Kode Warna Resistor – Pengertian Dan Cara Menghitungnya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Kode Warna Resistor Dan Cara Menghitungnya Lengkap

Kode Warna Resistor – Kode warna resistor, nilai resistor atau tahanan biasanya dapat dilihat dari kode warna resistor itu sendiri. Warna itu biasanya berupa gelang/pita. Ada resistor yang mempunyai 4 pita warna, ada juga yang memiliki 5 pita warna dan 6 pita warna.

Kode Warna Resistor

Nilai tahanan resistor ini biasanya dengan menggunakan satuan Ohm. Berdasarkan kemampuan dayanya, resistor mempunyai jenis 1/4 watt, 1/2 watt, 1 watt, 2 watt. Semakin besar nilai wattnya maka akan semakin besar ukuran resistornya. Warna yang ada pada resistor sudah menjadi standar internasional, atau sering disebut dengan istilah EIA ( Electronic Industries Alliance ). Di negara manapun nilai resistornya sama dan tidak berbeda.

Bila anda ingin membeli nilai resistor 22K maka berapa jumlah warnanya? Berikut daftar kode warna yang bisa membantu anda :

KodeKode WarnaNilai
HHitam
CoCoklat1
MeMerah2
OOrange3
KuKuning4
HiHijau5
RuBiru6
ViViolet/Ungu7
AAbu Abu8
TihPutih9
Emas
Perak
Tak Berwarna

 

Menghitung Resistor 4 Pita Warna

Resistor ini hanya mempunyai 4 warna saja, dengan warna depan sebagai digit yang pertama. Dan warna kedua sebagai digit yang kedua. Warna yang ketiga adalah toleransi.

Kode Warna Resistor

Di bawah tabel terdapat contoh 1K, yang warnanya antara lain coklat, hitam, merah, kemudian emas. Dari mana kita mendapat nilai resistor dan warnanya?

  1. Gelang pertama adalah digit pertama dari nilai tahanan
  2. Gelang kedua adalah digit kedua, sementara
  3. Gelang ketiga adalah perpangkatan sepuluh
  4. Gelang keempat adalah nilai toleransi dari tahanan
  5. Contoh berapakah nilai tahanan dari warna berikut
Baca Juga :   Bunyi Hukum Archimedes dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari Hari Terlengkap

Merah, Merah, orange, emas?

Coklat, Hitam, Kuning, Emas?

mari kita jawab satu satu,

Merah = 2, Merah = 2, orange = 3, emas toleransi 5%, jadi nya adalah, 22 x 10³ = 22.000ohm ± 5% atau bisa disederhanakan menjadi 22k ± 5%

Coklat = 1, Hitam = 0, Kuning = 4, Emas toleransi 5%, jadi nya adalah, 10 x 10(pangkat)4 = 100.000 ± 5% atau bisa di singkat menjadi 100k ± 5%

Menghitung Resistor 5 Pita Warna

Dalam menghitung resistor 5 warna tak jauh berbeda dengan resistor 4 warna, bedanya hanya bertambah digit ke 4 dan bila di 4 warna hanya ada 22k, 2k2, 47m dan lain lain. Sedangkan untuk 5 warna lebih presisi lagi contohnya 222k, 472k, dan lain lain.

Kode Warna Resistor

Berapakah nilai tahanan dari warna berikut:

Violet/Ungu, Abu Abu, Merah, Merah, Coklat?

Merah, Coklat, Violet/Orang, Hijau, Emas?

Jawabanya adalah sebagai berikut,

Violet = 7, Abu-abu = 8, Merah = 2, Merah = 2, Coklat = Toleransi 1%, Jadi nilai tahananya adalah 782 x 10(pangkat 2) ± 1% = 78.200 ±1% = atau lebih singkat nya 78k2 ± 1% ohm, atau sering juga disebut 78.2k Ohm.

Merah = 2, Coklat = 1, Violet = 7, Hijau = 5, Emas = 5%, Jadi nilai tahanannya adalah 217 x 10 (pangkat 5) = 21.700.000 ± 5% = 21M7 ± 5% Ohm

Menghitung Resistor 6 Pita Warna

Menghitung resistor caranya sama dengan menghitung nilai tahanan pada 5 warna, bedanya hanya pada toleransi suhu di warna ke-6. Caranya sama dengan cara menghitung pada 5 warna.

Kode Warna Resistor

Sekian pembahasan mengenai kode warna resistor dan cara menghitungnya lengkap. Semoga dapat dipahami dan memudahkan anda ketika menyelesaikan soal kode warna yang lainnya.

Baca Juga :

Baca Juga :   Planet dalam Tata Surya - Pengertian, Ciri-Ciri dan Karakteristiknya Lengkap