Contoh Surat Pribadi : Pengertian dan Ciri Beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Contoh Surat Pribadi, Ciri Dan Pengertiannya Lengkap

Contoh Surat Pribadi – Di zaman sekarang, bidang telekomunikasi dan informasi sudah semakin canggih. Dan juga telah berkembang dengan sangat pesat. Bila dahulu semua orang mengirim kabar atau pesan melalui surat kabar pribadi, maka kini mereka bisa bertukar kabar dengan mudah melalui media elektronik seperti video call, pesan singkat, bahkan chatting. Begitu juga dengan menjalin komunikasi jarak jauh.

Contoh Surat Pribadi

Apakah di zaman sekarang masih ada orang yang menggunakan surat pribadi? Karena mengirim surat pribadi memang sudah sangat jarang, khususnya di era digitalisasi sekarang ini. Penggunaan surat ini dianggap sudah kuno dan merepotkan. Bahkan kini penggunaan surat hanya untuk beberapa kepentingan tertentu saja, seperti misalnya surat resmi yang menyangkut suatu lembaha, instansi pemerintah atau perusahaan.

Pengertian Surat Pribadi

Surat merupakan sebuah sarana komunikasi untuk menyampaikan suatu informasi tertulis, dari satu pihak ke pihak yang lainnya. Dan surat pribadi merupakan surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi yang sifatnya tidak resmi, dan tidak terpaku pada aturan baku yang ada dalam sebuah surat.

Surat pribadi juga memiliki jumlah penulisan yang tak terbatas, karena anda bisa menulis dalam beberapa halaman sesuka hati anda. Tetapi dalam surat pribadi juga ada beberapa hal yang wajib, seperti penulisan tanggal, alamat yang dituju, kata untuk menyapa, pembukaan, isi serta penutup. Dan di bagian akhir ditulis nama dan tanda tangan pengirim. Bahasa yang digunakan dalam surat pribadi juga komunikatif. Surat ini juga bersifat rahasia dan privasi, yang hanya bisa diketahui oleh dua orang saja. Yaitu si pengirim dan penerima.

Tujuan dari pembuatan surat pribadi tak hanya memberi informasi saja, tapi juga bisa untuk menceritakan perasaan dan isi hatinya pada orang lain. Supaya si penerima surat dapat ikut merasakan perasaannya.

Ciri-Ciri Surat Pribadi

  1. Pada umumnya surat pribadi mengandung kata sapaan, yang tentu sifatnya pribadi dan rahasia. Pada umumnya kalimat sapaan ini juga dituangkan pada surat bagian atas.
  2. Kalimat atau bahasa yang digunakan tidak resmi/formal. Banyak juga yang menggunakan bahasa sehari-hari. Walaupun begitu, isi surat pribadi tetap harus sopan, dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh si penerima.
  3. Biasanya ada berbagai jenis bahasa di dalamnya, tergantung pada si penulis surat.
  4. Walaupun bentuknya surat, tetapi surat pribadi biasanya menggunakan kata sapaan seperti ketika bertemu langsung dengan si penerima surat.
  5. Penulis surat pribadi juga biasanya menggunakan kata ganti orang kedua, sama halnya dengan si penerima surat.
  6. Penulisan pada salam pembuka, isi dan penutup sebaiknya menggunakan bahasa yang tidak formal atau hindari bahasa yang terlalu resmi karena intinya surat ini adalah surat pribadi.
  7. Memiliki format yang bebas atau tidak terikat, dan semua isi tulisannya tergantung pada keinginan dan minat si penulis.
  8. Bagian surat tidak mengandung kop, atau nomor surat. Sebagaimana biasanya pada surat resmi.
  9. Isinya ditulis sesuai dengan kebutuhan pribadi, misalnya untuk komunikasi dengan orang terdekat yang jaraknya sangat berjauhan.
Baca Juga :   30 Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja Dan Jawabannya Lengkap

Contoh Surat Pribadi

 

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Kecil

 

Malang, 19 November 2018

 

 

 

Untuk Sahabatku,

 

Okta Via

 

Di Surabaya

 

Assalamualaikum, Wr. Wb.

 

Hallo Vi, gimana kabarmu? Baik-baik saja kan Vi? Aku harap kamu di Surabaya berada dalam keadaan yang sehat. Semoga kamu dan keluargamu juga selalu berada dalam kebahagiaan dan lindungan Allah SWT. Aamiin.

 

Vi, kangen sekali aku rasanya. Sudah berapa lama ya Vi kita tidak bertemu, tepatnya semenjak kita lulus SD dan kamu memutuskan untuk pindah ke Surabaya. Mungkin sudah sekitar dua tahun yang lalu ya Vi kita terakhir bertemu. Dan sejak saat itu aku tidak pernah lagi mendengar kabar tentangmu. Semoga kamu masih selalu ingat denganku ya Vi.

 

Oh iya Vi, aku ada kabar baik nih buat kamu. Sepertinya aku dan keluargaku berencana datang ke Surabaya untuk mengunjungi saudaraku yang akan menikah disana. Kemungkinan besar aku akan ikut Vi kalau tidak ada jadwal ujian disini.

 

Aku harap ketika aku di Surabaya, aku bisa bertemu denganmu ya Vi. Nanti kita main bareng lagi seperti jaman SD dulu. Aku masih ingat sekali dulu saat dimana kamu dan aku mencoba bereksperimen membuat berbagai macam makanan. Walaupun rasanya sedikit aneh dan gosong, tapi kita tetap tertawa sambil memakan makanan itu ya Vi.

