Fenomena Alam Aurora : Pengertian, Macam – Macam dan Proses Terjadinya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian Fenomena Alam Aurora, Macam – macam dan Proses Terjadinya Aurora

Fenomena Alam Aurora – Aurora adalah sebuah fenomena alam yang dimana munculnya gejala alam, yang terlihat dari cahaya yang menari indah di langit dan terdiri dari beragam warna. Aurora merupakan sebuah gejala alam yang biasanya terjadi di daerah-daerah tertentu, seperti misalnya kutub. Baik kutub selatan maupun kutub utara. Aurora juga sering terlihat di daerah atas, atau daerah pegunungan tropis. Tetapi auora tersebut jarang terjadi.

Baru-baru ini bahkan ditemukan aurora yang tidak hanya dapat dilihat dari bumi. Tetapi terdeteksi juga melalui planet lain, tetapi hal itu terbilang wajar terjadi di beberapa planet yang ada di galaksi bima sakti. Salah satu aurora terdekat yang terdeteksi dari planet lain adalah, aurora yang terlihat dari planet jupiter. Aurora yang terlihat di sana bahkan 100 kali lebih terang daripada aurora yang terlihat di bumi.

Bukan hanya itu, bahkan di planet asing pun penampakan aurora ini diperkirakan 100 kali lebih terang dari aurora yang terlihat dari bumi. Walaupun hal itu termasuk hal yang sulit terdeteksi karena ada banyak planet di galaksi, yang jaraknya sangat jauh.

Proses Terjadinya Aurora

Aurora adalah suatu efek dari cahaya yang seolah-olah sedang menari-nari di atas langit. Dan menghasilkan beraneka ragam warna. Aurora terjadi di sebuah lapisan ianosfer. Yang dimana cahaya yang akan ditimbulkan menjadi akibat dari adanya interaksi antara medan magnetik, dari sebuah planet dengan partikel yang bermuatan. Yang dipancarkan oleh energi matahari atau angin surya.

Baca Juga :   Reaksi Kimia Fotosintesis : Pengertian dan Jenis Reaksi Kimia Lengkap

Aurora juga tercipta karena adanya miliaran jumlah partikel energi yang terdiri dari proton dan elektron, yang dilontarkan oleh matahari dengan kecepatan yang tinggi. Sekitar 500 mil per detik dalam sebuah pancaran dari sinar matahari. Pancaran ini biasa disebut dengan aning matahari atau solar wind, yang terbentuk karena terjadinya ledakan besar yang ada di permukaan matahari.

Setelah melalui perjalanan menuju ke bumi yang membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari, partikel matahari dan medan magnet bumi yang saling bertumbukan akan menyebabkan pelepasan partikel yang sudah terjebak di dekat bumi. Setelah itu partikel yang terjebak itu akan memicu reaksi yang ada di bagian atas atmosfer atau ionosfer, yang dimana molekul oksigen dan nitrogennya mulai beraksi. Dan melepaskan foton cahaya. Foton cahaya itulah yang kita lihat sebagai cahaya yang menari-nari di langit, yang disebut dengan aurora.

NASA adalah bagian dari organisasi terdepan yang melakukan penelitiang mengenai luar angkasa dan bumi, yang masih melakukan beberapa penelitian mengenai aurora. Salah satunya adalah peluncuran rocket yang merupakan bagian dari misi Ground-to-Rocket Electrodynamics–Electron Correlative Experiment (GREECE), di bulan Maret tahun 2019. Misi tersebut memiliki tujuan untuk lebih memahami bagaimana aurora dapat terbentuk.

Macam-Macam Aurora

Aurora terdiri dari 2 macam, yaitu aurora yang terbentuk di kutub utara dan aurora yang terjadi di kutub selatan. Berikut penjelasannya :

  • Aurora Borealis

Merupakan jenis aurora yang terjadi di kutub utara. Borealis merupakan bahasa Yunani yang artinya angin utara. Aurora borealis ini dapat dilihat dari daerah arktik, misalnya di negara Utara Kanada, Alaska, Rusia, dan Skandinavia.

  • Aurora Australis

Sama dengan namanya aurora ini sering terjadi di belahan bumi selatan. Tak heran jika namanya seperti negara yang dekat dengan kutub selatan yaitu Australia. Aurora ini juga pernah terjadi di gunung tertinggi di Indonesia. Pada aurora australis namanya disesuaikan dengan dewa fajar Romawi. Kata aurora itu sendiri merupakan kata latin yang artinya fajar. Sedangkan kata australis berasal dari bahasa latin yang artinya selatan. Aurora australis secara harfiah artinya adalah fajar, atau cahaya selatan.

