Struktur Virus dan Fungsi Beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on
3 (60%) 2 vote[s]

Struktur Virus dan Fungsinya

Struktur Virus – Struktur virus atau struktur tubuh dari sebuah virus mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Bagi sebuah virus yang paling kecil, ukuran diameternya hanya sekitar 20 mm, ukuran ini bahkan lebih kecil dari ribossom. Saking kecilnya sehingga jutaan jumlah virus bahkan bisa masuk ke dalam kepala jarum.

struktur virus dan fungsinya

Ukuran virus yang terbesar, diketahui dengan diameter beberapa ratus nanometer yang hampir tak terlihat bila dilihat dengan mikorskop cahaya. Virus yang dapat dikristalkan menjadi sebuah penemuan yang menarik, tapi juga membingungkan. Karena sel yang paling sederhana pun tidak bisa dikristalkan dengan cara yang teratur.

Bila mengamati struktur dengan cara yang lebih terperinci, hasilnya mengungkapkan bahwa sebuah virus adalah partikel penginfeksi yang tersusun dari asam nukleat yang berselubung dengan protein. Ada juga beberapa kasus yang ditemukan yaitu virus yang dilindungi oleh amplop yang bermembran.

Struktur Virus

Bentuk tubuh sebuah virus bermacam-macam, ada yang berbentuk tabung, bola, prisma, dan bahkan menyerupai huruf T misalnya bakteriofage. Bakteriofage adalah sebuah virus yang dapat menyerang bakteri.

Kulit

Virus mempunyai kulit atau pembungkus yang disebut dengan kapsid. Kapsid adalah cangkang protein yang membungkus genom virus, yang bisa membentuk batang, polydheral atau bentuk lain yang lebih kompleks lagi. Kapsid tersusun dari beberapa unit protein yang disebut dengan kapsomer, tetapi jumlah protein yang ada pada kapsid yang berbeda-beda jumlahnya hanya sedikit.

Pada virus yang menyerang hewan di bagian luar kapsidnya terdapat pembungkus khas yang disebut dengan membran lipoprotein. Pada virus mosaik tembakau terdapat struktur kapsid yang kaku dan mempunyai bentuk yang menyerupai batang yang tersusun, lebih dari molekul dan dari satu jenis protein yang tersusun kemudian membentuk heliks. Maka dengan alasan itulah virus yang berbentuk batang disebut dengan virus heliks.

Baca Juga :   Pengertian Serta Macam-Macam Flora di Indonesia Lengkap

Pada virus yang menginfeksi sejumlah saluran pernafasan pada hewan, termasuk jenis virus adenovirus. Virus tersebut mengandung sekitar 252 molekul protein, yang identik dan tersusun dengan membentuk kapsid polyhedral dengan 20 sisi triangular pada sebuah ikodahedron. Karena alasan itulah virus lainnya dan adenovirus, mempunyai bentuk yang mirip yang disebut dengan virus ikosahderal.

Sejumlah virus mempunyai struktur aksesoris yang akan membantu virus dalam menginfeksi inang. Contohnya amplop yang bermembran, yang mengelilingi kapsid virus influenza dan masih banyak virus lainnya yang ditemukan pada sebuah hewan. Amplop virus yang asalnya dari membran sel inang, mengandung fosfolipid dan juga protein membran sel inang. Amplop ini juga mengandung protein dan glikoprotein virus. Glikoprotein merupakan sebuah protein yang berikatan kovalen dengan karbohidrat. Sejumlah glikoprotein mengangkut beberapa molekul enzim virus di dalam kapsid.

Kebanyakan dari kapsid ini yang paling kompleks, akan ditemukan pada virus yang menginfeksi bakteri yang disebut dengan bakteriofage.

Isi

Materi genetik atau nukleuprotein atau yang disebuh dengan bahan inti yang menyusun tubuh virus, terdiri atas :

  • AND. Yang terdapat pada virus yang hidup di hewan.
  • ARN. Yang terdapat pada virus yang hidup di tumbuhan.
  • AND atau ARN. Yang terdapat pada virus yang hidup di bakteri.

Untuk respirasi sel virus yang mempunyai organel mitokondria, dan virus tersebut juga tidak mempunyai ribosom untuk sintesis protein. Tetapi virus yang mengandung informasi genetik, yang bisa digunakan untuk sintesis protein bila berada di dalam tubuh inang, maka kapsid digunakan untuk sintesis enzim yang berfungsi dalam pengambil alihan proses metabolisme sel inang. Serta untuk mereplikasi diri dalam menggunakan asam nukletanya.

Biasanya kita sering menganggap bahwa gen tersusun atas DNA yang berantai ganda. Genom yang berasal dari virus mungkin tersusun atas DNA yang berantai ganda atau tunggal, dan RNA yang berantai ganda atau tunggal bergantung pada jenis virusnya. Virus disebut juga dengan DNA atau virus RNA yang dilihat dari asam nukleta penyusunnya.

Baca Juga :   17 Ciri Lumut : Pengertian Beserta Jenisnya Lengkap

Demikian penjelasan mengenai struktur virus secara lengkap. Semoga dapat memberi manfaat dan menambah wawasan anda.

Baca Juga :