Musyawarah : Pengertian, Manfaat, Ciri-Ciri, Tujuan dan Fungsinya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian Musyawarah, Manfaat, Ciri-Ciri, Tujuan dan Fungsinya

Pengertian Musyawarah – Dalam bahasa Inggris musyawarah adalah discussion. Sedangkan dalam bahasa Indonesia bisa juga berarti diskusi. Yang dimana pengertiannya adalah suatu komunikasi yang memiliki tujuan, untuk mencari kesimpulan bersama di suatu bahasan tertentu. Yang dilakukan dengan cara yang baik. Lain halnya dengan debat yang sering kali menimbulkan kemarahan di dalamnya. Musyawarah dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara yang baik, tidak dilakukan dengan tindak kekerasan, bahasa yang kurang baik, atau ucapan yang menggunakan nada yang tinggi. Yang bisa membuat lawan bicara merasa tersinggung. Jalan keluarnya adalah dengan melakukan musyawarah, dalam mencari mufakat dan persetujuan.

Kata musyawarah itu sendiri berasal dari bahasa Arab. Yaitu syawara, yang artinya adalah merundingkan sesuatu atau mengajukan sesuatu. Musyawarah adalah suatu upaya bersama, dengan sikap yang rendah hati dalam memecahkan atau menyelesaikan persoalan. Atau untuk mencari jalan keluar. Untuk mengambil keputusan secara bersama-sama, penyelesaian atau pemecahan masalah yang berkaitan dengan urusan keduniawian.

Tujuan dari musyawarah itu sendiri adalah untuk menyelesaikan masalah dengan merundingkan masalah tersebut, dalam mencapai mufakat atau persetujuan dari kedua belah pihak. Menyelesaikan masalah dengan cara musyawarah sangat dianjurkan. Bila suatu permasalahan tidak dapat diselesaikan atau mengalami kebuntuan dengan bermusyawarah, maka orang akan menggunakan cara voting atau pemungutan suara.

Baca Juga :   Kebijakan VOC dan Pengaruh Terhadap Rakyat Indonesia

Ciri-Ciri Musyawarah

a. Dilakukan demi kepentingan bersama

Segala masalah yang melibatkan banyak orang dapat diselesaikan dengan musyawarah. Biasanya akan terjadi suatu perkumpulan dari suatu organisasi, dan musyawarah menjadi jalan yang paling baik dalam menyelesaikan masalah atau hal lainnya.

b. Jangan memberatkan anggota musyawarah itu sendiri

Tujuan dari musyawarah adalah untuk menyelesaikan suatu masalah yang dimana seluruh anggoya musyawarah tidak ada yang merasa terbebani, setelah keputusan diambil.

c. Mudah dipahami

Segala macam pendapat yang diusulkan anggota musyawarah, harus dipahami dan dicerna oleh anggota lainnya. Seluruh anggota juga harus memilih sesuai dengan apa yang dikehendaki, bukan paksaan atau hasutan dari anggota lain.

d. Berasal dari hati nurani

Semua orang yang mengikuti musyawarah harus bisa menerima segala keputusan, yang sesuai dengan hati nurani. Dengan tidak adanya ancaman atau paksaan dari pihak manapun. Seluruh anggota juga harus memilih sesuai dengan apa yang ia pilih.

Tujuan Dan Manfaat Dari Musyawarah

Untuk mencari sebuah kebenaran

Di dalam setiap musyawarah pastinya akan selalu mencari jalan keluar, dalam menyelesaikan segala permasalahan yang ada. Setiap anggota bisa mengeluarkan pendapatnya dan mencari kebenaran dari setiap masalah yang sedang dibicarakan, setelah mencapai akhir dari musyawarah tersebut.

Untuk memecahkan suatu masalah

Dengan musyawarah setiap orang dapat menyelesaikan suatu masalah, dengan beberapa pendapat dari orang lain yang akan membantu anda dalam mengungkapkan suatu kebenaran. Setiap pendapat dari orang lain harus kita hargai, dengan cara yang bijak. Agar tak ada pihak-pihak yang merasa tersinggung.

Adanya suatu kebersamaan

Seseorang yang ikut dalam bermusyawarah paling tidak, akan bertemu dengan orang yang karakternya berbeda dengan dirinya. Bukan hanya memecahkan setiap persoalan saja, tetapi juga haru mempererat silaturahmi dan tali persaudaraan antar anggota musyawarah.

Baca Juga :   Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Serta Ciri-Ciri, dan Tujuannya

Menyatukan pendapat yang berbeda

Seluruh anggota musyawarah pasti memiliki pendapatnya masing-masing, tetapi tidak semua pendapat isinya sama. Pendapat-pendapat yang berbeda tersebut disatukan, dan menjadi sebuah jawaban yang mewakili semua anggota sehingga seluruh anggota musyawarah pun setuju. Serta tidak ada anggota yang merasa tidak adil atau dibedakan. Itulah fungsi utama dari sebuah musyawarah.

Berani mengeluarkan pendapat

Seseorang yang mengikuti musyawarah harus dapat menyuarakan pendapatnya sendiri, dengan aturan tertentu. Aturan tersebut harus diterapkan saat musyawarah dilakukan, misalnya dengan menggunakan bahasa yang sopan dan baku, tidak memihak anggota manapun, tidak berbicara dengan nada emosi yang berlebihan, serta tidak mengaluarkan pendapat yang bisa mengadu domba antar anggota musyawarah.

Untuk melatih mental

Berbicara di hadapan orang banyak tentu tidak mudah, banyak orang yang tidak berani untuk berbicara di hadapan umum. Dengan mengikuti sebuah musyawarah, maka hal itu dapat melatih mental seseorang dalam mengeluarkan pendapatnya tanpa merasa malu yang berlebihan.

Untuk belajar menahan emosi

Pada setiap musyawarah yang dilakukan, bisa saja kita tak sependapat dengan orang lain. Sehingga kita dapat melatih emosi kita dalam berbicara bahwa kita kurang setuju, pada anggota yang menyuarakan pendapatnya. Perlu diingat bahwa kita tak boleh menggunakan kata yang kasar, atau menyindiri salah satu pihak atau anggota.

Untuk menghargai pendapat orang lain

Dengan mengikuti musyawarah, maka hal itu akan membuat anda menjadi orang yang dapat menghargai pendapat orang lain. Setiap pendapat dari anggota lainnya bisa anda resapi kembali, menjadi pengetahuan yang belum anda ketahui sebelumnya.

Tata Cara Melakukan Musyawarah Yang Baik Dan Benar

  1. Seluruh anggota harus mengikuti musyawarah dengan mementingkan kepentingan bersama, bukan kepentingan pribadi.
  2. Semua anggota dapat mencerna dan memahami apa yang sedang dibicarakan di musyawarah tersebut.
  3. Seluruh anggota harus sadar bahwa keputusan yang diambil adalah sebuah keputusan terbaik, demi seluruh anggota.
  4. Setiap anggota harus bisa menahan emosi saat mengambil keputusan, khususnya jika keputusan tidak sesuai dengan yang diharapkan.
  5. Semua anggota harus mentaati aturan yang telah diterapkan meskipun hasil yang didapatkan kurang memuaskan.
Baca Juga :   Badan Usaha Menurut Para Ahli : Pengertian, Jenis dan Fungsinya Lengkap

Sekian pembahasan mengenai musyawarah, yang lengkap dengan ciri-ciri, tujuan, dan tata cara melakukan musyawarah. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :