Proxy Server : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jenis Dan Kegunaannya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Proxy Server : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jenis Dan Kegunaannya Lengkap

Pengertian Proxy – Apa yang dimaksud dengan proxy server? Proxy adalah suatu jenis server komputer yang menyediakan layanan, untuk meneruskan permintaan user ke server lainnya yang ada di internet. Dengan adanya proxy server tersebut, maka suatu komputer dapat dihubungkan dengan komputer lainnya melalui internet.

Secara umum proxy server digunakan untuk mengamankan suatu jaringan komputer pribadi, yang terhubung ke sebuah jaringan publik. Dari proxy server tersebut server akan diletakkan diantara aplikasi server dengan aplikasi client. Yang dimana aplikasi client dapat berupa web browser, client FTP dengan yang lainnya. Sedangkan aplikasi server dapat berupa server FTP dan web browser.

Pengertian Proxy Server Menurut Para Ahli

Pengertian proxy server menurut Wagitu adalah suatu jenis server yang ditempatkan diantara sebuah aplikasi client, dengan aplikasi server yang dihubungi. Aplikasi client itu dapat berupa browser web, client FTP, dan sebagainya. Sedangkan untuk aplikasi server dapat berupa server web, server FTP, dan sebagainya.

Proxy server biasanya berada diantara aplikasi client aplikasi server, yang bisa digunakan sebagai pengendali ataupun monitoring lalu lintas paket data yang dilewatinya.

Baca Juga :   PDF : Pengertian, Fungsi, Kegunaan Dan Kelebihannya Lengkap

Cara Kerja Proxy Server

Proxy server berperan sebagai penghubung antara komputer dengan internet. Sehingga cara kerja program tersebut yaitu user, menggunakan layanan pada server proxy lalu melakukan permintaan data atau file yang ada di internet atau public server. Kemudian proxy akan melanjutkan permintaan itu ke internet, seolah-olah server itulah yang memintanya.

Bila pengguna sudah memperoleh permintaannya, maka proxy akan memberi respon pada pengguna yang dimana seolah-olah dialah yang menjadi publik servernya. Intinya server proxy itu bisa menyembunyikan identitas alamat IP, pada individu atau perusahaan.

Fungsi Proxy Server

1. Fungsi Connection Sharing

Pada fungsi ini server akan berfungsi secara teknis, untuk menjadi sebuah gateway yang berperan untuk membatasi penggunaan pada jaringan lokal dan luar. Sehingga bila jaringan komputer perusahaan menanamkan program server proxy, maka bisa mengakses sambungan dari jaringan lokal ke jaringan internet dengan bersamaan.

2. Fungsi Filtering

Server proxy akan bertindak seperti firewall dan sebagai media penyaringan, atau filtering. Pada sebuah jaringan internet yang dimana beberapa paket data yang ditransmisikan akan discan dan difliter, untuk mengurangi kegagalan.

Tujuan lainnya adalah untuk melindungi suatu jaringan lokal perusahaan, dari serangan luar seperti misalnya retasan. Server proxy juga akan membantu meminimalisir serangan virus dan malware yang merugikan.

3. Fungsi Caching

Dengana adanya server proxy maka bisa menyimpan objek dan juga data, yang pernah disearch atau diminta user pada saat browsing menggunakan aplikasi internet. Contohnya pada saat anda melakukan pencarian di situs tertentu, maka data tersebut akan disimpan dalam bentuk cache.

Seluruh data yang diminta dan juga diakses, akan disimpan di dalam proxy server. Sehingga dari fungsi tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi beberapa dokumen apa saja, yang sering diakses ke komputer perusahaan.

Baca Juga :   Teknologi Informasi : Pengertian, Komponen, Jenis dan Manfaatnya Lengkap

Manfaat Proxy Server

1. Dapat menghemat bandwith

Proxy server juga bisa dimanfaatkan untuk menghemat penggunaan bandwith, dari koneksi internet user karena adanya proses caching yang menyimpan cookies dari beberapa situs yang pernah dikunjungi.

2. Dapat meningkatkan kinerja Internet

Proxy server juga bisa membantu kinerja pada jaringan internet user, karena adanya penghematan bandwith.

3. Bisa memblokir situs tertentu

Proxy server bisa dengan otomatis memblokir beberapa situs yang mengandung sara, atau situs yang tak diinginkan dengan adanya fitur filtering. Sehingga dengan manfaat tersebut, dapat mencegah orang-orang yang membuka situs terlarang. Dengan jaringan internet lokal di suatu perusahaan.

4. Keamanan pada jaringan komputer

Proxy server juga bisa meningkatkan keamanan komputer, dari serangan virus dan dari gangguan malware. Walaupun proxy memiliki manfaat yang besar bagi suatu jaringan komputer, tetapi masih banyak kekurangan dalam penggunaan proxy. Salah satunya adalah dengan sering terjadi kesalahpahaman, pada suatu situs yang dianggap harus diblokir oleh server. Sehingga harus dilakukan pembukaan blokir dengan cara manual.

5. Akses internet menjadi lebih cepat

Proxy server juga bisa meningkatkan kinerja internet. Maka akses internet pun akan menjadi lebih cepat.

Jenis-Jenis Proxy Server

Anonymous Server

Adalah jenis proxy yang memberi informasi tentang komputer pengguna. Ketika pengguna melakukan request pada sebuah website, maka website itu tidak akan mengetahui alamat IP pribadi si pengguna. Karena hanya menggunakan IP proxynya saja.

High Anonymity Proxy

Merupakan sebuah jenis proxy yang tidak mengidentifikasikan dirinya sebagai proxy server, serta tidak menyediakan alamat IP yang original. Proxy ini akan menggunakan header REMOTE_ADDR, dengan sebuah alamat IP yang menuju ke proxy server. Dengan demikian dari pengguna akan terlihat peran proxy server yang menjadi klien.

Baca Juga :   UDP : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Dan Apa Perbedaannya Dengan TCP Lengkap

 Transparent Proxy

Jenis proxy yang satu ini digunakan untuk mencegah klien terhubung dengan beberapa data, atau informasi yang sensitif. Saat caching pada proxy jenis ini diaktifkan, maka jaringannya pun akan menurun.

Kegunaan Web Proxy

Web proxy adalah sebuah komputer server yang bisa bertindak sebagai komputer yang lainnya. Yang fungsinya adalah untuk melakukan permintaan pada konten dari jaringan internet dan juga intranet.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh web proxy, diantaranya yaitu :

  1. Dapat menyembunyikan alamat IP pada komputer.
  2. Dapat mengakses situs yang diblokir oleh ISP.
  3. Dapat memblokir akses ke situs yang sensitif atau yang berbahaya.
  4. Dapat menyaring cookies yang tak diinginkan.
  5. Dapat meningkatkan keamanan dan privacy para pengguna internet.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian proxy, dengan fungsi, jenis-jenis, cara kerja, manfaat, dan kegunaannya. Semoga memberi manfaat.

Baca Juga :