Peradaban : Pengertian dan Ciri-Cirinya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian Peradaban dan Ciri-Cirinya

Peradaban Adalah – Pengertian peradaban pada umumnya adalah, bagian dari kebudayaan yang sifatnya tinggi, halus, indah, dan juga maju. Untuk pengertian peradaban secara luasnya yaitu, kumpulan dari sebuah identitas terluas yang berasal dari hasil budidaya manusia. Yang di dalamnya sudah termasuk aspek kehidupan manusia, baik secara fisik seperti bangunan dan jalan maupun secara non fisik seperti nilai, tatanan, seni budaya dan juga iptek. Yang kemudian teridentifikasi dari beberapa unsur obyektif secara umum.

Seperti misalnya sejarah, agama, kebiasaan, institusi, atau identifikasi diri yang subjektif. Dalam bahasa inggris istilah peradaban ini yaitu civilazation, sedangkan dalam bahasa asingnya disebut dengan bescahaving dari bahasa Belanda dan die zivilsation dari bahasa Jerman.

Istilah peradaban ini sering juga digunakan untuk memperlihatkan pendapat dan penilaian kita, terhadap perkembangan kebudayaan yang pada waktu perkembangan kebudayaannya mencapai puncak berupa unsur budaya yang luhur. Pengertian dari peradaban ini pun didefinisikan oleh beberapa ahli.

Pengertian Peradaban Menurut Para Ahli

Jika anda masih belum memahami apa yang dimaksud dengan peradaban, mari kita simak beberapa definisi dan artinya menurut beberapa ahli. Diantaranya yaitu :

  • Arnold Toynbee

Di dalam bukunya yang berjudul “The Disintegrations of Civilization”, Arnold menyebutkan bahwa pengertian dari peradaban adalah suatu kebudayaan yang telah mencapai perkembangan teknologi yang lebih tinggi. Pengertian lainnya yaitu kumpulan dari seluruh hasil dari budidaya manusia yang mencakup seluruh aspek di dalam kehidupan manusia.

Baca Juga :   ASEAN : Sejarah, Tujuan dan Latar Belakang Berdirinya Lengkap
  • Albion Small

Kemampuan manusia dalam mengendalikan adanya dorongan atas dasar kemanusiaannya, dalam meningkatkan kualitas dalam hidupnya. Itulah pengertian peradaban menurut Albion Small. Kebudayaan mengacu pada kemampuan setiap manusia dalam mengendalikan alam, dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Albion Small juga mengatakan bahwa peradaban ini berhubungan dengan suatu perbaikan, yang sifatnya kualitatif. Dan juga berhubungan dengan kondisi batin setiap manusia, sedangkan yang namanya kebudayaan biasanya mengacu kepada segala sesuatu yang sifatnya material, fluktual, relevan dan juga konkret.

  • Bierens De Hans

Bieren De Hans mengemukakan pendapatnya mengenai peradaban, yang artinya adalah seluruh kehidupan manusia dari berbagai aspek, misalnya kehidupan sosial, politik, ekonomi dan juga teknik. Sehingga peradaban ini mempunya kegunaan yang praktis di dalam hubungan suatu masyarakat.

  • Huntington

Menurut Huntington definisi dari peradaban adalah, sebuah identitas yang paling luas dari sebuah budaya yang diidentifikasi melalui unsur objektif secara umum. Seperti contohnya sejarah, agama, kebiasaan, institusi dan identifikasi diri yang subjektif. Maka pada masyarakat Amerika dan Eropa, mereka disatukan melalui bahasa, budaya, dan agama. Yang dapat diklasifikasikan pada satu peradaban, yaitu peradaban barat.

  • Alfred Weber

Pengertian peradaban menurut Alfred Weber adalah, suatu hal yang mengacu pada pengetahuan yang praktis dan intelektual. Serta kumpulan cara yang sifatnya teknis, yang digunakan untuk mengendalikan alam. Kebudayaan ini meliputi beberapa hal seperti nilai, prinsip, normatif, dan juga ide yang sifatnya unik. Aspek dari sebuah peradapan itu sendiri memiliki sifat yang kumulatif serta siap untuk disebar, lebih rentan pada setiap penilaian, dan lebih bisa berkembang dari aspek kebudayaan tertentu. Peradaban biasanya memiliki sifat yang impersonal dan objektif, sedangkan sifat dari kebudayaan biasanya lebih personal, subjektif, dan lebih unik.

  • Prof Dr Koentjaraningrat

Peradaban merupakan bagian yang sifatnya halus dan indah seperti sebuah seni. Masyarakat maju yang telah memiliki kebudayaan tertentu, biasanya memiliki peradaban yang lebih tinggi. Istilah dari peradaban ini seringkali digunakan untuk menujukan penilaian atau pendapat seseorang, pada perkembangan suatu budaya. Yang dimana waktu pada perkembangan budaya tersebut, telah mencapai puncaknya yang berupa unsur budaya yang sifatnya lebih halus, indah, tinggi, sopan dan luhur. Sehingga masyarakat yang telah memiliki kebudayaan tersebut disebut sebagai peradaban yang tinggi.

  • Oswald Spengler

Pengertian peradaban menurut Spengler adalah suatu kebudayaan yang telah mencapai taraf yang lebih tinggi dan lebih kompleks. Spengler juga menyatakan bahwa peradaban merupakan tingkat kebudayaan yang tidak lagi memiliki aspek yang produktif, beku dan juga mengkristal. Kebudayaan merupakan sesuatu yang hidup dan kreatif.

Baca Juga :   Sejarah dan Perkembangan Permusikan Eropa Lengkap

Ciri-Ciri Peradaban

Peradaban memiliki ciri dan karakteristiknya sendiri, yang didalamnya terdapat fungsi yang akan memperjelas peradaban. Dan juga dapat membedakan pengertian dari peradaban dan kebudayaan. Karena kebanyakan orang menganggap bahwa peradaban dan kebudayaan itu sama saja, padahal sebenarnya berbeda. Ciri umum dari peradaban adalah sebagai berikut :

  • Pembangunan di suatu kota dengan tata ruang yang lebih baik, lebih indah dan juga lebih modern.
  • Sistem pemerintahan yang lebih tertib karena di dalamnya terdapat aturan dan hukum yang jelas.
  • Perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih maju, seperti misalnya astronomi, kesehatan, bentuk tulisan, arsitektur, kesenian, ilmu ukur, keagamaan, dan lain sebagainya.
  • Masyarakat yang terdiri dari berbagai jenis pekerjaan, keahlian, dan strata sosial yang sifatnya lebih kompleks.

Demikianlah uraian mengenai pengertian peradaban dan ciri-cirinya. Semoga poin-poin yang telah dibahas di dalamnya memberi banyak manfaat.

Baca Juga :