Pengertian Kompeten Dan Kompetensi Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on
4.8 (96%) 5 vote[s]

Pengertian Kompeten Dan Kompetensi Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Kompetensi – Tentu kita sering mendengar istilah kompeten dan kompetensi. Tapi masih banyak juga orang yang belum paham, tentang arti dari kompeten dan kompetensi tersebut. berikut ini penjelasan lengkapnya.

Pengertian Kompeten Dan Kompetensi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian kompeten adalah :

  1. Memiliki wewenang/kuasa dalam suatu hal.
  2. Cakap atau mengetahui.

Dan pengertian kompetensi diantaranya yaitu :

  1. Memiliki kemampuan dalam menguasai tata bahasa suatu bahasa dengan cara yang abstrak atau batiniah.
  2. Kewenangan atau kekuasaan dalam menentukan atau memutuskan suatu hal.

Kedua kata tersebut diadaptasi dari bahasa Inggris yaitu competent dan competence. Kompeten adalah sebuah kata sifat, dan kompetensi itu sendiri adalah kata benda. Walaupun keduanya ditukarkan dalam istilah pemakaian secara umum, tetapi sebenarnya kompeten dengan kompetensi ini memiliki arti yang berbeda. Kravets mengatakan bahwa kompetensi adalah suatu yang ditunjukkan oleh seseorang di tempat kerjanya setiap hari, yang meliputi perilaku dan bukan menjadi sifat atau kepribadian atau keterampilan dasar yang ada di dalam atau di luar tempat kerja.

Sehingga kompetensi ini mencakup dalam melakukan sesuatu, yang bukan hanya pengetahuan yang pasif saja. Seseorang mungkin disebut pandai, tetapi bila mereka tidak menggunakan kepandaiannya dalam berperilaku yang efektif maka kepandaian itu tidak akan ada gunanya. Kompetensi bukan hanya untuk mengetahui apa-apa saja yang harus dilakukan. Tapi juga berencana untuk melakukan apa saja yang diketahui.

Kompetensi juga tidak hanya mengetahui apa yang harus dilakukan, tapi juga melakukan apa yang telah diketahui. Kompetensi merupakan keterampilan, pengetahuan dan sikap dasar dalam nilai yang tercermin ke dalam kebiasaan berpikir serta bertindak yang sifatnya berkembang, dinamis, kontinyu atau terus menerus, dan juga bisa diraih setiap saat. Kebiasaan dalam berpikir atau bertindak secara spontan, konsisten, dan dilakukan secara terus menerus akan membuat seseorang menjadi lebih kompeten.

Baca Juga :   Cara Pembayaran Adwords Dengan Menggunakan Kartu Kredit Dan Transfer Bank Lengkap

Gordon (1988 : 109) menjelaskan ada beberapa dimensi yang terkandung di dalam konsep kompetensi, yang diantaranya yaitu :

  1. Understanding/pemahaman yaitu kedalaman kognitif yang dimiliki oleh seseorang.
  2. Skill/kemampuan yaitu suatu keterampilan atau bakat yang dimiliki oleh individu dalam melakukan pekerjaan yang dibebankan kepadanya.
  3. Knowledge/pengetahuan yaitu kesadaran dalam bidang kognitif, yang artinya adalah mengetahui apa yang diperbuat.
  4. Interest/minat adalah kecenderungan seseorang yang tinggi pada suatu hal atau untuk melakukan suatu perbuatan.
  5. Attitude/sikap adalah reaksi seseorang pada setiap rangsangan yang datang dari luar, contohnya rasa senang, suka atau tidak suka.
  6. Value/nilai adalah standar perilaku atau sikap yang dipercaya dengan cara psikologis yang sudah menyatu di dalam diri seseorang.

Sehingga bila diartikan secara istilah kompeten adalah kecakapan atau keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam bidangnya, dan pengertian kompetensi adalah kemampuan yang ada dalam diri seseorang dalam menunjukkan atau mengaplikasikan keterampilannya dalam kehidupan nyata.

