Wireless : Pengertian (Kelebihan dan Kekurangannya) Serta Cara Kerjanya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

 Pengertian Dan Cara Kerja Wireless

Pengertian Wireless – Jika diartikan dari arti katanya, wireless artinya tanpa kabel. Yang dimana pengertiannya adalah suatu hubungan telekomunikasi yang menggunakan gelombang elektromagnetik, sebagai pengganti media kabel. Teknologi wireless saat ini sudah berkembang semakin pesat. Dapat dilihat dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan telepon selular. Bahkan kini berkembang juga teknologi wireless yang digunakan untuk jaringan internet.

Kelebihan Dan Kekurangan Wireless

Kelebihannya diantaranya yaitu :

  1. Pembangunan jaringan yang menjadi lebih cepat.
  2. Mudah untuk direlokasi.
  3. Biaya pemeliharaannya terbilang murah.
  4. Memiliki infrastruktur yang dimensinya kecil.
  5. Lebih mudah untuk dikembangkan.
  6. Memiliki sumber file yang dapat dipindahkan dengan mudah tanpa harus menggunakan media kabel.
  7. Mudah untuk diset-up dan terbilang handal, sehingga cocok untuk diguanakan di kantor atau di rumah.

Kekurangannya diantaranya yaitu :

  1. Rentannya keamanan atau kerahasiaan suatu data.
  2. Mengalami interfensi gelombang radio.
  3. Delay atau keterlambatan yang besar.
  4. Memiliki biaya peralatan yang cukup mahal.
  5. Merupakan produk dari produsen yang berbeda-beda yang terkadang tidak kompatibel atau tidak cocok.
  6. Kualitas sinyalnya dipengaruhi oleh keadaan udara atau cuaca, artinya kualitas dari koneksi ketika cuaca sedang bagus berbeda dengan koneksi saat cuaca sedang buruk. Jika misalnya digunakan di luar ruangan. Dan juga dipengaruhi oleh beberapa batas dinding dan juga gedung.
  7. Investasinya mahal, jika dibandingkan dengan media kabel.
  8. Kemungkinan penyadapan koneksinya lebih besar terjadi, jika dibanding dengan media kabel.

Prinsip Kerja Wireless

Cara kerja wireless dikarenakan oleh komputer yang memiliki built transreceiver seperti wakly-talky. Transreceiver yang disebut dengan adapter wireless. Adaptor wireless juga melakukan sejumlah pekerjaan tertentu. Yang pertama yaitu mendeteksi apakah ada jaringan wireless, di sekitar komputer melalui radio dan tuning untuk menghubungkan penerima dalam mendeteksi setiap sinyal yang masuk. Setelah sinyal terdeteksi, menghubungkannya adalah dengan sign dan otentikasi pengguna. Apapun jenis data yang dikirimkan dari komputer melalui laptop atau notebook akan diubah melalui adaptor wireless, dari bentuk digital (0s & 1s) menjadi sinyal radio (bentuk analog).

Baca Juga :   Osi Layer : Pengertian, Kegunaan Dan Cara Kerjanya Lengkap

Konvesi sinyal data digital yang berbentuk analog disebut dengan modulasi. Sinyal data digital ditumpangkan ke dalam gelombang radio analog. Prinsip kerja wireless yang berbeda dalam melakukan hal ini, sehinggan bagian data digital akan menjadi lebih banyak yang dapat dibawa oleh gelombang radio analog. Teknik yang digunakan untuk modulasi, akan menentukan kecepatan dari transfer data pada jaringan wireless. Kemudian sinyal radio yang akan disalurkan, biasanya memiliki frekuensi lebih dari 2,4 Ghz yang diterima oleh sebuah router wireless atau sebuah wireless adapter.

Sebuah router wireless adalah suatu jenis stasiun penerima dari jaringan wireless. Hal ini dikonversi dari sinyal data radio ke dalam bentuk sinyal digital, oleh sinyal demodulating. Kemudian mengirimkannya melalui kabel Ethernet ke jalur super informasi, yang disebut internet.

Cara kerja wireless berikutnya yaitu proses sebaliknya ketika menerima informasi pada komputer, melalui jaringan wireless. Kini router akan menerima data digital yang berasal dari internet, dan memodulasi ke dalam bentuk analog. Kemudian antena adapter wireless akan menerima sinyal analog, yang dimodulasi dan demodulates akan kembali ke dalam bentuk digital kemudian ditranfer ke dalam komputer.

Sebuah teknologi yang membuat hal ini terjadi adalah karena adanya jaringan wireless, link yang penting di dalam jaringan wireless ini adalah router dan adapter wireless atau wifi. Yang saat ini kebanyakan laptop atau komputer telah dilengkapi dengan hardware, dan software wireless atau wifi. Jaringan hotspot wireless yang ada di daerah sekitar router wireless, memiliki kekuatan sinyal yang tinggi. Cara kerja ini lebih cepat dalam melakukan transfer data.

Demikian pembahasan lengkap dari pengertian wireless, kelebihan dan kekurangannya serta cara kerjanya lengkap. Semoga dapat dipahami dan bermanfaat.

Baca Juga :   Jaringan Komputer : Pengertian, Sejarah Singkat, Manfaat Dan Jenisnya Lengkap

Baca Juga :