HRD : Pengertian, Kepanjangan, Fungsi Dan Tugasnya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

HRD : Pengertian, Kepanjangan, Fungsi Dan Tugasnya Lengkap 

HRD Adalah – Kepanjangan dari HRD adalah Human Resource Department, yang dimana artinya adalah bagian dari perusahaan, yang bertanggungjawab dalam mengelola sumber daya manusia atau SDM. Yang ada di perusahaan tersebut, yang dimulai dari perencanaan SDM, rekuitmen, pengembangan, manajemen kinerja, menentukan gaji atau kompensasi, serta menumbuhkan hubungan kerja.

HRD

Pengertian lainnya dari HRD adalah rangkaian kegiatan di dalam organisasi, yang dilakukan dengan cara yang terorganisir serta dalam waktu tertentu dan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu kerja dan juga kemampuan karyawannya.

Dengan kata lain pengertian HRD adalah sebuah unit perusahaan yang menangani segala hal, yang ada di dalam ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer, dan para pekerja lainnya dalam menunjang kegiatan perusahaan ketika mencapai suatu tujuan tertentu.

Fungsi HRD Secara Umum

Bila mengacu pada pengertian HRD yang sebelumnya, maka unit ini mempunyai fungsi dalam menangani segala yang berkaitan dengan sumber daya manusia di dalam perusahaan. Di dalam pelaksanaannya HRD dibagi menjadi dua bagian yaitu fungsi eksternal dan fungsi internal.

Fungsi Internal

Pada umumnya fungsi internal HRD adalah melakukan perencanaan SDM, perekrutan,  orientasi, pengembangan SDM, manajemen kinerja, penentuan gaji/ kompensasi, dan menumbuhkan hubungan kerja.

Pihak HRD tersebut juga memiliki tanggung jawab dalam suatu pengadaan kegiatan pelatihan, pada sumber daya manusia supaya bisa bekerja sesuai dengan harapan perusahaan.

Baca Juga :   Panduan Cara Cepat Menemukan Nomor Telepon di Buku Telepon Terlengkap

Fungsi Eksternal

Fungsi eksternal dari HRD adalah untuk menyediakan konseling di luar perusahaan, kepada para tenaga kerja. Tetapi dalam pelaksanaannya tentu harus memerhatikan tingkat kemauan dan kemampuan dari pihak yang akan mengikuti konseling tersebut.

Tugas Dan Tanggung Jawab HRD

Tugas dan juga tanggung jawab HRD di dalam perusahaan adalah bergantung pada ukuran perusahaan, jumlah SDM, dan hal-hal lain yang dibutuhkan perusahaan tersebut. sesuai dengan pengertian HRD tersebut di atas, ada beberapa tugas serta tanggung jawab HRD sebagai berikut :

Persiapan dan Seleksi

  • Persiapan SDM. Di dalam melakukan persiapan ini pihak HRD harus memerhatikan faktor internal dan eksternal. Di dalam hal ini faktor internal dalam persiapannya, meliputi segala kebutuhan jumlah SDM, struktur organisasi dan lain sebagainya. Dan faktor eksternal dalam persiapannya meliputi hukum ketenagakerjaan, kondisi pangsa tenaga kerja, dan lain-lain.
  • Rekrutmen SDM. Merupakan proses dalam mencari calon karyawan, dalam mengisi kebutuhan SDM di sebuah perusahaan. Dalam proses rekrutmen tersebut, HRD harus melakukan analisis jabatan dan juga menjelaskan deskripsi pekerjaannya dan spesifikasi pekerjaan itu sendiri.
  • Seleksi SDM. Merupakan proses seleksi karyawan yang sudah melamar pekerjaan ke suatu perusahaan, dalam menemukan pegawai yang tepat. Di dalam proses ini pihak HRD juga memerhatikan CV, melakukan interview di awal dan psikotest, melakukan wawancara kerja serta proses yang lainnya.

Pengembangan dan Evaluasi

Pengembangan dan juga evaluasi dari karyawan, sangat penting dilakukan supaya setiap tenaga kerja dapat memberi kontribusi yang maksimal pada perusahaan. Dalam proses ini karyawan juga diberi pembekalan sehingga bisa menguasai bidangnya, dan meningkatkan kinerjanya.

Pemberian Kompensasi dan Proteksi

Kompensasi adalah pemberian gaji atau imbalan pada seorang pegawai, atas kontribusinya pada perusahaan. pemberian kompensasi ini dilakukan dengan cara yang teratur, oleh perusahaan tempat pegawai itu bekerja. Sehingga harus sesuai dengan kondisi pasar tenaga kerja yang berada di lingkungan eksternal, supaya tidak menimbulkan masalah ketenagakerjaan atau kerugian perusahaan.

Baca Juga :   AFTA : Pengertian, Anggota dan Tujuannya Lengkap

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian HRD, fungsi, tugas dan tanggung jawabnya. Semoga artikel ini memberi manfaat dan menambah pengetahuan anda.

Baca Juga :