 

Tapi, kalau sekarang ini aku sudah bisa memasak sedikit-sedikit loh Vi. Jadi, kalau nanti aku bertemu kamu, aku udah siap nih memasak segala jenis makanan. Dan pastinya kali ini nggak gosong lagi dan rasanya juga lumayan lah bisa dinikmati.

Baca Juga :   Ambigu : Pengertian, Definisi, Ciri, Jenis dan Contohnya Lengkap

 

Vi, sekian dulu ya kabar dari aku, sampaikan salamku sama ibumu yang cantik dan baik hati itu ya. Jaga kesehatan terus ya Vi, jangan sakit sampai aku datang kesana. Sampai berjumpa di Surabaya ya Vi.

 

 

 

Sahabatmu,

 

Abel

 

Contoh Surat Pribadi Untuk Minta Maaf Pada Teman

 

Surabaya, 25 April 2018

 

Putri Puspitasari

 

Di Yogyakarta

 

Putri temanku tercinta,

 

Aku ingin meminta maaf padamu Put atas sikapku yang mungkin keterlaluan waktu itu. Jujur, aku sangat menyesal sudah menuduhmu yang aneh-aneh. Setelah aku telusuri, memang aku yang salah Put. Saat itu, aku terbawa emosi dan tidak bisa berpikir secara jernih.

 

Aku menulis surat ini untuk meminta maaf sekaligus untuk memberikan penjelasan tentang apa yang sebenarnya terjadi. Saat itu, aku sedang berselisih paham dengan Fatiyah. Kamu tahu sendiri kan Put, kalau aku dan Fatiyah sudah bersahabat sangat lama semenjak kami masih duduk di bangku SMA.

 

Semenjak Fatiyah mulai ikut kelas tari, aku jarang berkomunikasi dengan dia. Dia sering menghabiskan waktu luangnya bersama kamu dan teman-teman kelas tari lainnya. Sebab hal itu, aku jadi sering sendirian dan mulai berpikir yang macam-macam. Bahkan, aku mulai berpikiran buruk tentangmu yang merebut sahabatku.

 

Tapi kini aku sadar dan aku juga sudah berbicara mengenai hal ini dengan Fatiyah. Ternyata kami hanya salah paham dan tidak terbuka antara satu sama lain. Dan memang aku yang egois. Aku tidak pernah bisa mendengarkan curahan hati Fatiyah tentang masalahnya, tapi aku selalu bercerita padanya tentang masalahku.

 

Sekali lagi, aku minta maaf karena marah padamu dan menyalahkanmu Put. Aku hanya sedih saja waktu itu. Aku harap kamu mau menerima permintaan maafku ini. Dan aku harap aku, kamu, dan Fatiyah bisa kembali menjadi teman lagi seperti dahulu. Aku minta maaf yang sebesar-besarnya ya Put kalau misalkan kamu tersakiti dengan kata-kataku.

Baca Juga :   Cara Membuat Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Kekinian Dan Profesional Serta Contohnya Lengkap

 

 

 

Salam hangat,

 

Rina

 

Contoh Surat Pribadi Menceritakan Keadaan Diri Kepada Sahabat

 

Solo, 17 Maret 2018

 

Untuk Sahabat Terbaikku, Nina

 

Di Palembang

 

Assalamualaikum Nina.

 

Hai Nina, Alhamdulillah aku baik-baik saja disini. Aku juga sangat senang mendengar kabar kalau kamu juga baik-baik saja disana. Kamu benar Nin, sekarang aku sudah bertambah tinggi loh. Mungkin bisa lebih tinggi dari kamu. Hehe.

 

Aku juga sangat rindu dan ingin segera bertemu denganmu. Pastinya kamu juga semakin cantik dan tambah imut ya. Mengenai kehidupanku disini, syukurlah aku sekarang sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar tempat tinggalku. Bahkan, sekarang aku sudah mulai bisa berteman dengan anak-anak di kompleks rumahku.

 

Disini ternyata orangnya ramah-ramah Nin tidak seperti yang aku pikirkan pertama kali. Aku juga bertemu dengan seorang anak yang bernama Syifa. Dia anaknya cantik dan lucu seperti kamu. Syifa juga suka sekali dengan tokoh doraemon mirip sekali dengan kamu ya kan.

 

Oh iya Nin, bulan depan aku mengikuti seleksi lomba seni tingkat Provinsi. Jika aku menang, lomba tingkat Nasional berikutnya akan diselenggarakan di Kota Palembang. Jadi, kalau aku bisa menang saat seleksi bulan depan, maka aku bisa pergi ke Palembang.

 

Doakan aku supaya bisa menang ya Nin biar kita bisa bertemu di Palembang. Soalnya aku sudah kangen berat ini sama kamu. Kangen cerita bareng, makan bareng, bahkan aku kangen sama candaan kamu yang lucu. Nanti, kalau aku ke Palembang, aku bawakan kamu lukisan spesial dari aku khusus buat kamu ya Nin.

 

Cukup sampai disini dulu ya Nin. Kamu jangan lupa semangat dalam menjalani hari-hari sekolahmu yang luar biasa. Jangan lupa belajar ya Nina. Dan pastinya jangan lupakan aku. Salam kangen juga ya dari aku untuk kedua orang tuamu. Aku tunggu surat balasan dari kamu ya Nin. Sampai jumpa di lain waktu.

 

 

 

Salam hangat,

 

Aisyah

 

Sekian pembahasan tentang pengertian, ciri dan contoh surat pribadi yang perlu anda ketahui. Walaupun surat pribadi sudah jarang digunakan namun, artikel ini bisa menjadi wawasan dan pengetahuan anda di dunia surat menyurat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :