Pengertian Atlas Berdasarkan Wilayah : Tujuan dan Isinya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian Atlas Berdasarkan Wilayah, Tujuan dan Isi

PENGERTIAN ATLAS – Atlas adalah nama dewa orang Yunani. Dewa ini memegang bumi di atas pundaknya. Selanjutnya nama atlas digunakan untuk memberi nama kumpulan peta-peta yang dirancang untuk disimpan dalam bentuk jilid (buku) atau dalam keadaan lepas-lepas, tetapi dikumpulkan menjadi satu.
Atlas dapat dibedakan berdasarkan wilayah, tujuan, dan isinya.

PENGERTIAN ATLAS

Atlas berdasarkan wilayah

  • Atlas alam semesta : yaitu atlas yang menyajikan gambaran letak dan gerakan dan planet. Misalnya, gambaran peredaran bumi mengelilingi matahari, posisi bulan, gerhana bulan, dan sebagainya.
  • Atlas dunia : yaitu atlas yang menyajikan gambaran informasi fisik dan hasil-hasilnya dan berbagai negara. Atlas ini juga memberikan gambaran kemajuan pembangunan berbagai negara.
  • Atlas nasional : yaitu atlas yang menampilkan perpaduan kondisi geografi fisik dan hasil-hasilnya yang mencirikan suatu negara.
  • Atlas regional : yaitu atlas yang menyajikan gambaran mengenai aspek geografi dan suatu provinsi.
  • Atlas kota : yaitu atlas yang menyajikan informasi tentang kondisi geografis suatu kota.

Atlas berdasarkan tujuan

  • Atlas referensi : yaitu atlas yang dibuat untuk kepentingan referensi. Atlas ini didesain untuk membantu pengguna dalam menentukan kenampakan-kenampakan geografis atau untuk kepentingan politik (batas negara) dan juga untuk kepentingan perjalanan serta untuk perencanaan wilayah.
  • Atlas wisata : yaitu atlas yang menunjukkan tempat dan jenis wisata yang ada dalam suatu negara.
  • Atlas pendidikan : yaitu atlas yang didesain untuk keperluan pendidikan. Atlas mi menyajikan informasi tentang persebaran fenomena geografi fisik, seperti relief, iklim, fauna, dan juga memberikan informasi tentang hasil bumi, kepadatan penduduk, persebaran daerah industri, dan sebagainya.
Baca Juga :   Badan Usaha Menurut Para Ahli : Pengertian, Jenis dan Fungsinya Lengkap

Atlas Berdasarkan isi

  • Atlas umum, : yaitu atlas yang memberikan informasi geografi secara umum. Misalnya, atlas pelajar atau atlas dunia.
  • Atlas tematik : yaitu atlas yang memberikan informasi tentang satu fenomena tertentu. Misalnya, atlas wisata.

Untuk mencari informasi geografi dalam atlas, dapat digunakan komponen atlas yang terdiri atas daftar isi, keterangan, dan indeks.

Daftar isi

Daftar isi memuat judul-judul peta dengan disertai halamannya. Daftar isi akan memudahkan pengguna dalam memilih peta yang diinginkan.

Keterangan

Atlas dapat memuat berbagai jenis peta baik yang berupa peta tematik maupun peta umum. Keterangan dalam atlas yang dimaksud adalah isi dan atlas tersebut.

Indeks

Pada bagian belakang dan atlas terdapat indeks yang berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam mencari letak suatu tempat atau objek. Misalnya, mencari letak Kota Sidoarjo. Dalam indeks tertulis Sidoarjo 37 E.2.
Artinya letak Kota Sidoaijo pada atlas, yaitu halaman 37 kolom E (garis antarbujur) dan baris 2 (garis antarlintang).

Baca Juga :