Pengertian HTML Dan Fungsinya

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian HTML Dan Fungsinya

Pengertian HTML – HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language, yang memiliki definisi yaitu bahasa pemograman standar yang biasanya digunakan untuk suatu halaman web. Setelah itu HTML tersebut dapat diakses dengan mudah. Dengan tujuan untuk menampilkan suatu informasi yang terdapat di dalam sebuah penjelajah web pada internet browser. HTML ini juga bisa digunakan sebagai link, yang berada diantara file yang terdapat di dalam situs. Atau yang berada di dalam komputer dengan menggunakan localhost, atau bisa juga menggunakan link yang menghubungkan suatu situs yang ada di dalam internet.

Agar dapat menghasilkan tampilan yang terintegrasi di bagian dalam performatan hiperteks yang sederhana, maka sebaiknya ditulis di dalam berkas suatu format ASCII. Supaya tampilannya dapat menjadi halaman web yang terdapat perintah HTML di dalamnya. HTML juga dapat berarti sebagai bahasa yang berasal dari bahasa yang ada sebelumnya, yang banyak dipakai di dunia percetakan dan juga penerbitan yang disebut dengan Standard Generalized Markup Language (SGML).

Kini HTML digunakan sebagai standar internet yang pemakaiannya telah dikendalikan dan didefinisikan oleh World Wide Web Consortium (W3C). di tahun 1989 silam HTML ini dibuat dari hasil kolaborasi oleh Berners Lee Robert dan Caillau TIM, kolaborasi tersebut terjadi pada saat mereka sedang bekerja pada CERN. Yang dimana CERN tersebut merupakan lembaga penelitian di bidang fisika energi tinggi yang berlokasi di Jenewa.

HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protokol yang merupakan suatu protokol yang biasanya digunakan untuk mentransfer suatu data atau dokumen, yang formatnya berupa HTML dari web server menuju ke web browser. Dengan adanya HTTP ini maka hal itu memudahkan setiap pengguna internet, dalam menjelajahi internet dengan cara melihat halaman web itu sendiri. 

Baca Juga :   Aplikasi : Pengertian, Sejarah dan Fungsinya Lengkap

Fungsi HTML

Seperti yang kita ketahui bahwa HTML adalah suatu bahasa yang menggunakan beberapa tanda tertentu seperti misalnya tag, yang menyatakan kode yang kemudian harus diartikan oleh browser tersebut. supaya halaman dari web itu dapat ditampilkan dengan cara yang benar dan tepat.

Pada umumnya HTML itu sendiri memiliki fungsi untuk mengelola beberapa data dan informasi, yang kemudian suatu dokumen tertentu dapat diakses dan ditampilkan pada internet melalui suatu halaman di web.

Untuk lebih spesifiknya fungsi dari HTML adalah :

  • Untuk membuat halaman di suatu web
  • Untuk menampilkan beragam informasi yang ada di dalam sebuah browser di internet
  • Untuk membuat link yang menuju ke halaman web lainnya yang memiliki kode tertentu

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian HTML, yang sering kita dengar dan lihat di suatu halaman web namun belum paham maknanya. Semoga penjelasan di artikel ini dapat memberi manfaat.

Baca Juga :