Rangakaian Seri Dan Paralel Lengkap

Posted on
Rate this post

Rangakaian Seri Dan Paralel Lengkap

Rangkaian Seri Dan Paralel – Di dalam rangkaian seri dan paralel, terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang dimana kelebihan dan kekurangannya itu bergantung pada komponen jenis apa yang dihubungkan dengan koneksi jenis seri, paralel atau rangkaian campuran yang ada diantara keduanya. Di dalam rangkaian elektronika atau listrik, kita akan selalu menemukan penggunaan rangkaian seri dan juga paralel. Contohnya pada pemasangan lampu atau beban listrik, yang ada pada instalasi listrik di rumah.

Kedua hal tersebut adalah jenis atau metode, untuk menyalurkan arus listrik, atau dalam memasang komponen. Untuk aplikasi penggunaan yang ada di dalam komponen elektronika, seperti resistor dan kapasitor akan dibahas lebih lanjut. Karena memang lebih rumit, dan masing-masing memiliki karakteristiknya sendiri.

Pengertian Rangkaian Seri Dan Paralel

Rangkaian seri adalah sebuah rangkaian listrik yang dimana komponennya dihubungkan berurutan. Pada setiap ujung kaki komponen yang digunakan, sehingga menjadi sejajar diantara komponen satu dengan yang lainnya. Sehingga bila dilihat dari segi biaya hasilnya akan lebih rendah, dibandingkan dengan paralel. Karena tidak diperlukan tambahan sebagai kabel penghubung. Contoh penerapan rangkaian seri tersebut misalnya pada lampu hias, yang disusun berderet dengan beberapa puluh lampu kecil.

Di dalam rangkaian listrik yang disusun secara seri, arus yang mengalirnya adalah sama besar dan memiliki beban atau komponennya masing-masing yang tersusun secara seri.

Pengertian dari rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang dimana setiap komponen dan bebannya, memperoleh sumber arus yang sama. Sehingga memiliki banyak cabang, yang otomatis akan membuat biaya pada koneksi kabelnya menjadi lebih tinggi. Contohnya pada instalasi listrik rumah, yang dimana semua beban yang ada akan dihubungkan dengan cara yang paralel. Agar semua beban listrik akan mendapat jumlah tegangan yang sama.

Baca Juga :   Pengertian dan Rumus Energi Listrik Beserta Satuannya Lengkap

Di dalam rangkaian listrik tersebut tersusun dengan cara paralel, dengan tegangan yang mengalir masing-masing sama besar pada beban atau komponennya yang tersusun dengan cara paralel.

Kelebihan Dan Kekurangan Rangkaian Seri Dan Paralel

Penggunaan metode koneksi yang akan digunakan, harus dilihat pada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang jika dilihat secara karakteristik, keduanya memiliki banyak perbedaan. Dalam hal penggunaannya banyak digunakan rangkaian seri paralel dan campuran.

Berikut ini beberapa keuntungan dan kerugian dari masing-masing bila dipakai pada suatu rangkaian listrik :

Kelebihan pada rangkaian seri :

  • Lebih hemat biaya karena tidak memerlukan banyak kabel tambahan.
  • Memiliki analisa kerusakan yang lebih cepat.
  • Menjadi lebih efisien dalam menghantarkan arus listrik yang bukan merupakan tegangan, karena pada rangkaian seri setiap beban mendapat arus listrik yang sama.
  • Arus yang mengalir di masing-masing beban atau komponen adalah sama.

Kelebihan pada rangkaian paralel :

  • Pada setiap masing-masing komponen akan terhubung pada sumber listrik, sehingga bila terdapat satu komponen mati maka komponen lainnya tidak akan berpengaruh.
  • Seluruh komponen akan tersusun dengan sumber listrik satu dengan yang lainnya, maka semuanya akan mendapat tegangan yang sama.

Kekurangan pada rangkaian seri :

  • Bila pada salah satu komponen atau beban pada rangkaian yang mati, maka keseluruhan rangkaian akan mati secara total atau arus listrik akan terhenti.
  • Hambatan atau resistensi pada rangkaian seri menjadi lebih besar karena menjadi jumlah total hambatan yang ada.
  • Pada penggunaan lampu misalnya pada lampu listrik AC, lampu akan menyala tetapi tidak akan bersinar dengan terang yang sama. Karena terdapat perbedaan tegangan.

Kekurangan pada rangkaian paralel :

  • Contoh pada rangkaian listrik di dalam rumah maka kabel dan saklar yang digunakan, jumlahnya menjadi banyak. dan tergantung pada jumlah beban yang ada sehingga biaya dalam membangun rangkaian paralel akan menjadi lebih besar dibanding rangkaian seri.
  • Setiap kali terjadi kesalahan dalam rangkaian yang lebih kompleks, akan lebih sulit untuk menemukan penyebabnya. Karena seluruh beban akan dihubungkan dengan cara paralel sehingga harus dicek pada setiap komponen, atau pada beban yang dihubungkan. Sehingga apabila sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik di rumah, harus dicek kembali apakah terjadi short pada alat listrik yang digunakan.
Baca Juga :   13 Sifat Fisika dan Kimia Suatu Zat serta Contohnya Lengkap

Ciri Rangkaian Seri Dan Juga Paralel

Dalam membedakan ciri pada rangkaian seri dan paralel, adalah dengan melihat rangkaian paralel di semua bagian atau komponen yang terpasang dengan cara bersusun atau sejajar. Semuanya juga terhubung pada sumber yang sama, sedangkan pada rangkaian seri seluruh bagian yang akan dipasang disusun dengan cara berurutan. Dan sambung menyambung sampai akhirnya kembali ke sumber listrik, serta tidak ada percabangan.

Demikian pembahasan mengenai rangkaian seri dan paralel secara lengkap. Semoga mudah dipahami dan menambah wawasan anda.

Baca Juga :