Pengertian Artikel : Ciri, Jenis, Tujuan Dan Manfaat Artikel Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian Artikel : Ciri, Jenis, Tujuan Dan Manfaat Artikel Lengkap

Pengertian Artikel – Yang dimaksud dengan artikel adalah karya tulis dengan jumlah atau panjang tertentu, yang isinya gagasan atau fakta yang bisa membujuk, meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembacanya, serta dipublikasikan ke suatu media (buletin, majalah, koran, website, media sosial, dan lainnya).

Pengertian Artikel

Pengertian lainnya dari artikel adalah karangan yang berupa esai, yang isinya adalah menyampaikan beberapa ide atau fakta dengan cara yang objektif, yang dimana tujuannya adalah untuk meyakinkan, membujuk, dan menghibur pembacanya.

Isi yang disampaikan dari suatu artikel bisa beragam, dan bergantung pada topik yang sedang dibahas. Beberapa contoh dari isi artikel yang sering dipublikasikan melalui berbagai media adalah :

  • Informasi sejarah
  • Hasil penelitian
  • Argumentasi tentang isu tertentu
  • Petualangan seseorang
  • Tutorial atau bimbingan yang mengajarkan sesuatu pada orang lain

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

  1. Pengertian artikel menurut Rillan E. Wolseley adalah karangan yang tertulis, yang panjangnya tidak bisa ditentukan, yang dimana tujuannya adalah untuk menyampaikan suatu gagasan atau fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik ataupun menghibur.
  2. Pengertian artikel menurut Sumandiria adalah suatu karya tulis lepas yang isinya berupa opini mengenai masalah, yang sifatnya aktual dan biasanya bersifat kontroversial. Yang tujuannya adalah menghibur, memberitahu, mempengaruhi, dan meyakinkan para pembacanya.
  3. Pengertian artikel menurut Al – ‘Aqli adalah sebuah karya tulis yang dibuat oleh setiap disiplin ilmu, dan masing-masing pembahasan dikaji dan diselesaikan dengan tuntas, jelas dan lugas. Sehingga pembaca bisa mengambil inti sarinya.
  4. Pengertian artikel menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah karya tulis yang dibuat dengan lengkap, seperti misalnya esai pada sebuah majalah atau laporan surat kabar dan sebagainya.
  5. Pengertian artikel menurut Cambridge Dictionary sebuah tulisan yang membahas suatu objek tertentu, yang dipublis di berbagai media seperti koran, majalah, atau di internet.
Baca Juga :   Teks Upacara : Contoh Susunan Upacara Bendera Hari Senin Di Sekolah Lengkap

Ciri-Ciri Artikel

Sebuah artikel juga bisa dikenali dari karakteristiknya. Berikut ciri-ciri dari sebuah artikel :

  1. Artikel dibuat dengan ringkas, padat, jelas dan juga tuntas.
  2. Isi yang disampaikan dari sebuah artikel berdasar pada fakta, bukan fiksi, atau mitos yang kebenarannya belum dapat dipastikan.
  3. Sifatnya informatif dan faktual, dengan mengungkapkan informasi yang berdasar pada suatu penelitian dan bisa dipertanggungjawabkan.
  4. Artikel juga dapat mengandung sebuah opini serta analisis, tetapi tetap harus berdasar pada teori dan data yang valid.
  5. Penulisannya menggunakan bahasa yang baku, dan menggunakan kalimat yang lugas, logis, denotatif, dan efektif.
  6. Metode penulisannya dibuat dengan cara yang sistematis, agar pembaca bisa memahami isinya dengan lebih mudah.

Jenis Artikel

Pada umumnya ada lima jenis artikel, yang sering kali kita baca di kehidupan sehari-hari. Berikut jenis-jenisnya :

Narasi

Artikel narasi adalah jenis artikel yang isinya menceritakan tentang suatu rangkaian peristiwa, dengan cara yang sistematis yaitu awal, tengah dan akhir. Di dalam narasi tersebut terdapat tokoh, konflik, dan penyelesaian masalah. Contoh narasi diantaranya yaitu biografi, autobiografi, kisah pengalaman.

Deskripsi

Merupakan artikel yang berupa karangan yang menggambarkan suatu hal tertentu kepada pembacanya, sehingga si pembaca seolah-olah bisa merasakannya, melihat dan mendengar isi dari deskripsinya.

Eksposisi

Jenis artikel yang isinya menjelaskan atau memberi informasi tentang suatu topik, supaya menambah pengetahuan para pembacanya. Biasanya artikel eksposisi ini dilengkapi dengan gambar, grafik, dan informasi pendukung lainnya.

Argumentasi

Merupakan jenis karangan yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran dari sebuah pendapat, dengan cara menyajikan suatu fakta atau data sebagai alasan. Di dalam artikel argumentasi biasanya terdapat unsur opini serta data, dan juga fakta yang mendukung opini tersebut.

Baca Juga :   Contoh Teks Negosiasi : Pengertian, Ciri, Tujuan, Tahap dan Strukturnya Lengkap

Persuasi

Adalah artikel yang isinya memiliki tujuan untuk memengaruhi pembaca, agar ia bersedia melakukan sesuatu yang dianjurkan oleh si penulis dalam karangannya. Artikel ini biasanya dibuat untuk kebutuhan kampanye, contohnya kampanye anti narkoba yang isinya menjelaskan tentang bahaya dari narkoba.

Tujuan Dan Manfaat Artikel

Pembuatan serta publikasi dari suatu artikel tentu memiliki tujuan dan manfaat tertentu. Berikut ini tujuan dan manfaatnya :

    1. Sebagai sarana yang tepat untuk menyampaikan gagasan si penulis pada setiap masyarakat.
    2. Sebagai sarana publikasi dari hasil pemikiran secara ilmiah dengan melalui jurnal ilmiah.
    3. Untuk membantu penulis dalam berpikir secara sistematis dan melatih penggunaan bahasa dengan cara yang baik dan teratur.
    4. Untuk membantu penulis dalam memahami tujuan dari menulis sehingga diharapkan hasilnya memiliki kompetensi dalam menulis artikel tersebut.
    5. Sebuah cara untuk menjelaskan atau membahas masalah yang sesuai dengan bidang ilmu tertentu.
    6. Untuk memberi dampak akademis kepada penulis artikel itu sendiri.

Sekian pembahasan lengkap mengenai pengertian artikel, yang disertai dengan jenis, ciri, serta tujuan dan manfaatnya. Semoga dapat menambah wawasan anda mengenai artikel, serta memberi manfaat.

Baca Juga :