28 Pengertian Ergonomi Beserta Definisnya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian dan Definisi Ergonomi

Ergonomi Adalah – Singkatnya ergonomi adalah suatu ilmu kerja. Ada beberapa pengertian dan definisi dari ergonomi, atau disebut juga dengan ergonomika. Diantaranya yaitu sebagai berikut :

  1. Ergonomi adalah sebuah suatu istilah yang berasal dari bahasa Yunani. Ergonomi ini terdiri dari dua buah suku kata. Yang ergon yang artinya kerja, dengan nomos yang artinya hukum. Atau bisa juga aturan. Pengertian ergonomi dilihat dari dua suku kata tersebut adalah suatu hukum atau aturan kerja, atau segala sesuatu yang berhubungan dengan bekerja.
  2. Ergonomi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan beberapa elemen lainnya, di dalam suatu sistem dan pekerjaan yang mengaplikasikan sebuah teori, prinsip, data dan metode untuk merancang suatu sistem yang optimal. Yang bisa dilihat dari sisi manusia dan juga kinerjanya. Ergonomi ini memberikan sumbangan untuk sebuah rancangan dan evaluasi tugas, pekerjaan, produk, lingkungan dan sistem kerja, agar dapat digunakan secara harmonis sesuai dengan kebutuhan, kempuan dan keterbatasan manusia (International Ergonomics Association / IEA, 2002).
  3. Definisi dari ergonomi adalah bisa dilakukan dengan cara menjabarkannya secara fokus, tujuan, dan pendekatannya tentang ergonomi. Yang dimana memiliki penjelasan sebagai berikut : ergonomi memfokuskan diri pada manusia, dan juga interaksinya. Dengan beberapa hal seperti produk, peralatan, fasilitas, prosedur dan lingkungan dimana sehari-hari manusia hidup dan bekerja. Dilihat dari tujuannya, maka ergonomi memiliki dua macam tujuan. Yaitu untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta, dan juga untuk meningkatkan beberapa nilai kemanusiaan, contohnya peningkatan keselamatan kerja, pengurangan rasa lelah dan sebagainya. Dilihat dari pendekatannya ergonomi ini adalah sebuah aplikasi informasi, tentang beberapa keterbatasan pada manusia, kemampuan, karakteristik tingkah laku dan motivasi untuk merancang prosedur dan lingkungan tempat aktivitas manusia tersebut sehari-hari.
  4. Ergonomi adalah sebuah ilmu dalam menggali dan mengaplikasikan beberapa informasi tentang perilaku manusia, kemampuan, keterbatasan dan karakteristik manusia lainnya untuk merancang peralatan, mesin, sistem, pekerjaan dan lingkungan untuk meningkatkan produktivitas, keselamatan, kenyamanan dan efektifitas pekerjaan manusia (Chapanis, 1985).
  5. Ergonomi adalah disiplin keilmuan yang mempelajari manusia yang berhubungan dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Sasaran penelitian ergonomi adalah ketika manusia sedang bekerja di lingkungannya. Singkatnya ergonomi ini adalah penyesuaian tugas dan pekerjaan, dengan kondisi tubuh manusia. Untuk menurunkan stress yang akan dihadapi manusia itu sendiri. Dengan beberapa upaya seperti menyesuaikan ukuran tempat kerja dengan dimensi tubuh, supaya tidak melelahkan. Dan juga mengatur pengaturan suhu, cahaya dan kelembapannya. Tujuannya yaitu agar sesuai dengan kebutuhan dari setiap manusia. (Departemen Kesehatan RI, 2007).
  6. Ergonomi adalah suatu cabang ilmu terapan, yang akan menjelaskan interaksi antar manusia dengan tempatnya bekerja. Ergonomi akan memeriksa kemampuan fisik setiap pekerjanya, lingkungan tempat kerja, serta tugas yang dilengkapi dan diaplikasikan pada informasi tersebut. dengan desain model alat, perlengkapan, metode-metode kerja yang dibutuhkan tugas menyeluruh dengan aman. (Etchison, 2007).
  7. International Labour Organization atau ILO mendefinisikan ergonomi sebagai suatu penerapan ilmu biologi manusia, yang sejalan dengan ilmu rekayasa untuk mencapai penyesuaian bersama diantara pekerjaan dan manusia yang secara optimum memiliki tujuan yaitu supaya bermanfaat demi efisiensi dan juga kesejahteraan.
  8. Ergonomi merupakan ilmu yang menemukan dan memberi informasi mengenai tingkah laku manusia, kemampuan, keterbatasan, dan karakteristik manusia untuk perancangan mesin, peralatan, sistem kerja, dan lingkungan yang produktif, aman, nyaman dan efektif bagi manusia. Ergonomi juga merupakan cabang ilmu yang memiliki sifat sistematis, dalam memanfaatkan informasi tentang sifat, dan kemampuan manusia yang terbatas. Dalam merancang suatu sistem kerja yang baik, supaya tujuan bisa dicapai dengan lebih efektif, aman dan juga nyaman. (Sutalaksana, 1979).
