Rumus Segitiga Sembarang : Segitiga Sama Sisi, Sama Kaki, Dan Siku-Siku Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Rumus Segitiga Sembarang : Segitiga Sama Sisi, Sama Kaki, Dan Siku-Siku Lengkap

Rumus Segitiga Sembarang – Segitiga adalah bangun datar yang memiliki tiga sisi serta tiga sudut. Ada beberapa jenis segitiga diantaranya yaitu segitiga sama sisi, sama kaki, siku-siku dan segitiga sembarang. Masing-masing jenis segitiga tersebut memiliki cirinya tersendiri.

Rumus Luas Segitiga

Pada umumnya luas segitiga adalah setengah dari perkalian antara alas dan juga tingginya. Yang bila dibuat rumusnya, menjadi seperti ini : Luas = 1/2 x alas x tinggi.

Hal itu untuk jenis segitiga yang telah diketahui alas dan juga tingginya. Asalkan suatu segitiga alas dan tingginya diketahui, maka anda bisa mencari luasnya dengan menggunakan rumus tersebut. rumus itu juga berlaku untuk semua jenis segitiga yang ada.

Namun bagaimana bila yang diketahui hanya bagian panjang dan sisinya saja? Dalam segitiga sama sisi dan sama kaki, anda juga bisa mencari tingginya dengan menggunakan dalil Phytagoras. Asalkan panjang sisinya diketahui.

Rumus Luas Segitiga Sembarang

Sama dengan namanya, segitiga sembarang ini adalah segitiga yang tidak beraturan. Maksudnya pada panjang ketiga sisinya berbeda-beda. Bahkan besar pada ketiga sudutnya pun berbeda. Saat anda ingin mencari luas segitiga sembarang, dan diketahui panjang sisinya maka anda bisa menggunakan rumus Teorema Heron. Misalnya segitiga sembarang dengan sisi a, b dan c. berikut rumusnya :

Nilai S yang berasal dari setengah keliling segitiga sembarang :

Rumus tersebut juga berlaku untuk menghitung jenis segitiga yang lainnya.

Baca Juga :   Diagram Garis : Cara Penyajiannya Dan Contohnya Lengkap

Pembuktian

Misalnya terdapat segitiga dengan alas 6 cm, tinggi 8 cm, dan sisi miringnya 8 cm. bila dihitung dengan menggunakan rumus 1/2 x alas x tinggi, maka : L = 1/2 x 6 x 8 = 24 cm².

Bila dihitung dengan menggunakan teorema Heron maka anda harus mencari keliling segitiganya terlebih dahulu. Anggap saja alas, tinggi dan sisi miringnya A, B dan C.

Keliling = 6 + 8 + 10 = 24 cm

s = 1/2 keliling = 1/2 x 24 = 12 cm

Luas = √[12(12-6)(12-8)(12-10) = √(12 x 6 x 4 x 2) = √576

Luas = 24 cm²

Keduanya memiliki jumlah yang sama yaitu 24 cm persegi.

Rumus Luas Segitiga Sama Sisi

Sisi miring pada segitiga dapat dicari dengan menggunakan teori Phytagoras. Luas segitiga sama sisi dapat dicari dengan hanya mengetahui panjang sisinya saja. Dan tidak perlu mencari tingginya. Berikut ini rumus luas segitiga sama sisi :

Rumus tersebut khusus untuk segitiga sama sisi, karena panjang pada ketiga sisinya sama.

Contoh soal :

Hitunglah luas segitiga sama kaki dengan alas 15 cm dan tinggi 8 cm!

L = 1/2 x 15 x 8 = 60 cm²

Demikian pembahasan lengkap mengenai rumus segitiga sembarang. Semoga memberi manfaat.

Baca Juga :