13 Sifat Fisika dan Kimia Suatu Zat serta Contohnya Lengkap

Posted on
3.9 (78.27%) 127 vote[s]

Sifat-sifat Fisika dan Kimia suatu Zat serta Contohnya

Pengertian Sifat Fisika

Sifat fisika adalah perubahan yang dialami suatu benda tanpa membentuk zat baru. Sifat ini dapat diamati tanpa mengubah zat-zat penyusun materi tersebut. Sifat fisika antara lain wujud zat, warna, kelarutan, titik leleh, titik didih, massa jenis, kekerasan, kelarutan, kekeruhan, daya tarik/kemagnetan, dan kekentalan.

Pada saat ini diskusi tentang sifat-sifat fisika ini:

Wujud Zat

Bentuk suatu zat dibedakan dari padat, cair, dan gas. Zat-zat ini dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Sebagian kecil dari apa yang kita ketahui, yaitu: menguap, mengembun, mencair, membeku, meyublim, dan mengkristal.

Warna

Setiap objek memiliki warna yang berbeda. Pewarnaan sosial bisa langsung. Warna yang berkembang menjadi objek sebagai ciri khas. Perbedaan antara satu substansi dan substansi lainnya. Misalnya, susu berwarna putih, karbon hitam, kuku pudar abu-abu dan lain-lain.

Kelarutan

Kelarutan adalah zat dalam pelarut yang merupakan properti fisik. Air menjadi pelarut untuk zat terlarut. Tidak bisa masuk pelarut. Misalnya, garam bisa larut di udara, tetapi tidak bisa dibuang di udara.

Konduktivitas listrik

Konduktivitas listrik menjadi properti fisik. Benda-benda yang dapat menghantarkan listrik dengan baik disebut konduktor, sementara benda-benda yang tidak dapat menghantarkan listrik disebut isolator. Benda logam pada umumnya dapat menghantarkan listrik. Konduktivitas listrik dalam suatu zat dapat melihat gejala yang ditimbulkannya. Misalnya, tembaga dengan sumber tegangan dan lampu. Hasil yang bisa dimasukkan adalah lampu bisa menyala.

Baca Juga :   Pengertian Dan Kegunaan Gliserin Lengkap

Daya Tarik/Kemagnetan

Berdasarkan sifat magnetik, benda diklasifikasikan menjadi dua, yaitu objek magnetik dan benda non-magnetik. Benda-benda magnetik adalah benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet, sementara benda-benda non-magnetik adalah objek yang tidak dapat ditarik oleh magnet.

Titik didih

Titik didih adalah ramuan suhu mendidih.

Titik lelah

Titik leleh adalah suhu benda padat yang berubah menjadi cairan.

Pengertian Sifat Kimia

Sifat kimia adalah perubahan yang dialami suatu benda yang membentuk zat baru. Ciri-ciri suatu zat yang berhubungan dengan terbentuknya zat jenis baru. Contoh sifat kimia antara lain mudah terbakar, mudah busuk, mudah meledak , beracun, dan berkarat (korosif).

Selanjutnya adalah diskusi tentang sifat kimia:

Mudah terbakar

Bensin adalah zat yang mudah terbakar. Sehingga banyak stasiun pengisian bahan bakar menghimbau “DILARANG MEROKOK”. Dengan mengetahui sifat bahan yang mudah terbakar, kita akan mendapatkannya secara efektif.

Mudah membusuk

Konsekuensi reaksi kimia dalam makanan atau minuman, dapat mengubah makanan dan minuman yang membusuk dan mengubah rasa menjadi asam. Misalnya, beras yang dibiarkan berhari-hari dengan udara menjadi basi, susu yang berubah asam.

Berkarat

Reaksi antara logam dan oksigen dapat menghilangkan objek yang berkarat. Logam, seperti: zat besi dan seng memiliki sifat pengaratan yang mudah.

Mudah meledak

Interaksi dengan oksigen di alam memiliki sifat eksplosif, seperti: magnesium, uranium dan natrium.

Racun

Ada beberapa zat yang memiliki sifat kimia beracun, termasuk: insektisida, pestisida, fungisida, herbisida, dan rodentisida. Zat beracun ini adalah manusia untuk membasmi hama, baik serangga maupun tikus.