  9. Ergonomi adalah sebuah studi tentang interaksi diantara manusia, dengan objeka atau peralatan yang digunakan di lingkungan tempat mereka berada. Definisi lainnya dari ergonomi adalah sebagai suatu rancangan yang digunakan oleh manusia. (Pulat, 1992).
  10. Ergonomi menurut Kohar Sulistiadi dan Sri Lisa Susanti (2003) adalah ilmu dari ergonomi itu adalah, manusia itu sendiri yang dalam pengertiannya ada di dalam kaca mata ergonomi. Serta sebuah sistem kerja yang terdiri atas mesin, peralatan, lingkungan dan bahan yang disesuaikan dengan sifat dan kemampuan manusia yang terbatas. Namun bukan manusia yang harus menyesuaikan diri dengan mesin, alat, lingkungan dan bahannya.
  11. Pengertian lain dari ilmu ergonomi adalah beberapa hal yang mencakup : A) Lingkungan kerja yang meliputi beberapa hal seperti kebersihan, tata letak, suhu, pencahayaan, sirkulasi udara, desain peralatan dan lainnya. B) persayaratan secara fisik dan psikologis atau mental pekerja, dalam melakukan beberapa macam pekerjaan seperti pendidikan, postur badan, pengalaman kerja, umur dan lainnya. C) beberapa bahan atau peralatan kerja yang memiliki resiko dapat menimbulkan kecelakaan kerja seperti misalnya pisau, palu, barang pecah belah, zat kimia dan lainnya. D) interaksi yang terjadi diantara pekerja dengan peralatan dalam bekerja seperti kenyamanan kerja, kesehatan dan keselamatan kerja, kesesuaian ukuran alat kerja dengan pekerja, standar operasional prosedur dan lainnya.
  12. Ergonomi adalah suatu pemanfaatan dalam informasi kemampuan, kebolehan dan batasan manusia untuk mendisain alat, mesin, sistem, tugas dan lingkungan demi berfungsinya manusia secara efektif, aman, nyaman dan produktif.
  13. Ergonomi merupakan suatu cabang ilmu yang memanfaatkan beberapa informasi tentang sifat, kemampuan dan keterbatasan manusia dalam rangka membuat sistem kerja yang unggul. Yaitu kerja yang aman sehingga selalu sehat dan mendapat hasil yang optimal.
  14. Ergonomi adalah cabang ilmu yang memanfaatkan beberapa informasi tentang sifat, kemampuan dan keterbatasan manusia dalam rangka membuat sistem kerja yang ENASE (Efektif, Nyaman, Aman, Sehat, dan Efisien).
  15. Ergonomi juga merupakan ilmu seni dan penerapan teknologi yang dapat menyelaraskan segala macam fasilitas yang digunakan, saat sedang beraktivitas dalam bekerja dengan kemampuan dan keterbatasan manusia. Baik secara fisik maupun non fisik, untuk kualitas hidup yang secara keseluruhan lebih baik. Sehingga ergonomi memiliki prinsip yaitu fit the job to the man.
  16. Ergonomi merupakan suatu kajian yang membahas tentang hubungan diantara manusia dan pekerjaannya, yang dilakukan dengan suatu aturan kerja.
  17. Ergonomi adalah sebuah ilmu yang mempelajari manusia, yang berrkaitan dengan pekerjaan yang mereka lakukan.
  18. Ergonomi merupakan suatu ilmu yang peduli, pada keserasian manusia dan juga pekerjaannya.
  19. Ergonomi adalah ilmu yang mempelajari setiap manusia dalam bekerja.
  20. Ergonomi yaitu fitrah manusia dalam bekerja.
  21. Ergonomi yaitu pemanfaatan informasi dalam hal kemampuan, kebolehan dan batasan manusia untuk mendisain alat, mesin, sistem, tugas dan lingkungan demi berfungsinya manusia secara efektif, aman, nyaman dan produktif.
  22. Ergonomi merupakan suatu ilmu yang membahas rancangan sistem kerja, supaya sesuai dengan kapasitas, batasan, atau kebutuhan manusia.
  23. Ergonomi adalah suatu kaidah yang mempelajari tentang manusia, yang menjadi komponen dalam sebuah sistem kerja yang mencakup karakteristik fisik maupun nirfisik, keterbatasan manusia, dan kemampuannya dalam rangka merancang suatu sistem yang efektif, aman, sehat, nyaman, dan efisien.
  24. Ergonomi adalah working according to nature‘ , atau artinya adalah bekerja berdasarkan pada kondisi yang alami dan bulan melakukan pekerjaan yang sulit untuk tubuh.
  25. Ergonomi ialah penyesuaian tugas dan pekerjaan yang sesuai dengan kapasitas masing-masing manusia.
  26. Ergonomi merupakan studi tentang beberapa aspek manusia di dalam lingkungan kerjanya, yang ditinjau dari segi anatomi, fisiologi, psikologi, engineering, manajemen dan perancangan/desain.
  27. Ergonomi ialah ilmu yang secara khusus mempelajari segala keterbatasan dan kemampuan manusia, di dalam berinteraksi dengan teknologi dan beberapa produk buatannya.
  28. Ergonomi adalah studi mengenai beberapa prinsip kerja pada manusia.
Baca Juga :   Perusahaan Perseorangan : Pengertian, Syarat dan Ciri-Cirinya Lengkap

 

Itulah pengertian dan penjelasan lengkap mengenai ergonomi, semoga dapat menambah wawasan anda.

Baca Juga :