Belajar : Pengertian, Tujuan, Ciri, Dan Jenisnya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian Belajar : Tujuan, Ciri, Dan Jenisnya Lengkap

Pengertian Belajar – Yang dimaksud dengan belajar adalah proses atau upaya yang dilakukan oleh setiap individu untuk mendapat perubahan tingkah laku, baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai positif yang menjadi pengalaman di berbagai materi yang sudah dipelajari.

Pengertian Belajar

Pengertian belajar lainnya adalah segala aktivitas psikis yang dilakukan setiap individu, sehingga tingkah lakunya berbeda diantara sebelum dan juga sesudah belajar. Perubahan tingkah laku atau tanggapan, karena adanya pengalaman yang baru, mempunyai kepandaian atau ilmu sesudah belajar dan aktivitas dalam berlatih.

Arti dari belajar adalah proses perubahan kepribadian seseorang, yang dimana perubahan itu berbentuk peningkatan kualitas perilaku seperti misalnya peningkatan pengetahuan, keterampilan, daya pikir, pemahaman, sikap, dan berbagai kemampuan lainnya.

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

  1. Menurut M. Sobry Sutikno belajar adalah proses usaha yang dilakukan oleh seseorang, dalam mendapatkan suatu perubahan yang baru sebagai hasil dari pengalamannya sendiri misalnya dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Yang dalam hal ini, perubahan merupakan sesuatu yang dilakukan dengan sadar atau disengaja, dan tujuannya adalah untuk mendapatkan suatu yang lebih baik dari sebelumnya.
  2. Menurut Thursan Hakim belajar adalah proses perubahan dalam kepribadian manusia, yang ditunjukkan dalam bentuk peningkatan kuantitas dan kualitas tingkah laku seperti misalnya peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya fikir, dan kemampuan lainnya.
  3. Menurut Skinner belajar adalah proses dalam adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlaku dengan cara progresif.
  4. Menurut C. T. Morgan belajar adalah perubahan yang relatif dalam menetapkan tingkah laku sebagai akibat atau hasil dari pengalaman yang telah berlalu.
  5. Menurut Hilgard & Bower belajar adalah perubahan tingkah laku pada seseorang pada sebuah situasi tertentu, yang disebabkan oleh pengalaman yang berulang dalam sebuah situasi tersebut.
Baca Juga :   Pengelolaan Badan Usaha : Pengertian, Tujuan dan Fungsinya Lengkap

Tujuan Belajar Secara Umum

Menurut Sadirman (2011: 26-28) pada umumnya ada tiga tujuan dari belajar diantaranya yaitu :

1. Untuk mendapatkan pengetahuan

Hasil dari kegiatan belajar bisa ditandai dengan meningkatnya kemampuan dalam berpikir seseorang. Sehingga selain mempunyai pengetahuan yang baru, proses belajar juga akan membuat kemampuan berpikir pada seseorang agar menjadi lebih baik.

Dalam hal ini pengetahuan akan meningkatkan kemampuan berpikir pada seseorang, sebaliknya kemampuan berpikir dari seseorang akan berkembang melalui ilmu pengetahuan yang dipelajari. Kemampuan berpikir dan juga pengetahuan adalah hal yang tidak bisa dipisahkan.

2. Menanamkan konsep dan keterampilan

Keterampilan yang dimiliki oleh individu yaitu melalui proses belajar. Penanaman konsep juga membutuhkan keterampilan baik keterampilan jasmani maupun rohani. Keterampilan jasmani adalah kemampuan individu dalam penampilan dan juga gerakan yang bisa diamati. Keterampilan ini berkaitan dengan hal teknis atau pengulangan.

Sedangkan keterampilan rohani lebih kompleks karena sifatnya abstrak. Keterampilan ini berkaitan dengan penghayatan, cara berpikir, dan kreativitas dalam menyelesaikan masalah atau membuat suatu konsep.

3. Membentuk sikap

Kegiatan belajar bisa membentuk sikap pada seseorang. Dalam hal ini pembentukan sikap mental pada peserta didik akan berhubungan dengan penanaman nilai sehingga menumbuhkan kesadaran di dalam diri.

Di dalam proses menumbuhkan mental, perilaku, dan pribadi anak didik, seorang guru harus melakukan pendekatan yang bijak dan hati-hati. Guru juga harus menjadi contoh bagi anak didiknya dan mempunyai kecakapan dalam motivasi serta mengarahkan dalam berpikir.

Ciri-Ciri Belajar

Proses belajar juga bisa dikenali melalui beberapa karakteristiknya. Dengan mengacu pada definisi belajar, berikut ini ciri-ciri belajar :

  1. Adanya perubahan tingkah laku yang kognitif, afektif, psikomotor, dan campuran baik yang bisa diamati ataupun yang tidak bisa diamati secara langsung.
  2. Perubahan tingkah laku hasil belajar secara umum akan menetap atau permanen.
  3. Pada umumnya proses belajar memerlukan waktu yang tidak sebentar, yang dimana hasilnya adalah tingkah laku individu.
  4. Beberapa perubahan tingkah laku yang tidak termasuk dalam belajar adalah karena adanya hipnosa, proses pertumbuhan, kematangan, hal gaib, mukjizat, penyakit, kerusakan fisik.
  5. Proses belajar juga bisa terjadi dalam interaksi sosial di lingkungan masyarakat dimana tingkah laku seseorang bisa berubah karena lingkungannya.
Baca Juga :   Ciri-Ciri Belajar Dan Hasil Belajar Menurut Para Ahli Lengkap

Menurut Slameto ciri-ciri dari perubahan tingkah laku sebagai hasil proses belajar adalah :

  1. Perubahan yang terjadi secara sadar.
  2. Sifatnya menerap atau kontinu dan juga fungsional.
  3. Bersifat positif dan aktif.
  4. Memiliki tujuan dan terarah.
  5. Meliputi segala aspek tingkah laku individu.

Kesimpulannya ciri-ciri dari belajar adalah terdapat perubahan yang terjadi dengan sadar, yang dimana tingkah laku seseorang bisa menjadi lebih baik dan sifatnya dapat menetap sebagai hasil dari latihan dan juga pengalaman.

Jenis-Jenis Belajar

Ada sekitar delapan yang dilakukan oleh manusia, diantaranya yaitu :

  1. Belajar Rasional. Merupakan proses belajar dalam menggunakan kemampuan berpikir yang sesuai dengan akal sehat yang logis dan juga rasional dalam memecahkan suatu masalah.
  2. Belajar Abstrak. Adalah proses belajar yang menggunakan beragam cara berpikir yang abstrak, dalam memecahkan suatu masalah yang tak nyata.
  3. Belajar Keterampilan. Adalah proses belajar dalam menggunakan kemampuan gerak motorik, dengan otot dan juga urat syaraf untuk menguasai keterampilan jasmaniah tertentu.
  4. Belajar Sosial. Adalah proses belajar dalam memahami berbagai masalah serta cara menyelesaikan masalah tersebut. contohnya masalah dalam  keluarga, persahabatan, organisasi, dan lainnya yang berhubungan dengan masyarakat.
  5. Belajar Kebiasaan. Yaitu proses pembentukan atau perbaikan kebiasaan ke arah yang lebih baik lagi, supaya individu mempunyai sikap dan juga kebiasaan yang lebih positif yang sesuai dengan kebutuhan atau kontekstual.
  6. Belajar Memecahkan Masalah. Adalah berpikir dengan sistematis, teratur, dan juga teliti dalam menggunakan beragam metode ilmiah ketika memecahkan suatu masalah.
  7. Belajar Apresiasi. Adalah belajar kemampuan dalam mempertimbangkan arti atau nilai pada suatu objek sehingga individu bisa menghargai berbagai objek tertentu.
  8. Belajar Pengetahuan. Adalah proses belajar dalam beragam pengetahuan baru yang terencana dalam menguasai materi pelajaran dengan melalui kegiatan eksperimen dan juga investigasi.
Baca Juga :   Sejarah Kerajaan Samudera Pasai dan Raja Kerajaannya Lengkap

Demikian pembahasan lengkap tentang pengertian belajar, disertai dengan jenis, ciri, dan tujuannya. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda dan memberi manfaat bagi anda semua.

Baca Juga :