Hukum Newton 1 2 3 : Pengertian, Bunyi, Rumus dan Contoh Soalnya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian, Bunyi, Rumus dan Contoh Soal Hukum Newton 1 2 3

Hukum Newton 1 2 3 – Hukum Newton adalah tiga jenis hukum fisika yang menjadi dasar mekanika klasik, dengan menggambarkan hubungan antara gaya yang bekerja di suatu benda yang bergerak. Hampir semua rumus di dalam fisika, berhubungan dengan gerak yang dimulai dari jarak atau ketinggian. Sehingga hukum newton penting untuk dipelajari.

Bunyi Hukum Newton III setiap ada gaya aksi selalu ada gaya reaksi yang besarnya sama tetapi arahnya berlawanan Secara matematis.

Hukum Newton merupakan salah satu aturan yang diterapkan di dalam ilmu fisika. Suatu benda yang bergerak tidak dapat dijelaskan dengan logika, tetapi bila menggunakan hukum newton bisa dihitung berapa banyak kecepatan dan jaraknya.

Benda yang jatuh dari atas ke bawah, atau perpindahan benda benda dari suatu titik ke titik yang lainnya bisa diartikan bahwa benda tersebut bergerak atau berpindah tempatnya.

Bunyi Hukum Newton

Hukum Newton 1

Bila resultan gaya yang bekerja pada suatu benda yang sama dengan nol, maka benda yang mula-mula diam tentu akan tetap diam. Benda yang pada awalnya bergerak lurus dan beraturan akan tetap lurus beraturan dengan kecepatan yang tetap.

Rumus Hukum Newton 1

Contoh Hukum Newton 1

  1. Ketika anda menaiki mobil yang gerakannya cepat, lalu direm oleh penumpang maka anda akan terdorong ke depan.
  2. Mobil berjalan dengan keadaan yang pelan, lalu mendadak menginjak gas maka penumpang pun akan condong ke depan.
  3. Bila meletakkan koin di atas kain lalu kain tersebut ditarik dengan cepat, maka koin akan menjadi tetap.
Baca Juga :   Hukum Boyle : Pengertian, Rumus dan Contohnya Lengkap

Hukum Newton 2

Percepatan dari sebuah benda yang sebanding dengan jumlah gayanya atau resultan gaya, yang bekerja pada benda itu dan berbanding terbalik dengan masa yang ada.

Rumus Hukum Newton 2

Contoh Hukum Newton 2

  1. Menarik gerobak dengan cara mengangkut pupuk dari rumah ke lading.
  2. Bila ditarik dengan gaya yang sama dengan mobil masanya yang lebih besar atau ada beban, maka percepatannya menjadi lebih kecil. Sedangkan bila mobil-mobilan yang sama dengan massa yang sama, bila ditarik dengan gaya yang besar maka akan mengalami percepatan yang juga besar.
  3. Menggiring bola dengan di permukaan yang datar.

Hukum Newton 3

Bila suatu benda memberi gaya pada benda yang lainnya maka benda yang dikenai gaya, akan memberi gaya yang besarnya sama dengan gaya yang diterima di benda pertama namun arahnya berlawanan.

Rumus Hukum Newton 3

Rumus hukum newton 3 ada 3 jenis yaitu gaya gesek, berat dan sejenis.

Gaya gesek :

Gaya berat :

Gaya sejenis :

Contoh Hukum Newton 3

  1. Ketika duduk di kursi yang berbusa, maka berat badan akan menekan kursi ke bawah. Sedangkan kursi tersebut akan menekan berat badan menjadi ke atas.
  2. Saat melempar bola ke dinding maka bola akan berbalik dengan kekuatan yang sama.
  3. Bila seseorang menggunakan sepatu roda dan mendorong ke dinding, maka dinding akan mendorong sama besar dengan gaya yang anda keluarkan. Namun arahnya berlawanan, sehingga orang tersebut terdorong menjauhi dinding.

Contoh Soal

Sebuah balok bermassa 5 kg (berat w = 50 N) digantung dengan tali dan diikatkan pada atap. Jika balok diam maka berapakah tegangan talinya?

Jawab:

Gaya-gaya yang bekerja pada balok seperti gambar di bawah ini, karena balok diam, maka berlaku hukum I Newton yaitu sebagai berikut.

Baca Juga :   Metode Ilmiah : Pengertian, Unsur, Karakteristik, Kriteria, Dan Langkah-Langkahnya Lengkap

Jadi, gaya tegangan tali yang bekerja pada balok tersebut adalah 50 Newton.

Demikian pembahasan mengenai hukum newton 1 2 3 yang lengkap. Semoga dapat dipahami dan menambah pengetahuan anda.

Baca Juga :