke atas.
  4. Bentuk telinganya kecil atau bahkan tidak normal.

Penyebab Down Syndrome

Down syndrome ini terjadi ketika terdapat satu salinan ekstra dari kromosom 21. Kromosom atau struktur pembentuk gen biasanya berpasangan, serta diturunkan dari masing-masing orang tua. Ada beberapa faktor yang beresiko menimbulkan salinan ekstra pada kromosom 21 tersebut, yaitu ibu yang cukup umur ketika hamil atau memang ada penderita down syndrome di dalam keluarga.

Pengobatan Down Syndrome

Pengobatan untuk penderita dilakukan supaya penderita dapat menjalani aktivitasnya sehari-hari dengan cara yang mandiri. Pengobatan tersebut bisa berupa :

Baca Juga :   5 Peran Badan Usaha Dalam Perekonomian Nasional
  • Fisioterapi.
  • Terapi bicara.
  • Terapi okupasi.
  • Terapi perilaku.

Down syndrome tidak dapat diobati tetapi dengan dukungan dari keluarga, dan dengan rutin menjalani terapi serta pemeriksaan ke dokter, maka penderita down syndrome dapat hidup dengan mandiri serta terhindar dari komplikasi yang berbahaya.

Sekian informasi mengenai ciri-ciri down syndrome pada anak atau bayi. Semoga informasi ini dapat membantu anda dan menambah wawasan anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :