Contoh Teks Berita Singkat (Contoh, Naskah dan Penjelasan) Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Contoh Naskah Berita Singkat Beserta Penjelasannya

Contoh teks berita atau teks berita pendek berisi angka 5W dan 1H merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang pemahaman, struktur, dan karakteristik teks berita yang telah kita bahas sebelumnya secara mendalam. Jadi kali ini kita akan membahas tentang teks atau teks berita.

Jika kita mengingat teks berita adalah hal-hal yang mengandung informasi tentang seorang praktisi atau orang-orang yang terjadi dan menjadi percakapan hangat di antara masyarakat. Presentasi berita biasa disampaikan melalui surat kabar, siaran televisi, radio, serta majalah.

Contoh teks berita harus mengandung unsur yang mengacu pada 5W dan 1H, yaitu: Who, what, why, where, which, dan how dalam bahasa Indonesia arti siapa, apa, bagaimana, dimana, bilamana, dan mengapa.

Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya mengapa teks berita dan teks berita harus mengandung elemen 5W dan 1H? Teks berita harus mengandung elemen 5W dan 1H sehingga informasi yang disampaikan sesuai dengan aturan struktur linguistik dalam penyampaian berita. Penggunaan 5W dan 1H sehingga teks berita atau teks berita disampaikan cukup dalam informasi dan tidak menyebabkan kesalahpahaman kepada pendengar.

Contoh Naskah Berita Singkat

Nah setelah kita membaca sedikit penjelasan tentang apa itu teks berita, sekarang saatnya bagi kita untuk mendengarkan teks berita atau skrip berita di bawah ini. Kabar baik memiliki struktur dan komposisi yang mudah dipahami dari pembukaan, inti berita dan sebaliknya harus tepat dan digabungkan menjadi satu kesatuan.

Baca Juga :   Pengertian Kompensasi : Tujuan, Jenis dan Kebijakan Dalam Bisnis Lengkap

Contoh Naskah Berita di Kota Mina

Pembukaan:

Selamat siang, pengunjung setia, saya akan menyampaikan berita paling hangat dan paling aktual hari ini. Bersama-sama saya melihat sekilas. Pada hari Kamis, 30 Oktober 2018, terjadi tragedi di kota Mina. Itu karena terlalu banyak peziarah yang berdesak-desakan saat berada di kota Mina dan mengangkat jemaat lain yang diinjak-injak. Pemerintah masih mengkoreksinya untuk terus melacak jamaah Indonesia yang menjadi korban Mina, berikut ini liputannya.

Isi:

Acara di kota Mina membuat keluarga jamaah haji Indonesia cemas. Alasannya belum diketahui nasib sebuah kelompok ziarah yang terpisah. Pemerintah terus mencari tahu tentang rumah sakit di kota Mekkah. Data terakhir menunjukkan bahwa sebanyak 860 peziarah dari semua negara termasuk Indonesia meninggal. Aryad Hidayat menegaskan bahwa sebanyak 35 mayat diidentifikasi, 90 jamaah belum kembali ke tempat tinggal. Mayat yang telah diidentifikasi masih disimpan dalam kotak untuk menjaga kondisi mayat.

Penutup:

Saat itulah berita yang bisa saya sampaikan. Ikhtisar info akan kembali dalam 60 menit ke depan untuk memberikan berita dan perkembangan terkini lainnya. Saya mengatakan banyak terima kasih.

Berita aktif yang mengandung aturan linguistik memang menjadi kontroversi karena beberapa stasiun TV seperti apa yang kami lakukan untuk menarik perhatian pendengar untuk mendengar berita. Sebagai pendengar dalam memilih berita, kami juga harus memilih dan memilah mana berita yang benar dan tidak secara langsung mempercayai berita tanpa sumber yang jelas.

Itu adalah naskah berita singkat yang bisa kita bahas dalam artikel ini. Perlu diingat bahwa skrip berita yang dikirimkan harus berisi aturan 5w dan 1h dan nomor-nomor berita yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Terima kasih telah membaca ulasannya semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Baca Juga :   Buku Digital : Pengertian, Fungsi Dan Jenis Yang Paling Umum Lengkap