Globalisasi : Pengertian dan Dampaknya Beserta Contohnya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian Contoh dan Dampak Globalisasi

ini adalah informasi penting yang bisa Anda pelajari di artikel kali ini. Globalisasi berarti globalisasi universal dan universalisasi. Jadi globalisasi adalah proses pelebaran elemen-elemen baru baik dalam pemikiran, gaya hidup, informasi atau teknologi tanpa konteks oleh perbatasan nasional atau oleh dunia.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli – Globalisasi dapat diartikan sebagai proses di mana batas-batas dalam makna menjadi lebih tepat karena adanya alternatif dalam konteks antara negara-negara dalam perdagangan, gaya hidup, informasi atau dalam bentuk interaksi lainnya.

Kali ini kita akan Belajar Bersama tentang globalisasi yang dapat diartikan sebagai proses yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, informasi dan ide menjadi tolok ukur standar di seluruh dunia. Proses ini disebabkan oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dan juga kegiatan ekonomi yang telah terjadi di dunia dunia.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

1. Selo Soemardjan

Menurutnya, globalisasi adalah proses yang terbentuk dari sistem komunikasi dan organisasi antar komunitas yang ada di seluruh dunia. Tujuan globalisasi untuk aturan dan sistem seperti PBB dan OIC.

2. Achmad Suparman

Menurutnya, globalisasi adalah proses pembuatan objek sebagai objek atau karakteristik individu.

Baca Juga :   Komunikasi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis Dan Komponennya Lengkap

3. Thomas L. friedman

Menurut Thomas, globalisasi memiliki dimensi teknologi dan ideologis. Dimedia dimensi teknologi dalam bentuk teknologi informasi yang telah menyatukan dunia dan dimensi ideologis dalam bentuk kapitalisme dan pasar bebas.

4. Malcom Waters

Menurut Malcom, globalisasi adalah proses yang memiliki dampak yang disebabkan oleh kondisi sosial yang tidak menyenangkan atau tidak lagi dan tidak terbukti pada manusia.

5. Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan

Menurut Dr. Nayef, globalisasi adalah proses yang disebut transisional dan opsional dalam kegiatan yang dilakukan oleh manusia dan kegiatan yang dilakukan oleh mesin.

6. Emanuel Ritcher

Menurut Emanuel, globalisasi adalah jaringan kerja global bersama dalam suatu masyarakat yang sebelumnya terpisah atau terpencar dan terpisah dalam saling ketergantungan dan keberadaan persatuan dunia.

7. Anthony Giddens

Menurut Anthony, globalisasi adalah perpotongan hubungan masyarakat di seluruh dunia yang menghubungkan antar wilayah. Kasus yang dapat diidentifikasi dari peristiwa yang muncul – mil dan sebaliknya.

8. Martin Albrow

Menurut Martin, globalisasi adalah proses di mana populasi dunia akan terhubung dalam komunitas global dan dunia tunggal.

9. Princeton N. Lyman

Menurutnya, globalisasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat dan akurat antar negara di dunia dalam hal perdagangan dan keuangan.

10. Laurence E Rothenberg

Menurut Laurence, globalisasi adalah percepatan dan intensifikasi dalam interaksi dan integrasi antara perusahaan, pemerintah dan orang-orang dari berbagai negara.

11. Scholte

Menurut Scholte, globalisasi adalah proses inti hubungan internasional. Dalam hal ini semua negara mempertahankan status identitas mereka, tetapi tetap berhubungan dengan orang lain.

Dampak Positif dan Negatif dari Globalisasi:

Dampak Positif Globalisasi:

Untuk meningkatkan kerja yang tinggi, suka bekerja keras, disiplin, memiliki semangat kemandirian, rasional, sportif, dan sebagainya.

  • Untuk pengembangan teknologi yang diperjualbelikan, tantangan sosio-ekonomi akan menjadi lebih produktif, efektif dan efisien.
  • Untuk meningkatkan kehidupan yang lebih baik.
  • Untuk mendapatkan lebih banyak modal dan untuk mendapatkan teknologi yang lebih baik.
  • Untuk memperluas pasar global untuk produk domestik.
  • Untuk memajukan teknologi, komunikasi, informasi, dan layanan yang memotivasi orang.
Baca Juga :   Budaya : Pengertian, Unsur, Wujud Dan Faktornya Lengkap

Dampak Negatif Globalisasi:

Terjadinya penyelundupan barang ke Indonesia.

  • Perusahaan di negara-negara yang lebih maju, yang mendorong kondisi industri domestik akan sulit untuk dikembangkan.
  • Sebuah produk yang menginspirasi lingkungan dan pencemaran limbah industri di masyarakat.
  • Menghasilkan pertumbuhan terhambat di sektor industri.
  • Munculnya sikap egoisme (individualisme)
  • Munculnya sikap kepentingan duniawi dan mengabaikan nilai-nilai agama

Semua negara tidak dilengkapi dengan negara lain, tetapi saling terhubung satu sama lain dengan saling membutuhkan.

Semoga dengan adanya ulasan di atas bisa menambah pengetahuan Anda tentang globalisasi, terima kasih sudah membaca artikel ini dan saya merasa senang lagi apabila Anda membagikan postingan ini.

Pelajari lebih tentang : Pengertian Aplikasi dan Fungsinya