Pengertian Kompetensi Dalam Manajemen SDM

Segala pekerjaan mempunyai persyaratan dan juga serangkaian kompetensi yang khusus dalam melaksanakannya dengan cara yang efisien. Orang-orang yang akan melakukan pekerjaan itu harus disesuaikan dengan kompetensi, yang berhubungan dengan pekerjaannya. Bisa dikatakan bahwa karyawan yang berkompeten merupakan sumber utama dalam setiap organisasi, supaya bisa mendapatkan keunggulan dalam sebuah persaingan bisnis.

Bila dilihat dari artinya kompetensi ini berasal dari bahasa Inggris yaitu competence, yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah  Kecakapan, kemampuan dan kewenangan. Dan jika diaplikasikan ke dalam manajemen, terutama manajemen SDM arti dari kompetensi ini adalah kombinasi antara pengetahuan, keterampilan dan kepribadian yang bisa meningkatkan kinerja karyawan sehingga mereka mampu memberi kontribusi pada kesuksesan organisasinya.

stilah Kompetensi atau Competency pertama kali diperkenal oleh David McClelland pada tahun 1973 dalam artikelnya yang berjudul “Testing for competence rather than for intelligence” atau “Menguji Kompetensi daripada Kecerdasan”. Pada tahun 1982, Boyatzis mengumpulkan data komprehensif dengan menggunakan metode McBer & Company “Job Competence Assessment” atau “Penilaian Kompetensi Pekerjaan” di Amerika Serikat. Sejak itulah kompetensi menjadi faktor yang penting di dalam praktek pengembangan sumber daya manusia.

Baca Juga :   PKK : Pengertian, Tujuan, Sasaran, Dan Programnya Lengkap

Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli

  1. Kompetensi menurut Stephen Robbin (2007:38) adalah kemampuan/kapasitas seseorang dalam mengerjakan segala macam tugas, di suatu pekerjaan yang dimana kemampuan ini ditentukan oleh dua faktor yaitu kemampuan intelektual dan kemampuan fisiknya.
  2. Kompetensi menurut Sedarmayanti (2008:126) adalah karakteristik mendasar yang dimiliki oleh seseorang, yang perpengaruh secara langsung atau bisa memprediksikan kinerja yang sangat baik.
  3. Kompetensi menurut Mangkunegara (2005:113) adalah faktor mendasar yang dimiliki oleh seseorang, yang memiliki kemampuan lebih yang membuatnya berbeda dengan seseorang yang memiliki kemampuan rata-rata atau yang biasa saja.
  4. Kompetensi menurut Spencer Dan Spencer (1993) adalah karaketristik yang mendasari seseorang dan yang berhubungan dengan efektivitas kinerja individu dalam pekerjaannya.
  5. Kompetensi menurut Boulter, Dalziel dan Hill (2003) adalah karakteristik dasar dari seseorang yang memungkinkannya, memberi kinerja yang unggul dalam setiap pekerjaan, peran, atau situasi tertentu.
  6. Kompetensi menurut Peraturan Pemerintah No. 101 tahun 2000 tentang PENDIDIKAN DAN PELATIHAN JABATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL adalah kemampuan dan karakteristik yang dimiliki oleh seorang PNS, yang berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya.
  7. Kompetensi menurut Undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang KETENAGAKERJAAN adalah kemampuan kerja pada setiap individu yang meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Kesimpulannya kompetensi adalah seperangkat perilaku kinerja individu, yang bisa diamati, terukur dan juga sangan penting untuk keberhasilan kinerja pada individu tersebut atau pada perusahaannya. Perilaku kinerja individu ini, mencakup pengetahuan, keterampilan, kemampuan dan karakteristik yang terkait dengan aspek kinerja praktik profesi.

Sekian pembahasan dan penjelasan lengkap tentang pengertian kompetensi menurut para ahli. Semoga dapat dipahami dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda.

Baca Juga :   Evolusi : Pengertian, Jenis Dan Perkembangannya Lengkap

Baca Juga :