Baca Juga :   Pengertian Serta Macam-Macam Flora di Indonesia Lengkap

Tempat-Tempat Terindah Untuk Menikmati Aurora Sepanjang Tahun

Di beberapa tempat berikut ini anda bisa menikmati aurora sepanjang tahun, bukan hanya di bulan-bulan tertentu saja seperti di negara-negara lainnya. Berikut penjelasannya :

1. Tromso, Norwegia

Jika ingin menikmati aurora sepanjang tahun di negara ini anda bisa mengikuti tur khusus untuk mengejar aurora. Lembaga turisme Norwegia yaitu Mona Ravndal, merekomendasikan perjalanan yang menuju ke Hurtigruten. Yaitu daerah di Norwegia Coastal Steamer, yang menjadi tempat khusus untuk menikmati aurora.

Adapun sebuah pelayaran yang dinamakan “Northern Lights Cruise” , yang biasanya hanya dilakukan di Bulan Desember. Tur perjalanan tersebut berlangsung selama 7 hari, menuju ke Kota Tromso dan North Cape. Daerah yang dianggap paling terang untuk melihat aurora, dan tersedia selama sepanjang tahun. Pilihan lainnya yang bisa anda ikuti adalah mengikuti layanan travel dengan menggunakan Bus di dalam kota, dan Ersfjorden yang berangkat sekitar menjelang tengah malam.

2. Yellowknife, Kanada

Bila anda tertarik untuk melihat aurora sambil menginap di perkemahan ala ala orang Indian, anda bisa mengunjungi Taman Aurora  Village di Yellowknife, Kanada. Jaraknya hanya sekitar 25 menit dari pusat kota. Tempat camping tersebut menyediakan kemah teepee, yang lengkap dengan penghangat dan tempat duduk untuk menikmati pemandangan fenomena alam tersebut yang memiliki latar belakang langit hitam.

3. Fairbanks, Alaska, Amerika Serikat

Di sini anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda, cara yang paling menyenangkan dalam menikmati aurora di Amerika Serikat adalah dengan berendam di kolam air panas. Fairbanks juga menjadi lokasi Geophysical Institute di University of Alaska, Fairbanks. Mereka juga merekomendasikan resor yang bernama Chena dan Manley Spring. Chena akan memberikan kemudahan yaitu perlengkapan dan konektivitas dengan bandara Fairbanks dengan shuttle bus. Hotel di daerah tersebut juga menyediakan layanan alam, yang membangunkan para tamu di malam hari yang ingin melihat fenomena alam aurora.

Baca Juga :   Pengertian Pembiasan Cahaya & ( Syarat – Peristiwa – Hukum – Arah ) Lengkap

4. Kangerlussuaq, Greenland

Wilayah yang satu ini memiliki iklim yang cukup stabil dan langitnya pun cerah sepanjang tahun. Hal ini memberikan kesempatan untuk banyak orang, yang ingin menikmati indahnya cahaya aurora. World of Greenland — Arctic Circle (Wogac), menawarkan sebuah tur untuk melihat cahaya utara yang dimulai dari bulan Oktober sampai bulan April. Untuk bulan Februari sampai April, ada juga ekspedisi yang ditawarkan dengan tarikan anjing menuju ke daerah barat kota Sisimiut.

Anda bisa menginap di hotel Kangerlussuaq di bandara yang cukup nyaman, tetapi harganya lebih mahal. Hotel tersebut juga menawarkan tur yang menuju ke arah puncak es. Jangan sampai menutup tirai yang ada di kamar anda, karena terkadang cahaya aurora bisa terlihat jelas dari jendela kamar.

5. Wilayah Selatan

Antatika menjadi wilayah selatan yang paling baik untuk menikmati aurora, tetapi wilayah itu juga menjadi wilayah yang sulit untuk didatangi. Kecuali orang tertentu yang memang datang ke sana untuk melakukan sebuah penelitian. Perusahaan ekspedisi biasanya baru memulai tur setelah bulan Februari.

Anda juga bisa melihat sedikit cahaya aurora yang terletak di Stewart Island, atau yang dikenal dengan sebutan pulau Rakiura oleh suku Maori. Yang dimana jumlah penghuninya hanya sekitar 400 orang saja. Wilayah ini menawarkan suatu pemandangan yang memukau.

Itulah penjelasan lengkap mengenai fenomena alam aurora yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda. Semoga dapat memberi manfaat.

Baca Juga :