8 Ciri Rahim Sehat Dan Subur Serta Ciri Rahim Bermasalah Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Ciri Rahim Sehat Dan Subur Dan Ciri Rahim Bermasalah Lengkap

Ciri-Ciri Rahim Bermasalah – Setiap wanita tentu berharap kondisi rahimnya selalu sehat dan juga subur. Ia juga tidak mau rahimnya bermasalah. Bahkan banyak wanita yang takut rahimnya terkena penyakit yang sekarang banyak terjadi. Penyakit tersebut dapat mengancam wanita untuk tidak memiliki anak, atau sampai mendekati kematian.

8 Ciri Rahim Sehat Dan Subur Serta Ciri Rahim Bermasalah Lengkap

Berikut beberapa ciri rahim yang sehat :

1. Berat badan normal

Berat badan yang tidak sehat atau tidak normal dapat memengaruhi keseimbangan hormon yang akan mengganggu keberhasilan tubuh. Semakin ideal berat badan kita maka akan semakin bagus juga kondisi rahimnya.

2. Periode menstruasi yang normal

Menstruasi yang teratur artinya adalah aulasi yang terjadi karena darah yang lancar dan keluar, itu juga menjadi tanda keseimbangan pada hormon. Jangka waktu yang normal dalam periode haid wanita adalah 21-35 hari. Jangka waktu tersebut dihitung saat anda mulai menstruasi sampai menstruasi yang pertama, di bulan berikutnya. Biasanya haid yang normal itu paling lama adalah 7 hari.

3. Tidak menggunakan alat kontrasepsi apapun

Efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi adalah gangguan pada haid yang tidak normal, yang disertai dengan kram dan juga sakit yang berkepanjangan serta bisa menyebabkan mual.

4. Bebas dari penyakit seksual menular

Penyakit ini biasanya ditimbulkan oleh bakteri, contohnya gonorrhea yang di akibatkan kan oleh (Neisseria).

5. Tidak merokok

Semua orang tahu tentang bahaya dari merokok, apalagi kandungan di dalamnya juga berbahaya. Belum lagi asap rokok yang terbukti lebih berbahaya bagi lingkungan sekitarnya, khususnya bagi ibu hamil. Hal itu dapat mencegah aliran darah dan pertumbuhan paru-paru.

Baca Juga :   Puisi Baru dan Lama : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis Serta Unsurnya Lengkap

6. Tidak stress

Stress bisa membuat kondisi rahim menjadi memburuk, dan kemungkinan sulit untuk mempunyai anak karena ovulasi menjadi terhenti.

7. Kesuburan juga dapat memengaruhi usia

Pada seorang wanita hamil kesuburan akan bertambah langsung dan lebih cepat, kesuburan yang paling normal adalah rentang usia 20-29 tahun. Di usia ini wanita memiliki kesempatan 5% untuk hamil.

8. Gaya hidup yang sehat

Misalnya seperti :

  • Bangun tidur tepat waktu
  • Olahraga secara teratur
  • Mandi yang bersih 3x sehari
  • Makan pagi yang penting
  • Mencuci tangan
  • Minum air putih sebelum beraktivitas
  • Istirahat secara teratur

Ciri-Ciri Rahim Yang Bermasalah

Rahim adalah bagian dari alat reproduksi wanita, peranannya juga penting karena bayi akan menjalani kehidupannya di sana. Sehingga penyakit kanker yang parah akan membuat anda kehilangan rahim. Penyebab penyakit kanker pada rahim ini belum diketahui secara pasti. Tetapi ada beberapa hal yang dapat memengaruhi wanita, untuk terkena penyakit tersebut misalnya :

  1. Mendapat menstruasi pertama di bawah usia 12 tahun
  2. Belum pernah memiliki anak
  3. Mengidap penyakit diabetes
  4. Memiliki keluarga dengan riwayat kanker rahim
  5. Pernah menjalani terapi radiasi pada area panggul
  6. Mengidap tumor

Bila anda mengalami indikasi yang tersebut di atas, maka anda harus berhati-hati. Karena hal itu bisa membuat anda terkena kanker rahim. Yang dimana ciri-cirinya yaitu sebagai berikut :

  1. Rasa nyeri saat berhubungan seksual
  2. Sakit pada area panggul dan perut
  3. Berat badan yang berkurang
  4. Saat buang air rasa nyeri itupun muncul

Bila hal itu terjadi maka sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Demikian ciri-ciri rahim bermasalah lengkap dan ciri rahim anda dalam kondisi sehat dan subur. Semoga informasi ini memberi manfaat bagi anda, dalam mengenali ciri rahim yang terkena penyakit berbahaya.

Baca Juga :   Surat Niaga : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Ciri-Cirinya Lengkap

Baca Juga :