Pengertian Statistik : Fungsi, Tujuan Dan Jenisnya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian, Fungsi, Tujuan Dan Jenis Statistik

Statistik Adalah – Statistik merupakan sekumpulan data yang bentuknya angka dan kemudian disusun dalam bentuk diagram. Atau suatu tabel yang isinya menjelaskan tentang suatu masalah tertentu. Statistik artinya sekumpulan metode dan juga aturan, tentang pengumpulan, analisis, pengolahan dan juga penafsiran data yang menjelaskan hasil pengamatan. Kata statistik berasal dari bahasa latin, yaitu status yang artinya negara. Atau segala hal yang berhubungan dengan ketatanegaraan.

Pada umumnya statistik sering digunakan di dalam suatu penelitian di berbagai bidang. Antara lain ekonomi, bisnis, manufaktur, pemasaran, dan lain sebagainya. Dengan adanya statistik tersebut maka akan diperoleh kesimpulan yang memudahkan proses dalam mengambil keputusan.

Pengertian Statistik Menurut Para Ahli

  1. Pengertian statistik menurut Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc. adalah sebuah pengetahuan, yang berhubungan dengan metode dalam pengumpulan data, pengolahan dan analisisnya dan menarik kesimpulan berdasar pada sekumpulan data dan penganalisisan yang telah dilaksanakan.
  2. Pengertian statistik menurut Anderson & Bancroft adalah sebuah ilmu dan seni perkembangan serta metode yang paling efektif, dalam pengumpulan, pentabulasian, dan interpretasi data kuantitatif sedemikian rupa. Yang dimana kesalahan dalam sebuah kesimpulan serta estimasi, dapat diperkirakan dengan menggunakan nalar yang induktif yang berdasar pada matematik probabilitas atau peluang.
  3. Pengertian statistik menurut Prof. Dr.H.Agus Irianto adalah kumpulan cara atau beberapa aturan yang berhubungan dengan pengumpulan, pengolahan (analisis), penarikan kesimpulan, atas beberapa data yang bentuknya angka. Dan yang menggunakan beberapa asumsi tertentu.
  4. Pengertian statistik menurut Anto Dajan adalah data kuantitatif yang baik yang masih belum tersusun, atau yang telah tersusun dalam bentuk table.
  5. Pengertian statistik menurut Croxton dan Cowden adalah sebuah metode dalam mengumpulkan, mengelola, menyajikan dan menginterpretasikan data yang berupa angka.
Baca Juga :   Nama nama Candi di Indonesia Beserta letak dan Fungsinya

Tujuan Statistik

  1. Untuk membuat suatu deskripsi yang menjelaskan data mengenai bentuk populasi yang sedang diselidiki.
  2. Untuk membantu membuat estimasi tentang nilai yang tidak diketahui, berdasarkan pada data yang sudah dianalis.
  3. Untuk membuat estimasi tentang akibat dari hipotesis yang diterima. Estimasi ini nantinya akan dipakai sebagai dasar dalam mengambil keputusan.
  4. Untuk mengurangi jumlah populasi yang luas, pada ukuran yang lebih kecil agar mudah dimengerti.

Fungsi Statistik

Fungsi Deskriptif

Merupakan fungsi dalam mendeskripsikan, menerangkan sebuah data dan peristiwa, yang dikumpulkan melalui proses penelitian dan juga penyelidikan. Yang dimana belum sampai generalisasi atau dalam mengambil keputusan mengenai populasi yang sedang diteliti.

Fungsi Inferensial

Adalah fungsi statistik yang memprediksi dan mengendalikan seluruh populasi atas dasar data, gejala, dan peristiwa yang ada di dalam sebuah proses penelitian. Fungsi ini dimulai dengan membuat suatu estimasi dan hipotesis.

Jenis-Jenis Statistik

1. Berdasarkan orientasi pembahasannya

  • Statistik matematika. Yaitu jenis statistik yang mengedepankan pemahaman pada model, beberapa rumus statistik secara matematik-teoritis, dan penurunan konsep. Contohnya uji normalitas, analisis regresi, galat, dan lain sebagainya.
  • Statistik terapan. Yaitu jenis statistik mengedepankan pemahaman konsep, teknik statistika, dan penerapannya di dalam suatu disiplin ilmu tertentu.

2. Berdasarkan fase dan tujuan analisis

  • Statistik deskriptif. Merupakan jenis statistik yang berkaitan dengan pengumpula, pengolahan, analisis dan juga penyajian data tanpa ada kesimpulan secara umum. Bentuk statistik ini pada umumnya berupa tabel, grafik, diagram modus dan lain sebagainya.
  • Statistik inferensial. Merupakan statistik yang prosesnya memungkinkan untuk diambil kesimpulan secara umum, pada sebuah data yang diolah.

3. Berdasarkan asumsi distribusi populasi data

  • Statistik parametik. Adalah statistik yang dilakukan berdasar model distribusi normal.
  • Statistik non parametik. Adalah statistik yang dilakukan dengan metode distribusi yang bebas, atau tidak berdasarkan model distribusi normal.
Baca Juga :   Puisi Kontemporer : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya Lengkap

4. Berdasarkan jumlah variabel yang terkait

  • Statistik univariat. Adalah jenis statistik yang hanya memiliki satu variabel terikat saja.
  • Statistik multivariat. Adalah statistik yang memiliki lebih dari satu variabel yang terikat.

Demikianlah pembahasan mengenai statistik yang lengkap dengan tujuan, jenis, dan fungsinya. Semoga dapat dipahami dan memberi manfaat.

Baca Juga :