Sandi Pramuka : Pengertian, Fungsi Dan Contohnya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Sandi Pramuka : Pengertian, Fungsi Dan Contohnya Lengkap

Pengertian Sandi Pramuka – Sandi pramuka berasal dari bahasa sansekerta yang artinya adalah rahasia. Sering kali tulisan yang bersifat rahasia disebut dengan sandi. Huruf atau kata sandi sangat sulit dimengerti, kecuali bila sudah mengetahui kunci dasarnya terlebih dahulu. Atau bagaimana cara memecahkannya.

Sandi Pramuka

Asal mula sandi berasal dari para pahlawan terdahulu yang suka berkelana dan suka berpindah tempat tinggal. Saat itu mereka harus menggunakan kata sandi, dan bisa menggunakannya dengan berbagai bentuk sandi dengan tujuan yaitu mengecoh atau mengelabui lawan. Saat itu telah ditemukan tulisan cuneiform pada sekitaran tahun 3000 SM, di Kerajaan Babilonia.

Untuk mengirim berita rahasia antar kota, mereka akan menulis pesan di kepala budak yang baru dicukur. Kemudian mereka akan menunggu sampai rambutnya tumbuh lagi. Lalu budak itu dikirim ke tempat yang dituju. Di sana budak itu akan dicukur kembali untuk mengetahu apa pesan rahasianya.

Fungsi Sandi Pramuka

Di dalam kegiatan pramuka fungsi sandi ini sering kali digunakan saat sedang melakukan kegiatan pramuka, hiking, camping dan permainan. Tujuannya adalah untuk melatih para penggerak pramuka dalam membangun kerjasama, ketelitian dan juga masalah yang dihadapi.

Baca Juga :   Cara Pembayaran Adwords Dengan Menggunakan Kartu Kredit Dan Transfer Bank Lengkap

Fungsi lainnya yaitu untuk mengkode suatu kata, yang bisa digunakan di dalam kegiatan sehari-hari. Atau sekadar untuk bermain pesan tersembunyi dengan teman. Bisa juga digunakan untuk menulis buku harian pribadi, supaya tidak diketahui banyak orang tentang isinya.

Macam-Macam Sandi Pramuka

Sandi Bendera Semaphore

Adalah jenis sandi pramuka yang menggunakan bendera dan membentuk pola dengan kedua tangan, dan sekaligus memegang bendera semaphore tersebut yang sering disebut dengan sandi semaphore. Sandi ini juga mempunyai masing-masing huruf alphabet dan bentuk sandi yang berbeda.

Biasanya sandi ini digunakan untuk parade semaphore yaitu pada penampilan tarian bendera yang kreatif, dan membentuk susunan kata.

Sandi Koordinat (Sandi Merah Putih)

Sandi koordinat ini disebut juga dengan sandi gudep sedia, yang sering menggunakan kata-kata GUDEP SEDIA sebagai kata kuncinya. Tetapi bisa juga digunakan dengan kata lainnya seperti RUMAH BESAR DAN PANDU CERIA. Dan kata yang lainnya yang terdiri dari 5-10 huruf, di masing-masing kata itu.

Cara menggunakannya adalah dengan membuat kotak dahulu, dengan kolom dan baris yang masing-masing mempunyai 6 kotak. Lalu tulis kata GUDEP SEDIA di bagian atas dan samping kiri dan alfabet dari A-Y di kotak lainnya.

Sandi Rumput dalam Pramuka

Adalah jenis sandi yang bentuk aplikasinya adalah dari turunan sandi morse. Yang bentuknya seperti rumput, yang dimana pada titik sandi morse itu ditulis dengan rumput yang pendek dan untuk garis pada sandi morse ditulis dengan rumput tinggi.

Sandi Angka/Nomor

Adalah sandi pramuka yang memberi penomoran di masing-masing alphabetnya. Huruf A berarti nomor 1, huruf B berarti nomor 2, dan seterusnya sampai ke huruf Z yang berarti nomor 26.

Contoh penulisannya yaitu misalkan kalian ingin menuliskan kata PRAMUKA maka kalian dapat menggunakan sandi dengan nomor seperti ini 16 – 18 – 1 – 13 – 21 – 11 – 1.

Sandi Jam

Adalah jenis sandi yang dibuat dengan menentukan waktu tertentu sebagai patokan.

Baca Juga :   Pengertian Desain : Jenis Dan Prinsip Dasarnya

Contohnya pukul 06.00 menunjukkan huruf A maka jika beda waktu yang akan digunakan adalah setiap 5 menit. Jadi jika pukul 06.05 itu menunjukkan huruf B, begitu seterusnya. Beda waktu yang digunakan bisa juga kalian buat menjadi 10 menit, 15 menit, 30 menit, dan lain sebagainya.

Sandi Kimia

Sebenarnya sandi ini hanya tulisan morse saja, tetapi sandi ini lebih dikenal dengan nama sandi kimia. Karena menyerupai simbol yang ada pada rumus kimia.

Berikut merupakan ketentuan dalam penggunaan sandi kimia : Titik merupakan huruf hidup atau vokal yaitu a, i, u, e, o. Strip merupakan huruf mati atau konsonan yaitu semua huruf alphabet kecuali a, i, u, e, o.

Contoh penggunaannya adalah: misalkan kalian mau menuliskan “KAMI” dalam sandi morse adalah -.- / .- / — / .. maka dalam sandi kimia ditulis KOH + OH + HH + OO atau KOH + OH + H2 + O2.

