Surat Pembaca : Pengertian, Tujuan, Pokok, Kerangka Dan Contohnya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Surat Pembaca : Pengertian, Tujuan, Pokok, Kerangka Dan Contohnya Lengkap

Surat Pembaca – Apakah anda pernah melihat sebuah surat pemberitahuan, yang isinya mengenai komplain masyarakat mengenai suatu hal di sebuah surat kabar? Isi dari surat tersebut biasanya si pembuat surat menginginkan sebuah solusi atau perbaikan, dari masalah yang disebutkan.

Pengertian Surat Pembaca

Surat pembaca adalah jenis surat yang ditulis oleh pembaca yang kemudian dimuat di dalam surat kabar atau koran dan tabloid, television, media internet yang berisi tanggapan, kritikan, saran, keluhan, ajakan, imbauan, ucapan teriamakasih, dan lain sebagainya.

Pada siapakah surat pembaca itu ditujukan? Biasanya surat pembaca akan ditujukan kepada siapapun. Misalnya pada suatu lembaga, pemerintah, perusahaan, kelompok, kantor, perorangan, atau organisasi. Salah satu penerapan dalam contoh penggunaan surat pembaca tersebut yang paling banyak digunakan adalah ketika masyarakat melaporkan keluhan mengenai jalanan yang berlubang, dan biasanya hal itu akan dimuat di dalam media koran.

Tujuan Menulis Surat Pembaca

  • Memberikan pemberitahuan.
  • Memberikan keluhan.
  • Memberikan tanggapan.
  • Memberikan saran.
  • Memberikan kritikan.

Yang intinya adalah sebuah perbaikan dari sebuah masalah.

Alasan Mengapa Membuat Surat Pembaca Dan Untuk Apa Surat Pembaca Tersebut Dibuat

  • Sebagai alat untuk melakukan perubahan dan menyelesaikan masalah.
  • Mendapatkan hadiah.
  • Membuat perasaan puas dan lega.
  • Melatih menulis yang baik.
  • Mengembangkan kreativitas menulis.
Baca Juga :   34 Contoh Gurindam Pendidikan Dalam Bahasa Indonesia Lengkap

Pokok Atau Kerangka Dari Surat Pembaca

Pokok dari surat pembaca yang dimaksud di sini adalah unsur atau kerangka yang ada di dalam surat pembaca tersebut. seperti misalnya :

  • (apa) Apa yang terjadi.
  • (di mana) Dimana itu terjadi.
  • (kapan) Waktu kejadian.
  • (bagaimana) Kronologis, bagaimana itu terjadi.
  • (bagaimana) Saran dan kritik pada sebuah instansi.
  • (pelengkap informasi) Identitas dan alamat penulis surat pembaca.

Contoh Surat Pembaca

Bandung – Pertama-tama kami ingin menyampaikan sebuah informasi mengenai permohonan maaf, atas ketidaknyamanan yang dialami oleh Ibu Dwina tentang “ Paket yang tidak sampai dengan tepat waktu.” Melalui surat pembaca di Media.com (1/7).

Sebagai bentuk itikad baik kami dan tanggung jawab dari pihak kami pada pelanggan, maka kami sudah merespon dengan menghubungi Ibu Dwina untuk menjernihkan masalahnya.

Kami juga ingin menginformasikan bahwa permasalahannya sudah selesai. Dan sudah berakhir dengan saling pengertian yang baik diantara kedua belah pihak. Paket kiriman yang terlambat tersebut kini sudah sampai di tanggal 18 Juli 2017 oleh Melati yaitu putri dari Ibu Dwina.

Demikianlah kami sampaikan terima kasih atas kepercayaannya dalam menggunakan jasa kiriman Yang Tercepat. Untuk saran dan kritik bisa menghubungi nomor berikut ini (021) 918-19182.

Radiansyah

Head Of Media Relations.

 

Itulah pembahasan mengenai surat pembaca, yang dilengkapi dengan pengertiannya, tujuan, alasan membuat surat pembaca, kerangka, dan contohnya. Semoga dapat menambah wawasan dan memberi manfaat.

Baca Juga :