Diagram Garis : Cara Penyajiannya Dan Contohnya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Diagram Garis : Cara Penyajiannya Dan Contoh Soalnya Lengkap

Diagram Garis – Diagram garis merupakan jenis diagram yang kebanyakan akan digunakan untuk menyajikan sebuah data, yang bisa diperoleh dari waktu ke waktu dengan cara yang teratur dan dalam jarak waktu tertentu. Pada umumnya diagram garis juga sering digunakan untuk melihat perkembangan atau pertumbuhan dari suatu hal, dengan cara yang berkelanjutan. Misalnya pertumbuhan angka kecelakaan setiap tahun, perkembangan badan dan tinggi anak bayi dan balita setiap tahun, dan lain-lain.

Sama halnya dengan diagram batang, diagram garis juga menggunakan sumbu yang mendatar dan juga sumbu tegak yang dimana keduanya akan saling berpotongan dengan cara yang tegak lurus. Biasanya pada sumbu mendatar akan menunjukkan hasil dari lama waktunya pengamatan, dan sumbu tegak yang menunjukkan hasil dari pengamatan yang telah dilakukan.

Pasangan nilai yang terdapat pada sumbu mendatar dan sumbu tegak akan dibuat dengan sebuah titik, seperti pada titik-titik yang digunakan pada diagram cartesius. Selanjutnya titik-titik itu akan dihubungkan satu demi satu, sampai membentuk sebuah garis atau kurva.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa dalam menggambar sebuah diagram garis dibutuhkan dua buah sumbu yaitu sumbu tegak dan sumbu datar. Fungsi dari sumbu datar adalah untuk menunjukkan waktu, dan sumbu tegak akan menunjukkan kuantitasnya misalnya pada nilai, biaya, jumlah, pendapatan dan lain-lain. Setelah itu gambarkan setiap titik koordinat yang ada, yang menunjukkan data pengamatan di waktu tertentu.

Yang terakhir anda bisa menarik garis dengan cara menghubungkan titik-titik tersebut dengan cara lurus. Kemudian diagram tersebut bisa diperoleh dengan pola dan kecenderungan pada gerak nilai yang dibuat dengan mengikuti waktu.

Baca Juga :   Bilangan Asli : Pengertian dan Contohnya Lengkap

Contoh Diagram Garis

Sebuah showroom mobil sejak tahun 1995 – 2004 akhir, selalu mencatat jumlah mobil yang terjual, Berikut Laporannya:

 

Sehingga diagram garisnya yaitu seperti berikut :

Dari diagram di atas, terlihat penjualan mobil terbanyak terjadi di tahun 2001. penjualan mobil cenderung mengalami kenaikan di tahun 1995-1997, sedangkan di tahun 2002-2004 cenderung mengalami penurunan.

Itulah penjelasan lengkap dari materi diagram garis, semoga dapat dipahami dan menambah wawasan anda.

Baca Juga :