5 Cara atau Teknik Mewarnai Gambar Pemandangan Dengan Crayon

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Gambar Mewarnai Pemandangan Lengkap

Gambar Pemandangan – Menggambar pemandangan masih menjadi satu hal yang disukai oleh anak-anak. Apalagi bagi mereka yang masih belajar menggambar. Pemandangan alam pedesaan dengan latar gunung serta hamparan sawah, selalu menjadi tema yang menarik dari alam. Yang kemudian dipilih untuk digambar dan diwarnai.

5 Cara atau Teknik Mewarnai Gambar Pemandangan Dengan Crayon

Anda bisa membantu anak-anak untuk menggambar dan mewarnai pemandangan, dengan cara mengarahkan imajinasi mereka. Sehingga mereka akan mampu menggambar dengan rapi dan indah. Salah satu alat mewarnai yang bisa anda gunakan adalah crayon. Tetapi anda memerlukan teknik khusus dalam menggunakan crayon tersebut.

Berikut ini akan kita bahas tentang teknik mewarnai pemandangan menggunakan crayon yang perlu anda ketahui.

5 Teknik Mewarnai Gambar Pemandangan Dengan Crayon

Cara mewarnai pemandangan dengan menggunakan crayon sama dengan mewarnai gambar yang lainnya. Mewarnai pemandangan dengan crayon caranya sama saja dengan mewarnai menggunakan pensil warna, yang beda hanya teksturnya saja. Berikut ini beberapa tekniknya :

1. Mewarnai dengan teknik blocking

Blocking adalah teknik dalam mewarnai yang paling sering digunakan sebagai salah satu cara mewarnai dengan menggunakan crayon. Caranya yaitu dengan memblok bidang gambar dengan suatu warna tertentu, biasanya menggunakan warna primer.

Lakukan dengan cara menyapukan crayon dengan lembut, di suatu bidang gambar supaya hasilnya tampak halus. Pilih juga satu warna primer dengan bidang gambar yang cukup luas dan kemudian lakukan blocking.

2. Meneruskan dengan menggunakan teknik gradasi

Teknik gradasi ini adalah memberi warna yang masih seirama dan juga bertingkat dalam sebuah gambar. Gradasi ini biasanya dilakukan setelah gambar diblock dengan warna primernya. Teknik gradasi juga selalu mendahulukan warna yang lebih gelap, kemudian melakukan transisi ke warna yang lebih muda dan semakin terang. Gradasi akan memberi efek gambar pemandangan, menjadi lebih nyata.

Baca Juga :   50 Nama Alat Musik Tradisional Indonesia Beserta Daerah Asalnya Lengkap

3. Mencampur warna dengan teknik mixing

Teknik mixing atau pencampuran dilakukan untuk menghasilkan warna yang lebih pada sebuah gambar pemandangan. Caranya yaitu dengan menggunakan goresan linier atau garis lurus, atau gores circular dengan melingkar. Goresan linear biasanya digunakan ketika anda memberi warna pada langit, sedangkan goresan circular biasanya digunakan untuk mewarnai pohon.

4. Finishing untuk membuat gambar menjadi lengkap

Teknik ini bisa menjadi teknik yang terakhir dalam mewarnai pemandangan, tetapi bisa juga dilanjutkan dengan teknik berikutnya. Finishing ini dilakukan untuk menghaluskan warna di bagian yang masih belum sempurna, dan dapat menambah aksen untuk melengkapi sebuah gambar. Sehingga hasil akhirnya akan menjadi lebih menarik dan enak dipandang.

5. Menyempurnakan gambar dengan teknik scrabbing

Teknik yang satu ini dianggap sebagai teknik tambahan, scrabbing atau pengerokan crayon pada gambar pemandangan. Anda dapat melakukan teknik ini ketika mewarnai pemandangan, dan alat tersebut biasanya sudah ada di dalam crayon. Teknik ini merupakan penyempurna gambar saat anda mewarnai gambar pemandangan alam.

Gambar Mewarnai Pemandangan

5 Cara atau Teknik Mewarnai Gambar Pemandangan Dengan Crayon

Karya Mewarnai Gambar Pemandangan

5 Cara atau Teknik Mewarnai Gambar Pemandangan Dengan Crayon

Sekian pembahasan mengenai gambar pemandangan dan cara mewarnai gambar tersebut dengan teknik menggunakan crayon. Semoga artikel ini memberi manfaat bagi anda, supaya anda bisa menggambar dan mewarnai dengan hasil yang baik.

Baca Juga :