Sandi Morse Pramuka

Sandi yang satu ini adalah sandi yang diciptakan oleh Samuel Finley Breese Morse. Biasanya sandi ini terdiri dari kumpulan titik dan juga garis, yang membentuk huruf atau kalimat. Aplikasi pada sandi morse ini dipakai untuk membentuk sandi yang lainnya.

Sandi morse juga bisa digunakan di beberapa media seperti :

  1. Suara, yaitu menggunakan peluit
  2. Sinar, yaitu menggunakan senter
  3. Tulisan, yaitu menggunakan simbol titik ( . ) dan garis ( – )
  4. Bendera, yaitu menggunakan bendera morse

Sandi Napoleon

Adalah jenis sandi yang diambil dari nama Napoleon Bonaparte, yaitu seorang kaisar dari Perancis. Dalam membuat sandi ini anda hanya perlu menghitung jumlah huruf, di dalam setiap kalimat lalu dibagi menjadi 3 bagian yang lebih banyak. Caranya baris pertama ditulis dari kanan ke kiri, baris kedua ditulis dari kiri ke kanan, dan baris ketiga ditulis dari kanan ke kiri kembali.

Sandi Matematika (Sandi Semafor)

Sandi Pramuka

Sandi Bulan Bintang

Sandi Pramuka

Sandi Kotak 1

Sandi Pramuka

Sandi Kotak 2

Sandi Pramuka

Sandi Kotak 3

Sandi Pramuka

Sandi Sungai

Sandi Pramuka

Sandi Hellen Keler

Sandi yang satu ini jika dilihat dari segi manfaatnya sama dengan huruf braille. Sandi ini biasanya digunakan untuk kaum tuna rungu dan tuna wicara. Pada Sandi Helen Keller ini biasanya menggunakan simbol jari yang membentuk suatu pola huruf alphabet.

Baca Juga :   Puisi Kontemporer : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya Lengkap

Sandi Datar

Sandi Pramuka

Sandi Huruf Berjasa

Sandi Pramuka

Sandi Cina

Sandi Abjad (Sandi Balik)

Sandi Pramuka

Sandi Gambar

Sandi Pramuka

Sandi Barang

Sandi Pramuka

Sandi Ular

Sandi Pramuka

Sandi Tanggal

Sandi Pramuka

Sandi Baca Silang

Sandi Pramuka

Sandi Kompas

Sandi Pramuka

Sandi Sisipan

Sandi Pramuka

Sandi Lingkaran

Sandi Pramuka

Sandi Kembang

Sandi Pramuka

Sandi Siput

Cara membaca sandi siput yaitu dengan cara berputar dan menyerupai siput. Awal huruf yang biasanya ada dalam sandi ini biasanya akan diberi tanda tertentu, lalu anda cukup membacanya dengan memperkirakan arah geraknya saja.

Contohnya :

U  D  U  N  I  A

D  O  W  E  L

N  P   B  A  L

A  N  E   D  B

P  K  A   P  A

= Baden Powell Bapak Pandu Dunia

Sandi AND

Adalah jenis sandi yang di dalam penggunaannya menggunakan kunci AND pada setiap katanya. Maka untuk menuliskan kalimatnya, harus diselipkan kata AND pada kata-katanya. Cara membacanya pun mudah, yaitu dengan menghapus AND pada pesan yang ditulis yang bisa anda mengerti. Contoh kalimatnya adalah PANDU ANDA SANDA yang berarti PUASA.

Sandi Braille

Adalah jenis sandi pramuka yang sangat bermanfaat, di dalam kehidupan sehari-hari. Sandi ini juga digunakan oleh para tuna netra. Huruf braille ini terdiri dari enak titik timbul yang bisa diraba oleh tuna netra saat membacanya.

Sandi Panas dan Dingin

Adalah jenis sandi yang hanya bisa dilihat hanya dengan menggunakan bahan tertentu saja. Contohnya bila anda ingin membuat tulisan, dengan menggunakan air perasan jeruk nipis dan api. Kemudian sediakan kertas lalu tuliskan sebuah kata di atas kertas itu dengan menggunakan air dari jeruk nipis.

Lalu tunggu sebentar, bila sudah cukup kering anda bisa menyiapkan api dengan lilin. Lalu dekatkan kertas pada api. Maka tulisan yang anda tulis dengan menggunakan air jeruk nipis tersebut akan terlihat dengan sangat jelas.

Sandi Jepang

Sama halnya dengan huruf Jepang atau kanji. Sandi ini ditulis dari atas ke bawah dan seterusnya, jadi sandi ini cukup mudah dan dimengerti. Contohnya :

SNLAA

EGENN

TANGA

EHCKN

Jadi dibaca: SETENGAH LENCANG KANAN

Sandi Morse 1/ ((Morse Satu : Strip Miring)

(Morse Satu : Strip Miring)

Tanda . (Titik) diganti dengan angka.

Misalnya   . = 1 ; .. = 2 ; … = 3 dan seterusnya.

Tanda – (Garis) diganti dengan strip miring (/)

Misalnya   – = / ; — = // ; — = /// dan seterusnya.

Contoh:

Menulis Huruf L = .-.. menjadi ½

Huruf H = …. menjadi 4

Huruf O = — menjadi ///

Keterangan untuk pemisahan huruf pergunakan tanda titik (.)

Kata MICKEY = — / .. / -.-. / -.- / . / -.—

Menjadi = // . 2 . /1/1 . /1/ . 1 . /1//

 

Sekian pembahasan mengenai pengertian sandi pramuka, yang lengkap dengan fungsi dan macam-macam sandi yang ada. Semoga informasi ini berguna bagi anda, dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda tentang sandi atau kode rahasia.

Baca Juga :