Modem : Pengertian, Fungsi, Macam, Jenis Dan Tipenya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Modem : Pengertian, Fungsi, Macam, Jenis Dan Tipenya Lengkap

Pengertian Modem – Dengan semakin berkembang dan majunya zaman, maka teknologi pun semakin lengkap dan canggih khususnya teknologi internet. Bahkan internet sudah memiliki jaringan yang luas, sampai ke pelosok di Indonesia.

Dengan semakin meluasnya internet tersebut, maka alat penyedia internet pun mulai bermunculan. Alat penyedia ini dinamakan modem. Modem biasa digunakan untuk mengakses internet. Dengan adanya modem, maka kebutuhan dalam mengakses internet pun akan menjadi semakin mudah, dan sangat terpengaruh baik dalam membuat kinerja yang berkaitan dengan internet.

Pengertian Modem

Modem adalah singkatan dari Modulator Demodulator, yang dimana kedua kata tersebut mempunyai arti yaitu sebuah bagian yang fungsinya adalah untuk merubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang siap dikiri. Sementara pengertian dari demodulator ini adalah bagian untuk memisahkan antara sinyal informasi dari sinyal pembawa, yang diterima dengan baik. Jadi pengertian dari modem ini adalah alat komunikasi dua arah.

Macam Dan Jenis Modem

Modem Eksternal

Modem eksternal merupakan sebuah alat yang digunakan untuk komputer, agar bisa mengakses internet yang dimana data dari komputer berbentuk sinyal digital yang kemudian diubah menjadi sinyal analog. Sehingga apabila modem menerima data yang berupa sinyal analog maka sinyal tersebut akan diubah menjadi sinyal digital, setelah itu diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog bisa dikirimkan dengan menggunakan media telekomunikasi, seperti misalnya radio dan telepon.

Baca Juga :   Pengertian HTML Dan Fungsinya

Modem Internal

Apabila data sudah tiba pada modem yang dituju, setelah itu sinyal analog akan diubah kembali menjadi sinyal digital lalu dikirimkan oleh komputer.

Modem ISDN

Asal modem ISDN adalah dari singkatan kata  Integrated Services Digital Network, yang merupakan sebuah sistem telekomunikasi yang ada di dalam layanan yang berupa data, suara, ataupun gambar yang kemudian diintegrasikan ke dalam suatu jaringan. Yang dimana jaringan itu akan menyediakan konektivitas digital dari ujung ke ujung, untuk menunjang ruang lingkup pelayanan yang lebih luas.

Modem GSM

Adalah jenis modem yang menggunakan telepon selular yang menjadi media sistem data, untuk kebutuhan transfer data. Modem GSM ini biasanya didukung dengan menggunakan kartu koneksi, yang mendukung provider yang memiliki sifat GSM.

Modem Analog

Sama dengan namanya fungsi dari modem ini adalah untuk membentuk sinyal analog, yang diubah menjadi sinyal digital.

Modem ASDL

Berasal dari singkatan Asymetric Digital Subscribe Line, yang merupakan alat untuk mengakses internet dan juga menggunakan telepon analog dengan bersamaan. Yang dimana cara menggunakannya yaitu dibantu dengan menggunakan alat penghubung yang dinamakan Splitter. Yang fungsinya adalah untuk menghilangkan gangguan, sehingga hasilnya bisa berjalan dengan cara bersamaan. Yaitu bisa menggunakan internet dan bisa juga menggunakan telepon biasa. Namun tidak akan bertabrakan.

Modem Kabel

Modem kabel adalah jenis modem yang digunakan untuk menerima data dengan langsung, dari sebuah penyedia layanan melalui TV kabel.

Wireless Modem

Wireless atau nirkabel adalah sebuah teknologi yang menghubungkan dua piranti untuk bertukar data, tanpa menggunakan media kabel. Cara kerjanya adalah data ditukarkan melalui media gelombang cahaya tertentu, misalnya teknologi inframerah yang ada pada remote TV. Atau gelombang radio seperti misalnya bluetooth yang terdapat pada komputer atau ponsel dengan frekuensi tertentu.

Baca Juga :   Jaringan Komputer : Pengertian, Sejarah Singkat, Manfaat Dan Jenisnya Lengkap

Modem CDMA

Adalah jenis modem yang menggunakan frekuensi CDMA 800 MHz atau CDMA 1x. modem CDMA yang  terbaru saat ini telah menggunakan frekuensi  EVDO Rev-A atau setara dengan 3G. yang paling terbaru dan yang sedang berkembang adalah modem CDMA, dengan frekuensi EVDO Rev-B.

Fungsi Modem

Pada umumnya fungsi dari modem ini adalah hardware atau perangkat keras, yang kegunaannya adalah merubah komunikasi dua arah yaitu dengan menggunakan sinyal digital menjadi sinyal analog dan juga sebaliknya. Fungsi lainnya dari modem adalah :

  • Alat pengubah sinyal digital menjadi sinyal analog
  • Menghubungkan perangkat dalam jaringan
  • Melakukan kegiatan modulasi dan demodulasi
  • Melakukan pemeriksaan paket data dan komunikasi
  • Melakukan kompres data yang dikirimkan melalui sinyal

Demikian pembahasan mengenai pengertian modem, jenis dan fungsinya secara lengkap. Semoga bisa bermanfaat.

Baca Juga :