Fungsi Korteks Serebral : Pengertian dan Bagian Keriput Otak Yang Memiliki Peran Penting

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian dan Fungsi Korteks Serebral pada Bagian Keriput Otak Yang Memiliki Peran Penting

Fungsi Korteks – Segala gerak gerik yang dilakukan oleh manusia atau perilaku manusia, dipengaruhi dan diatur oleh otak. Tetapi otak juga tidak bekerja sendirian saja. Ada banyak bagian otak lainnya yang memiliki tanggung jawab dalam menjalankan segala fungsi yang ada di dalam tubuh manusia. Salah satunya adalah korteks selebral.

Apa Yang Dimaksud Dengan Korteks Selebral

Korteks adalah sebuah lapisan yang paling luar yang ada di sebuah jaringan tubuh. Itulah sebabnya semua organ tubuh manusia memiliki korteks, misalnya pada ginjal, kelenjar adrenal, timus, kelenjar getah bening dan juga otak.

Korteks selebral merupakan lapisan yang tipis yang ukurannya 1,5-5 mm yang membungkus otak. Selebral korteks ini tersusun dari tonjolan yang berlipat dan berkerut, yang disebut dengan gyri dan celah yang disebut dengan sulci. Korteks selebral ini juga dilapisi dengan selaput meninges yang tersusun dari ratusan sampai ribuan sel saraf, yang letaknya saling berdempetan. Korteks otak ini sering juga disebut dengan materi abu-abu.

Sebagian besar proses dari informasi sensorik dari lima indera terjadi di korteks selebral tersebut. bagian otak yang ini paling berkembang dari otak manusia, yang bertanggung jawab dalam berpikir, memahami, berbicara, memproduksi dan memahami bahasa, ingatan, perhatian/kewaspadaan, kepedulian, kesadaran, organisasi dan perencanaan, pemecahan masalah, kemampuan sosial, fungsi motorik lanjutan, sampai mengambil keputusan.

Baca Juga :   Sendi : Pengertian, Macam-Macam dan Contohnya Lengkap

Seiring waktu korteks pada manusia akan mengalami pengerutan. Proses ini terjadi karena otak yang terus mengumpulkan dan menyimpan segala jenis informasi, yang didapatkan dari waktu ke waktu. Sehingga semakin banyak jumlah keriput otak anda, akan semakin tinggi juga tingkat kecerdasan anda. Beberapa lipatan itu akan menambah luas permukaan otak, oleh sebab itu hal itu akan meningkatkan jumlah materi abu-abu dan jumlah informasi yang bisa diproses.

Beberapa Bagian Yang Ada Pada Korteks Selebral

Korteks selebral dibagi menjadi empat lobus, yang masing-masing memiliki fungsinya tertentu. Lobus ini meliputi lobus frontal, lobus parietal, lobus temporal, dan lobus oksipital. Berikut penjelasan lengkapnya :

Lobus Frontal

Merupakan bagian terdepan pada otak yang letaknya ada di belakang dahi. Lobus frontal ini memiliki tanggung jawab dalam mengatur segala gerakan, penilaian, pengambilan keputusan, pemecahan masalah, spontanitas dan perencanaan (kontrol impuls), memori, bahasa, hingga dan perilaku sosial dan seksual. Lobus frontal di bagian kanan akan mengatur segala aktivitas tubuh di bagian kiri, sebaliknya lobus frontal bagian kiri akan mengatur segala aktivitas tubuh di bagian kanan.

Lobus Parietal

Adalah tempat yang paling utama dalam memproses informasi sensorik, seperti misalnya rasa, suhu, bau, pendengaran, penglihatan, dan sentuhan. Semakin banyak informasi sensorik yang diperoleh, maka semakin banyak juga gyri dan sulci yang muncul di lobus tersebut. manusia tidak akan pernah merasakan sensasi dari sentuhan, bila bagian lobus parietalnya rusak.

Lobus parietal ini juga memiliki fungsi untuk penalaran spasial atau ruang dan dimensi, dan navigator arah. Yang di dalamnya meliputi beberapa hal yaitu membaca dan memahami peta, mencegah diri dari terbentur atau menabrak suatu obyek, dan koordinasi anggota gerak tanpa rangsangan visual. Misalnya menyuapkan makanan ke mulut tanpa harus melihat ke arah sendoknya.

Baca Juga :   Struktur Virus dan Fungsi Beserta Penjelasannya Lengkap

Lobus Oksipital

Letaknya ada di bagian bawah lobus parietal. Peran lobus ini adalah untuk memahami mata atas apa yang dilihat. Lobus bekerja dengan cepat dalam memproses informasi cepat yang dikirimkan oleh mata, misalnya memahami teks yang ada di dalam buku atau gambar pada sebuah spanduk. Bila bagian lobus oksipital ini rusak ataupun cedera, maka kita tak akan bisa memproses sinyal visual dengan benar. Sehingga bisa membuat gangguan penglihatan terjadi.

Lobus Temporal

Letaknya yaitu di bagian bawah lobus frontal dan parietal. Lobus temporal ini terlibat di dalam persepsi pendengaran dan juga bahasa, untuk mengolah informasi sinyal suara yang berasal dari telinga menjadi ucapan dan kata yang didengar. Lobus ini juga menjadi kunci dalam memproses dan memahami makna dari sebuah ucapan.

Lobus temporal akan membantu manusia dalam mengenali atau membedakan segala jenis suara, dan tinggi rendahnya nada yang berbeda yang dikirimkan oleh reseptor sensorik telinga. Kita tak akan bisa memahami saat seseorang bicara pada kita, bila tidak dibantu oleh lobus temporal. Lobus ini juga memiliki peran untuk memproses ingatan dan emosi. Beberapa struktur pada sistem limbik seperti korteks olfaktori, amigdala, dan hipokampus letaknya ada pada lobus temporal ini.

Itulah uraian lengkap fungsi korteks yang perlu anda ketahui. Semoga dapat dipahami dan menambah wawasan.

Baca Juga :